Bagi yang baru menggeluti bisnis dan mulai memanfaatkan digital untuk meningkatkan keuntungan pasti akan bertanya-tanya. Apa itu monitoring? Apa saja manfaatnya dan kenapa sangat penting untuk bisnis di era digital ini? Media monitoring ini memang sangat penting untuk menganalisa pasar. Jadi, Anda dapat menentukan target pasar sesuai dengan bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap mengenai monitoring media dan berbagai hal lainnya. 

Definisi Media Monitoring

Media monitoring Indonesia adalah proses membaca, mendengarkan, serta melihat berbagai konten pada media sosial. Setelah itu, hasilnya dianalisis dan diidentifikasi untuk bisa menentukan branding usaha yang sedang dijalankan. 

Selain media monitoring, terdapat social media listening yaitu cara untuk mendapatkan poin penting dari apa yang dibicarakan publik tentang brand. Social Media Listening Tools sangat penting untuk membuat teknik dan strategi pemasaran yang lebih baik.

Tujuan Media Monitoring

Lalu, apa tujuan dari social media monitoring Indonesia? Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi dan mengantisipasi dari media, konten, maupun respon negatif. Semakin dini dilakukannya pencegahan terhadap konten-konten negatif, maka citra brand akan menjadi lebih baik.

Manfaat Media Monitoring

Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelaku bisnis yang melakukan monitoring pada sosial media. Manfaat-manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut. 

  1. Dengan pemantauan media, Anda dapat mengetahui bagaimana selera masyarakat. Sebab, dengan melakukan media monitoring ini bisa diketahui respon masyarakat terhadap suatu produk baik secara negatif maupun positif.
  2. Agar dapat memasuki pasar maka Anda pun harus bersaing dengan kompetitor. Oleh karena itu, harus bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan kompetitor. Dengan media monitoring ini bisa diketahui dengan lebih cepat bagaimana keadaan kompetitor yang memiliki layanan atau produk serupa.
  3. Social media analytic tools dapat memberikan analisis mengenai layanan dan produk yang dibutuhkan konsumen. Jadi, Anda dapat membuat perencanaan bisnis yang lebih matang dengan mengetahui selera pasar.

Cara Kerja Media Monitoring

Terdapat dua tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan monitoring media sosial ini. Pertama yaitu memantau dan kedua yaitu menganalisa. Sedangkan bentuk dari pemantauan media ini terdapat tiga yaitu media clipping, tracking, dan content analysis. 

Untuk saat ini media clipping sudah jarang digunakan mengingat berbagai konten dapat ditemukan dengan mudah secara online. Untuk media tracking dilakukan analisis secara menyeluruh bagaimana pendapat masyarakat mengenai isu terhangat.

Sementara untuk media content analysis adalah untuk menganalisa dalam bentuk kata. Pada metode ini dilakukan pengelompokkan kata kunci hasil analisa sebelumnya. Pencarian kata kunci tentu harus disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan. 

Misalnya, jika Anda berjualan hijab makan bisa mencari kata kunci berdasarkan kata hijab. Setelah itu, dianalisis secara mendalam apa saja konten yang berkaitan dengan kata kunci tersebut dan opini publik.

Kelebihan Media Monitoring

Di era digital ini tentu saja pemantauan media sosial akan sangat dibutuhkan. Sebab, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar secara real time. Oleh karena itu, strategi pemasaran pun bisa direncanakan dengan lebih matang. 

Dengan perencanaan yang lebih matang berdasarkan kondisi calon konsumen tentu akan lebih efektif. Sebab, sesuai dengan kondisi masyarakat dan kebutuhannya sehingga dapat menguasai pasar dengan lebih mudah. Untuk bisa melakukan media monitoring secara profesional, Anda bisa menggunakan jasa NoLimit. Apa itu monitoring dan manfaatnya? NoLimit akan menjawab semua pertanyaan Anda sekaligus membantu untuk memantau media demi kepentingan bisnis yang dijalankan.