Media monitoring banyak digunakan oleh perusahaan digital untuk mengelola dan mempertahankan mereknya di media online. Lalu apa sebenarnya arti media monitoring dan bagaimana cara kerjanya sehingga efektif bagi kelangsungan sebuah perusahaan? Simak lebih lanjut dan temukan kelebihan-kelebihan lain dari media monitoring bagi organisasi, perusahaan maupun perorangan.

Pengertian Media Monitoring

Media monitoring adalah kegiatan pengumpulan data dari berbagai saluran media untuk dianalisis dan diidentifikasi. Proses ini meliputi membaca, menonton, mencatat sampai mendengarkan sebuah konten editorial yang merupakan sumber media.

Proses pemantauan akan menghasilkan sebuah informasi tentang reputasi bisnis di mata media cetak dan online. Dilakukan secara terus-menerus untuk melacak publikasi iklan sekaligus media sosial.

Layanan pemantauan ini membantu perusahaan mengelola reputasi serta membandingkannya dengan industri lain. Khususnya bagi perusahaan atau organisasi yang menargetkan promosinya kepada khalayak media.

Sebagai contoh, seorang selebriti memanfaatkan social media monitoring Indonesia sebagai alat untuk mengetahui reputasinya di media. Bagaimana penggemar berpendapat serta memandang popularitasnya.

Contoh lain, sebuah industri akan mengetahui tren yang muncul dan memanfaatkannya ke dalam produk. Berkembang mengikuti keinginan pasar dan tumbuh bersama kesetiaan pelanggan.

Singkatnya, media monitoring dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dalam membuat dan menentukan sebuah kebijakan yang tepat.

Kelebihan Media Monitoring

Seperti dijelaskan bahwa sosial media monitoring dibutuhkan untuk mendeteksi sekaligus mengantisipasi tentang apa yang diberitakan media. Apa saja kelebihan lain dari media monitoring bagi organisasi atau bisnis?

  • Membantu mengetahui produk dan layanan yang banyak dipesan di media sosial.
  • Melacak pesaing dengan produk yang sama seperti industri Anda.
  • Menemukan informasi yang relevan.
  • Mengetahui tren yang sedang digandrungi oleh masyarakat luas.
  • Membantu Anda memetakan promosi yang lebih baik dari sekarang.
  • Memahami influencer yang sangat berdampak terhadap produk Anda.
  • Membantu perusahaan mengelola reputasi produk yang telah dipasarkan.
  • Perusahaan akan lebih memahami kekuatan dan kelemahan yang dimiliki.
  • Mengidentifikasi peluang bisnis yang baru.
  • Memudahkan proses adaptasi dengan budaya dan kearifan lokal setempat.

Kelebihan tersebut sangat membantu bisnis digital untuk berkembang dan tentunya telah melalui proses kerja monitoring yang tepat.

Cara Kerja Media Monitoring

Proses kerja media monitoring dimulai dari mendengarkan tentang produk, pesaing serta topik lain yang berhubungan. Bisa melalui pencarian dari kata kunci untuk selanjutnya dipantau dan disimpan menjadi sebuah data yang akurat.

Data inilah yang akan dimanfaatkan sebagai panduan dalam menentukan langkah yang tepat bagi sebuah bisnis digital.

Para pegiat komunikasi biasanya melakukan pemantauan atau pengawasan melalui social media listenings tools. Sebuah alat yang membantu strategi media sosial dengan cara menilai dan mengidentifikasi topik yang berkembang di media sosial.

Tools ini akan menghitung popularitas sebuah produk di percakapan social media sehingga tahu reaksi apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Sejauh ini, media sosial sangat berpengaruh bagi perusahaan maupun individu. Bagaimana tidak, hampir seluruh bisnis telah merubah infrastruktur dan operasional ke dalam basis digital.

Terlebih lagi, social media sangat bermanfaat untuk mengetahui seluruh aktivitas pemasaran. Untuk itu Anda membutuhkan pemantauan media secara mendalam dengan bantuan NoLimit.Setelah mengetahui arti media monitoring, yakinlah jika NoLimit akan membantu Anda melakukan media monitoring dengan hasil analisis yang lebih maksimal. Termasuk memberikan Anda informasi terkait pangsa media dari waktu ke waktu. Mari tumbuhkan bisnis Anda dengan pesat bersama NoLimit.