Media sosial masih menguasai konten internet. Tak heran jika saat ini juga banyak berdiri perusahaan berbasis teknologi informasi, salah satunya NoLimit. Saat ini, terdapat beberapa pengguna social media di Indonesia yang diklasifikasikan berdasarkan kelompok umur.

Kelompok Pengguna Sosmed di Indonesia

Tren penggunaan sosial media di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan kelompok umur. Berikut 5 kelompok pengguna sosmed di Indonesia.

  • Kelompok Umur 13-15 Tahun

Facebook berada di ranking teratas sebagai platform sosmed yang paling banyak dipilih kelompok usia 13 – 15 tahun. Dua platform sosmed lainnya, seperti BeeTalk dan Line juga banyak digunakan kelompok usia ini. Aplikasi BeeTalk dipilih karena pengguna mudah menemukan teman baru. Sedangkan LINE menawarkan berbagai game menarik.

Setiap platform social media di Indonesia memiliki ragam bahasa, mulai yang formal hingga bahasa gaul. Untuk memahami berbagai gaya bahasa di medsos, Anda bisa memanfaatkan teknologi Natural Language Processing. dari NoLimit, sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada monitoring dan analisis media online menggunakan big data technology.

  • Kelompok Umur 16-18 Tahun

Twitter dan LINE menguasai kelompok usia 16-18 tahun. LINE masih mengandalkan aplikasi game sebagai daya tarik utamanya. Sedangkan Twitter banyak dipilih segmen usia ini karena dapat memberikan informasi terbaru dari sang idola.

Beberapa platform sosial media seperti BeeTalk, WhatsApp, atau Vine juga masih memiliki tempat di kelompok usia ini, khususnya para remaja pria. Sedangkan remaja putri cenderung memilih aplikasi Snapchat karena lebih menjamin privasi mereka.

Sebagai pengguna muda sosial media, Anda tentu sangat berkepentingan untuk mengamankan data-data penting. Anda tidak perlu khawatir kehilangan data yang sudah tertimbun oleh waktu karena bisa memanfaatkan teknologi Big Data dari NoLimit. Dengan teknologi itu, Anda bisa menarik semua data di sosial media.

  • Kelompok Umur 19-21 Tahun

LINE dan Twitter jadi pilihan pengguna media sosial di Indonesia untuk usia 19-21 tahun. Di segmen ini, kaum wanita lebih memilih platform Facebook dan Kakaotalk ketimbang pria. Dua media sosial lainnya yang juga dipilih kelompok usia ini adalah Instagram (mayoritas pengguna pria) dan Path (mayoritas pengguna wanita).

Kelompok usia ini sudah menggunakan platform medsos untuk mendukung bisnis mereka. Instagram, misalnya, banyak digunakan untuk meng-upload foto-foto produk. Jika ingin mengetahui respons dan percakapan netizen terhadap produk Anda, bisa menggunakan layanan NoLimit, sekaligus bisa memantau kelebihan dan kekurangan kompetitor di medsos.

  • Kelompok Umur 22-25 Tahun

Usia yang semakin dewasa juga mempengaruhi pilihan pengguna social media di Indonesia. Demikian pula mereka cenderung memilih lebih dari satu platform media sosial. Tujuan penggunaannya pun sudah mulai bergeser, sudah digunakan untuk kepentingan bisnis.

Media sosial yang menjadi pilihan para pebisnis adalah Linkedln. Di media sosial ini juga banyak berkumpul para profesional. Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi NoLimit Care untuk mengintegrasikan beragam saluran Customer Service menjadi hanya satu halaman saja. NoLimit Care juga memiliki fitur-fitur pendukung yang memudahkan Anda meningkatkan pelayanan konsumen.

  • Kelompok Umur 25-44 Tahun

Untuk kelompok usia ini, mereka umumnya hanya menggunakan satu atau dua medsos saja, misalnya Facebook atau Whatsapp. Kedua medsos itu dipilih karena mudah digunakan. Beberapa juga menyukai YouTube untuk hiburan.

Pengguna platform Instagram di Indonesia juga masih cukup banyak di usia ini, terutama untuk tujuan bisnis. Misalnya, untuk promosi produk dengan sasaran pengguna medsos di Instagram.

Anda bisa memanfaatkan layanan Online Loyalty. Sebuah aplikasi berbasis web dari NoLimit yang memungkinkan Anda meningkatkan keterlibatan konsumen. Layanan yang ditawarkan tidak hanya menguntungkan produk Anda namun juga bermanfaat untuk pengguna medsos.  Itulah beberapa pengguna social media di Indonesia berdasarkan kelompok umur. Jika Anda memanfaatkan medsos untuk mendukung keberhasilan bisnis, Anda perlu bergabung dengan NoLimit. Dengan menggunakan layanan dari NoLimit, bisnis Anda akan terus berkembang.