Selama ini Anda mungkin lebih akrab dengan sosmed luar negeri yang memenuhi memori ponsel. Mulai dari facebook, whatsapp, instagram, youtube, twitter, telegram hingga TikTok, semua mungkin ada di ponsel Anda. 

Namun, tahukah Anda jika anak Indonesia pun memiliki karya social media Indonesia yang juga pantas Anda gunakan?

Beberapa mungkin kurang familiar di telinga. Namun, Anda perlu tahu beberapa platform medsos berikut yang sedang dikembangkan oleh orang Indonesia, apa saja?

1.Kwikku

Belum lama ini dunia novel Indonesia digemparkan dengan lomba penulisan novel berhadiah hingga Rp500 juta. Platform Kwikku menjadi penyelenggaranya sekaligus membuat nama media sosial yang satu ini melejit. 

Medsos buatan Indonesia ini menawarkan beberapa fitur yakni fitur discover, konten lokal khusus, dan fitur jomblo. Konten tulisan dan gambar dapat dibagikan di sosmed ini.

2. OORTH

Medsos yang satu ini memiliki konsep yang berbeda. Dirancang khusus untuk aktivitas sosial seperti zakat, infaq, donasi, shodaqoh, penggalangan dana sosial dan sebagainya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Skynosoft Portal Prime yang juga menyuguhkan konten-konten kearifan lokal Indonesia.

3. Yogrt

Aplikasi berbasis lokasi ini dikembangkan oleh orang Indonesia. Mengusung tiga fitur utama yakni mencari teman yang ada di sekitar pengguna, bermain game seru di platform ini serta bermain aneka kuis yang ditawarkan. Selain itu, pengguna juga bisa membagikan konten tulisan, gambar atau video.

4. Sebangsa

Aplikasi sosmed Indonesia yang satu ini cukup unik karena berbasis komunitas. Berbagai platform komunitas ada di media sosial ini memudahkan aksi nyata dari komunitas-komunitas yang tergabung di sosmed ini. Fitur-fitur yang ditawarkan pun identik menggunakan nama-nama yang identik dengan budaya Indonesia.

Setiap warganet yang menggunakan sosmed ini bisa bebas memilih komunitas sesuai dengan yang mereka minati.

5. Callind

Callind merupakan singkatan dari Calling Indonesia yang merupakan aplikasi medsos yang dibuat oleh perempuan Indonesia asal Kebumen, Jawa Tengah. Aplikasi sosmed ini memungkinkan Anda berbagi foto dan video, suara, chat baik pribadi dan kelompok.

6. BuzzBuddies

Media sosial yang satu ini dikembangkan berbasis lokasi. Selain itu, medsos ini memiliki keunikan dengan cara memberikan tantangan kepada pengguna yang akan bergabung. 

Uniknya lagi, Anda bisa membagikan gambar, melakukan posting dan sebagainya setiap hari. Anda juga akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik. Keren bukan?

7. LiteBIG

Keunggulan aplikasi ini  bisa menghimpun chat hingga 10.000 anggota secara gratis. Fitur lain yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini adalah fitur berita, melakukan donasi serta membayar tagihan. 

Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2013 dan dikembangkan oleh PT. Sandika Cahaya Mandiri.

Pantau Aplikasi Social Media Anda dengan NoLimit

Anda mungkin pelaku usaha, pegiat komunitas atau perusahaan yang membutuhkan banyak social media baik sosmed Indonesia maupun buatan luar negeri untuk perangkat digital marketing? Anda butuh NoLimit, aplikasi yang akan membantu Anda melakukan analisa, merekam data hingga melacak data-data di media sosial yang Anda miliki.

Perangkat ini akan membantu proses digital marketing menggunakan social media menjadi lebih terukur, efektif dan jelas analisanya. 

Termasuk membantu Anda untuk memantau kompetitor bisnis di media sosial yang akan mempermudah Anda melakukan evaluasi dan merancang strategi internal perusahaan.

Tahukah Anda jika perusahaan-perusahaan besar di Indonesia Airasia, JNE, KPK, Elevenia, Bank BJB, Bank Danamon dan sebagainya merupakan mitra yang sudah memanfaatkan aplikasi ini. Kebutuhan digital marketing yang semakin kompetitif memaksa Anda untuk semakin cerdas melakukan evaluasi.Pantau aneka media sosial yang Anda miliki dengan aplikasi NoLimit, termasuk aplikasi social media Indonesia.