Bagi perusahaan, instansi atau komunitas, keberadaan media monitoring belum begitu banyak dipahami manfaatnya, padahal ini adalah cara untuk melakukan analisa berbasis teknologi big data yang ada.

Tingginya pengguna internet di Indonesia menjadi peluang bagi pengembangan digital marketing melalui pengembangan berbagai platform seperti sosial media maupun aplikasi lainnya. 

Di Indonesia ada beberapa perusahaan yang bergerak di layanan media monitoring yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan pebisnis swasta maupun pemerintah. Apa saja media monitoring yang ada di Indonesia tersebut?

1.Rockad

Rockad merupakan media monitoring situs berita dan artikel populer yang ada di Indonesia. Tools media monitoring ini mampu menghimpun hingga 2000 situs berita secara online serta 400 media cetak dan 19 saluran televisi.

Tools ini memantau berdasarkan kata kunci yang dipilih langsung oleh klien. Notifikasi biasanya akan diberikan melalui layanan email serta pesan singkat. Hal-hal yang sifatnya negatif akan segera diinformasikan oleh sistem kepada klien agar dapat segera diambil tindakan yang tepat.

2. DigiCampaign

Media monitoring yang satu ini fokus pada media cetak, televisi dan situs berita online. Sistem pemantauan yang dilakukan dikumpulkan dalam satu halaman dashboard sehingga lebih mudah untuk melakukan analisa. Data yang ditampilkan oleh aplikasi ini lebih bersifat real dan akurat sehingga pihak klien bisa lebih cepat mengambil tindakan.

3. IMMC News

Seperti namanya, tools ini fokus untuk memonitor isu dan tokoh yang terkait pemberitaan aktual dalam kurun waktu tertentu. Walaupun bisa dipakai untuk memantau televisi dan media cetak, media ini sebenarnya lebih fokus pada pemberitaan media online. 

Tools ini menawarkan fitur riset  etnografi yang didasarkan pada internet. Rekaman data yang dihasilkan berbentuk pdf yang dikirimkan langsung ke klien.

4. NoLimit

NoLimit adalah media monitoring sosial media yang ada di Indonesia. Fokus memantau sosial media yang banyak digunakan oleh pihak swasta maupun pemerintah untuk meningkatkan branding. Fungsi yang tentu saja dibutuhkan banyak orang. NoLimit sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan fokus digital marketing sosial media.

Fungsi yang lebih spesifik dan masih jarang dikembangkan perusahaan lain ini membuat NoLimit menjadi salah satu media monitoring terbaik di Indonesia saat ini. Sangat direkomendasikan untuk pemilik perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan dan ingin melakukan analisa branding perusahaan.

NoLimit bekerja sangat efisien yakni merekam data, memantau, menganalisa hingga mengevaluasi data sosial media secara lebih akurat dan riil time.

Selain itu, tools ini juga memiliki kemampuan menganalisa kompetitor sehingga sangat membantu bagi perusahaan yang ingin menjalankan strategi marketing. Cara kerja tools ini pun sangat efisien, mampu mengumpulkan pengelolaan sosial media ke dalam satu halaman saja. Pemantauan dan analisa yang lebih mudah bisa dilakukan dengan fitur ini.

Selain mengelola dalam satu halaman yang lebih simpel, menganalisa kompetitor, tools ini juga menawarkan fitur yang membantu meningkatkan optimasi promosi dan publikasi brand atau produk yang dimiliki berdasarkan hasil rekaman evaluasi yang dilakukan fitur yang lain. Analisa yang mendalam dilakukan oleh fitur NoLimit Loyalty.

Bukti bahwa media monitoring yang satu ini menjadi salah satu media monitoring terbaik di Indonesia adalah banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkanya. Perusahaan seperti Air Asia, Elevania, JNE, Bank BJB, Bank Danamon dan sebagainya memilih menggunakan media monitoring yang satu ini untuk social media marketing yang dijalankan.