Saat ini, hampir tidak ada perusahaan besar yang tidak melakukan social media monitoring sebagai bagian dari strategi marketing mereka.Dengan peran media sosial yang semakin besar dalam mempengaruhi opini dan persepsi publik, Anda akan membutuhkan strategi ini.

Di artikel ini Anda akan memahami apa pengertian monitoring pada sosial media, apa saja manfaatnya untuk Anda, dan bagaimana Anda menggunakan strategi ini.

Memahami Social Media Monitoring

Monitoring media sosial adalah sebuah proses atau kegiatan untuk memantau apa yang sedang dibicarakan di media sosial dan bagaimana ia dibicarakan.

Bahasa sederhananya yaitu memantau gosip di media sosial dan media online. 

Namun, perlu Anda pahami bahwa ada perbedaan antara monitoring media sosial dan social media listening.

Monitoring media sosial berarti Anda mengetahui apa dan bagaimana suatu hal dibicarakan, sehingga Anda dapat merespon di saat yang sama. 

Sedangkan arti social media listening termasuk menganalisa ada apa di balik (insight) suatu kata kunci, mengapa ia dibicarakan, dan bagaimana prospek ke depannya.

Manfaat Social Media Monitoring

Melakukan monitoring terhadap media sosial merupakan langkah yang tepat untuk mengelola pelanggan atau followers Anda.

Saat ini, media sosial sangat berpengaruh dalam pembentukan opini publik, sehingga sangat penting untuk branding Anda.

Namun, tahukah Anda alasan-alasan kenapa netizen media sosial membicarakan Anda atau brand Anda di sosial media?

Berikut data yang dihimpun oleh tim Sprout mengenai 5 alasan para pengguna melakukan engagement pada media sosial sebuah brand.

AlasanPersentase
Merasakan pengalaman yang positif dengan brand tersebut59%
Memiliki pertanyaan tentang produk atau jasa brand tersebut47%
Memiliki pengalaman buruk memakai brand tersebut40%
Memberikan ide atau usul untuk brand itu31
Butuh pertolongan dengan produk atau jasa brand itu29

Semua alasan tersebut merupakan kesempatan bagi Anda untuk memberikan yang lebih baik untuk meningkatkan loyalitas pengguna atau follower Anda.

Jika Anda bisa mendapatkan data dari pelanggan Anda, ini akan sangat bermanfaat baik untuk divisi riset maupun CRM (customer relationship management).

Selain itu, melakukan monitoring terdahap sosial media akan membantu Anda untuk merespons secara cepat terhadap interaksi dari followers Anda.

Ini akan secara langsung mempengaruhi tingkat kepuasan mereka. Anda dapat menggunakannya untuk mendorong mereka menjadi marketing partner yang sangat powerfull.

Cara Melakukan Monitoring Media Sosial

Untuk menggunakan strategi monitoring pada media sosial bagi campaign Anda, caranya sangat mudah. Tapi terlebih dahulu, Anda harus memiliki alatnya yang dinamakan social media monitoring tools.

Bentuknya, berupa perangkat lunak atau aplikasi yang dapat memonitor percakapan-percakapan di media sosial maupun media online lainnya.

Salah satu aplikasi monitoring media sosial terbaik Indonesia adalah perangkat lunak dari NoLimit.id.

NoLimit merupakan penyedia layanan yang banyak digunakan pakar media monitoring sosial untuk memantau campaign dan marketing mereka.

Layanan dari NoLimit sangat lengkap, mencakup 3 aspek sekaligus.

Dengan NoLimit Dashboard, Anda dapat melakukan monitoring media sosial dengan cepat dan akurat. Anda bahkan bisa mendapatkan laporan lengkap, sistematis, dan rutin untuk itu.

Dengan NoLimit Care, Anda dapat menindaklanjuti (follow up) hasil monitoring Anda secara langsung atau real-time. Yang mana akan melipatgandakan kepuasan dari pelanggan dan follower Anda.

Terakhir, dengan Online Loyalty, Anda dapat merencanakan campaign yang lebih efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda ke tingkat yang tak tergoyahkan.

Luar biasa bukan manfaat social media monitoring tools ini untuk Anda?Saran terakhir, sebaiknya Anda segera menggunakan media monitoring sosial tools, karena bisa jadi kompetitor Anda telah menggunakan alat ini sejak lama. Yang mana bisa jadi merupakan penyebab brand Anda tertinggal dari mereka di media sosial.