Jika Anda ingin memahami sesuatu, maka sudah seharusnya bertanya pada yang ahli. Maka memahami media monitoring menurut para ahli merupakan hal wajib untuk Anda yang mulai mempelajari soal ini. Lalu apa kata para ahli tentang media monitoring? Artikel ini akan menyajikan mengenai pengertian media monitoring menurut ahli yang dirangkum dari berbagai sumber.

Media Monitoring Menurut Wikipedia

Wikipedia merupakan sebuah kamus online berbasis web yang disusun oleh publik dan untuk publik. Karena itu dapat menjadi salah satu rujukan yang perlu dipertimbangkan.

Wikipedia merumuskan media monitoring secara sederhana, yaitu kegiatan memantau hasil dari media cetak, elektronik berbasis penyiaran, dan online berbasis web.

Kegiatan ini dapat dilakukan untuk berbagai keperluan, mulai dari kepentingan ilmu pengetahuan, pemasaran, hingga politik, dan yang lainnya.

Media Monitoring Menurut William J Comcowich

William J. Comcowich, yang sering dipanggil Bill, adalah seorang pakar dalam media monitoring maupun social media monitoring.

Beliau merupakan founder sekaligus CEO dari CyberAlert Inc, sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang media monitoring, baik yang berbasis berita maupun sosial media.

Pemikirannya menjadi rujukan banyak pakar hubungan masyarakat dalam hal yang terkait dengan monitoring media.

Menurut Bill, media monitoring adalah rangkaian proses membaca, mengamati, atau mendengarkan konten dari sumber media secara berkelanjutan. 

Kemudian proses itu dilanjutkan dengan mengidentifikasi, mengkategorikan, menyimpan, dan menganalisis konten yang terdiri dari topik atau kata kunci tertentu.

Sumber media yang dimaksud tidak hanya terbatas pada media cetak, tapi juga termasuk media massa berbasis elektronik (radio & televisi), media berita online, hingga percakapan media sosial.

Media Monitoring Menurut Agility PR

Agility PR Solutions merupakan sebuah perusahaan global di bidang hubungan masyarakat yang berkantor di US, UK, dan Canada.

Mereka merumuskan media monitoring dengan bahasa yang sederhana dan kasual serta tidak terlalu teknis.

Menurut Agility PR Solutions, media monitoring adalah mendengarkan siapa mengatakan apa tentang brand Anda, kompetitor, serta industri dimana Anda bekerja.

Mereka juga menekankan tentang pentingnya mengawasi dan memantau tidak hanya media cetak saja, tapi juga media online, broadcast, dan media sosial.

Pembagian Media Monitoring

Dari ketiga sumber tersebut, media monitoring dapat dibedakan berdasarkan obyek maupun kegiatannya.

Berdasarkan obyek, media monitoring dibedakan menjadi 2:

  1. conventional media monitoring
  2. non-conventional media monitoring

Conventional media monitoring menjadikan media massa, baik cetak, elektronik, maupun online sebagai sumber data untuk dianalisis.

Sedangkan non-conventional media monitoring menjadikan percakapan dalam media sosial populer sebagai bahan mentah untuk dianalisis.

Pembagian ini memunculkan istilah baru seperti news monitoring dan social media monitoring.

Berdasarkan kegiatannya, media monitoring dibedakan menjadi 3:

  1. Media clipping
  2. Media tracking
  3. Content Analysis

Media clipping merupakan kegiatan mengumpulkan, mengarsipkan, dan mendokumentasikan sumber data dari media.

Media tracking merupakan kegiatan untuk melacak persepsi dan opini publik atau sebuah isu, topik, atau kata kunci tertentu.

Content Analysis merupakan kegiatan mengolah dan menafsirkan data menjadi sebuah informasi tentang sentimen, demografi, dan lain-lain.

Kesimpulan Definisi Media Monitoring

Dari penjelasan-penjelasan mengenai media monitoring di atas, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

Media monitoring merupakan proses lengkap sejak mengumpulkan data, menganalisis, dan menyajikannya dalam sebuah laporan tentang sebuah isu, topik, atau kata kunci tertentu.

Sumber yang digunakan dalam media monitoring mencakup cetak, online, elektronik, hingga media sosial.

Cara Melakukan Media Monitoring dengan Mudah

Karena kompleks dan pentingnya media monitoring ini, maka dibutuhkan tools untuk melakukannya. Aplikasi monitoring media harus memberikan output yang lengkap dan relevan, seperti yang disajikan oleh NoLimit.id

Tools NoLimit Dashboard memberikan Anda semua yang Anda butuhkan untuk memantau media online maupun sosial, Anda dapat:

  1. Memantau konten yang viral, kualitas engagement dan kecepatan viralnya untuk membantu merencanakan strategi content marketing selanjutnya.
  2. Memantau pelanggan, follower, atau netizen yang membicarakan dan berinteraksi dengan merek Anda, lengkap dengan analisis sentimennya.
  3. Memantau posisi Anda dan kompetitor Anda di dunia maya sehingga Anda dapat menyusun strategi untuk menjadi juara di niche Anda.

Dan lain-lain dengan total lebih dari 13 fitur dengan keuntungan yang luar biasa untuk Anda.Sudah paham pengertian media monitoring menurut para ahli dan cara menerapkan media monitoring untuk bisnis Anda? Segera hubungi kami sekarang juga, karena tanpa Anda tahu, mungkin kompetitor Anda telah menjadi pelanggan NoLimit yang setia.