Arti sosial media adalah tempat yang memungkinkan orang untuk melakukan aktivitas sosialnya dengan tidak ada batasan sama sekali. Maksudnya adalah batasan dari wilayah satu daerah atau bahkan negara.

Aktivitas tersebut dilakukan di dunia maya, dan secara online. Artinya sangat mungkin orang berkenalan dengan orang lain secara online. Mereka bisa berteman walau mungkin tidak pernah bertemu secara tatap muka.

Tapi masih banyak orang yang belum paham, ternyata media sosial bisa dijadikan bisnis untuk meraih pundi-pundi uang. Jadi tidak hanya sekedar tempat berkenalan, jika dimanfaatkan lebih lanjut bisa menjadi penghasil uang. 

Ada berbagai produk dari media sosial, anda bisa memanfaatkan semuanya untuk membuka bisnis sukses.

Berikut akan kami jelaskan beberapa dari jenis-jenis media sosial itu.

Facebook

Media sosial Facebook merupakan salah satu media yang mungkin cukup banyak penggunanya. Hampir semua anak remaja dan dewasa di seluruh dunia menggunakan Facebook. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup banyak, sekarang malah ada marketplace tempat para penjual produk menawarkan produknya ke konsumen.

Tentu dengan lebih dari 1 milyar pengguna, para penjual yang menawarkan produk di Facebook akan kebanjiran pembeli. Syaratnya adalah produk yang dijual adalah asli, tidak pernah melakukan penipuan terhadap pembeli.

Website atau blog

Sejak masa perkembangan internet mungkin anda telah mengetahui jika ada web, fungsinya adalah untuk menyebarkan informasi agar dibaca oleh orang lain.

Tapi pada masa sekarang, website tidak hanya berisi tulisan-tulisan, ada juga video atau foto. Website juga memiliki berbagai varian, seperti ada website berita, website personal, website produk dan lain-lainnya.

Sebagai pelaku bisnis anda bisa memakai website agar produk yang anda tawarkan memiliki nilai kualitas yang cukup baik. Pemasaran web juga cukup murah, sehingga memiliki web tidak mengakibatkan rugi bagi para pelaku bisnis.

YouTube

Mungkin orang tidak pernah berfikir bagaimana Youtube bisa menjadi media periklanan dan meraup untuk banyak. Caranya sebenarnya cukup mudah sekali, jika anda mempunyai channel di youtube.

Cara yang paling mudah adalah dengan membuat video review tentang produk yang akan anda jual. Terus link video anda bikin status, bisa lewat Whatsapp, Facebook, IG, atau blok yang anda buat.

Whatsapp

Ini juga salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh orang, hampir semua orang yang memiliki smartphone sudah pasti memiliki whatsapp. Tapi WA jangan hanya difungsikan sebagai alat komunikasi.

Ada beberapa fitur yang mendukung orang melakukan iklan di akun Whatsappnya, tentu tanpa biaya dan jangkauan cukup luas.Terlebih dengan adanya sistem akun bisnis Whatsapp, akun yang memungkinkan pesan anda terbalas secara otomatis.

Instagram

Anak-anak mudah tentu tahu apa itu instagram, mereka bisa menampilkan foto dan video di halaman akun IGnya.

Jadi selain foto-foto pribadi maka anda harus menjadikan IG sebagai media untuk menghasilkan uang secara mudah dan cepat. Banyak perusahaan yang telah menggunakan IG sebagai tempat menjual dan iklan.

Mempunyai media sosial memang tidak merugikan bagi pemiliknya, jika mereka paham apa itu arti sosial media tentu akan melakukan bisnis karena menguntungkan.

Tapi memiliki bisnis yang memiliki semua akun media di atas paling tidak membutuhkan Social Media Listening Tools yang andal untuk mengontrol media sosial dengan efisien dan terukur. Jika tidak mampu melakukannya sendiri secara manual, maka berkunjunglah di NoLimit.id.

NoLimit memungkinkan anda untuk memantau bisnis online dengan mudah, mengontrol notifikasi dari sentimen pembeli dengan gampang. Terutama jika dibutuhkan analisa kompetitor sehingga bisa menentukan startegi pemasaran yang tepat untuk melawannya dan terus berkompetisi secara sehat.

Setelah memahami arti media sosial dan pentingnya untuk pelaku bisnis, jangan ragu-ragu lagi untuk memanfaatkan jasa NoLimit!