Dewasa ini pertumbuhan social media marketing Indonesia semakin pesat dan meluas. Perkembangan ini tentu memberikan manfaat positif bagi bisnis Anda, seperti menjangkau pelanggan baru, meningkatkan popularitas brand, dan media untuk menjalin hubungan dengan pelanggan.

Secara umum, social media marketing adalah kegiatan memposting produk dalam wujud teks, gambar, video, atau konten lainnya dengan tujuan untuk pemasaran dan pencitraan brand terkait.

Digital marketing ini bisa memanfaatkan beberapa sosial media dalam waktu bersamaan. Anda dapat memanfaatkan popularitas Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lainnya. Untuk mengoptimalisasi fungsi social media marketing, berikut 7 tips yang bisa Anda terapkan:

Riset Segmentasi Pelanggan

Riset segmentasi pelanggan diperlukan untuk mengetahui jenis sosial media yang cocok untuk sarana promosi. Misalkan jika segmentasi pelanggan Anda adalah anak muda milenial, maka gunakan Instagram. Namun jika segmentasi pelanggan Anda adalah orang dewasa dan profesional maka gunakan Facebook dan Linkedin.

Fokus pada Tujuan yang Jelas

Tujuan social media marketing ada bermacam-macam, seperti meningkatkan trafik website, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, atau meningkatkan brand awareness. Dengan mengetahui tujuan yang jelas, Anda akan lebih mudah dalam mengelolanya.

Analisa Kompetitor

Seperti metode pemasaran pada umumnya, analisa pesaing juga diperlukan dalam sosial media marketing. Anda bisa mulai dengan menganalisa sosial media kompetitor, perhatikan bagaimana konten disajikan, penggunaan keyword, hingga riset hashtag.

Optimalisasi Konten yang Relevan

Setelah memiliki gambaran dari kebutuhan pelanggan, tujuan yang jelas, serta cara kerja pesaing tentu Anda sudah memiliki konsep yang matang. Buatlah konten yang relevan dan menarik sehingga pelanggan suka berinteraksi di sosial media Anda.

Kunci optimalisasi konten adalah topik yang sesuai tujuan promosi, komunikatif, dan posting berkala tapi tidak berlebihan. Dan yang terpenting adalah konten Anda bisa menjawab kebutuhan pelanggan sesuai segmentasinya.

Perhatikan Waktu Posting

Waktu posting yang tepat bisa meningkatkan jangkauan pelanggan, seperti pukul 13:00 – 16:00 untuk Facebook, pukul 17:00 – 18:00 untuk Instagram, dan lainnya. Posting berkala 3 hingga 4 kali dalam seminggu agar pelanggan tidak meragukan bisnis Anda.

Manfaatkan Fungsi Ads

Beberapa sosial media memiliki layanan ads yang bisa Anda manfaatkan untuk memperluas jangkauan. Saat ini sudah ada Facebook Ads, Instagram Ads, LinkedIn Ads, dan lainnya. Gunakan Ads sesuai kebutuhan dan alokasi dana promosi Anda.

Evaluasi dan Analisa Strategi

Evaluasi dan analisa kesuksesan adalah kunci sosial media marketing yang berkelanjutan. Dengan melakukan ini Anda bisa mengetahui hal apa yang perlu ditingkatkan, dipertahankan, atau dihindari.

Salah satu yang umum digunakan adalah menganalisa engagement paling tinggi untuk melihat respon pelanggan. Selain itu Anda juga membuat ruang interaksi dengan pelanggan, misalkan dengan membuat kolom tanya jawab.Untuk membantu Anda menentukan social media marketing strategy, Anda bisa memanfaatkan layanan dari NoLimit. NoLimit memiliki kemampuan untuk menganalisis sosial media dengan berlandaskan teknologi Big Data terkini sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Memanfaatkan social media marketing Indonesia adalah langkah bijak dalam berbisnis di era serba digital ini. Untuk hasil yang optimal, pastikan Anda menggunakan layanan NoLimit dan manfaatkan segala kemudahannya.