Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika penggunaan media sosial bisa meningkatkan brand awareness dengan sangat signifikan. Atas dasar inilah keberadaan social media listening tools sangat dibutuhkan oleh berbagai kalangan, khususnya pelaku bisnis digital.

Secara umum, social listening adalah media untuk melakukan identifikasi, memberikan penilaian, dan melihat percakapan di berbagai kanal sosial media. Hal ini biasanya untuk meneliti popularitas brand, produk, tren, hingga kompetitor dalam satuan waktu tertentu.

Siapa Penggunanya?

Dengan perbedoman dari data social listening artinya Anda bisa lebih mudah untuk menentukan langkah strategis dalam dalam berbisnis. Berikut beberapa pihak yang sangat disarankan untuk menggunakan sosial media listening tools dalam kehidupannya:

  • Perusahaan di bidang marketing, seperti penyedia layanan iklan
  • Lembaga pemerintahan
  • Perusahan yang bergerak di bidang customer focused

Apa Manfaatnya?

Keberadaan social media listening tools Indonesia mendatangkan banyak manfaat, berikut beberapa diantaranya:

Memantau Strategi Kompetitor

Dengan memahami social media listening Anda bisa memantau perkembangan kompetitor dalam menjalankan bisnisnya. Anda dapat mempelajari strategi marketing yang diterapkan oleh pesaing, melihat respon dan persepsi pelanggan terhadap brand pesaing, dan kegiatan lainnya.

Informasi yang Anda dapatkan dari brand pesaing bisa Anda manfaatkan untuk mengembangan strategi marketing. Anda bisa bisa melihat sejauh mana perkembangan media sosial Anda jika dibandingkan dengan brand serupa dengan segmentasi konsumen yang sama.

Mengetahui Persepsi konsumen

Dalam berbisnis tentu Anda harus mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap brand produk yang Anda tawarkan. Anda harus tahu apakah konsumen puas, apakah harga produk sesuai segmentasi pasar, dan apakah produk Anda bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman.

Semua hal di atas termasuk juga keluhan konsumen dapat Anda pelajari secara langsung dari social media listening. Hal ini sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis Anda, baik dalam hal marketing maupun produksi.

Mengetahui Kebutuhan Konsumen

Jika Anda berencana membuat jebolan dari produk Anda, hal pertama yang harus Anda penuhi adalah kebutuhan konsumen. Dalam hal ini social media listening hadir sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan kebutuhan konsumen.

Dengan demikian Anda akan memiliki panduan yang lebih jelas untuk melangkah dan mengembangkan brand Anda.

Memberikan Pelayanan yang Maksimal

Dalam menjalankan bisnis tentu tidak ada hal yang sempurna, tetapi Anda bisa meminimalisir hal ini melalui social media listening. Dengan memanfaatkan tools ini, Anda bisa lebih mudah melihat komentar negatif konsumen untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Respon positif ini juga menjadi bukti kepedulian Anda terhadap kepuasan konsumen.

Social Listening Tools

Mengingat peran social media listening dalam dunia bisnis sangatlah besar, maka hadirlah beberapa top social media listening tools di Indonesia. Salah satu best social media listening tools yang terpercaya adalah NoLimit, yaitu melalui produk andalannya yang bernama NoLimit Dashboard.

NoLimit Dashboard merupakan aplikasi dengan basis web yang berperan dalam menganalisis data social media. Layanan ini bisa membantu Anda dalam beberapa hal, seperti:

  • Mengontrol reputasi brand melalui analisis percakapan konsumen terhadap produk Anda
  • Mengetahui pesaing Anda melalui Social Media Analytics Tool sebagai acuan
  • Laporan analisis secara rutin yang disajikan dalam metric pilihan yang komunikatif sesuai kebutuhan Anda.

Keberadaan social media listening berperan penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas brand Anda. Dengan teknologi Big Data, NoLimit Dashboard dapat memantau akun, tagar hingga kata kunci yang dipergunakan di social media.

Jadi, tak ada salahnya Anda memanfaatkan NoLimit sebagai social media listening tools yang terpercaya, bukan?

Social Media Monitoring - NoLimit Dashboard