Perkembangan social media marketing yang sangat pesat membuat banyak orang memanfaatkannya menjadi tempat untuk berjualan. Penjualan akan bisa maksimal jika Anda menerapkan social media marketing yang tepat. Untuk lebih lengkapnya mengapa perlu pemasaran di sosial media, simak informasi berikut ini.

Meningkatkan Brand Awareness

Sama halnya seperti marketing konvensional, tanpa adanya social media marketing, brand atau produk Anda tidak akan diketahui oleh masyarakat. Berbeda jika Anda kemudian mencoba memasarkan produk yang Anda miliki di media sosial. Produk akan lebih mungkin diketahui masyarakat luas khususnya pengguna media sosial.

Jika semakin banyak orang yang tahu, maka akan menumbuhkan suatu kepercayaan. Terlebih lagi Anda membuat promosi seperti video yang meyakinkan mengenai produk Anda dan mengunggahnya di media sosial.Di sisi lain, dengan adanya social media marketing ini memungkinkan pengguna media sosial lebih mengingat produk Anda. Dengan begitu, peluang produk terjual juga akan lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Memperluas Jangkauan Pasar

Marketing dengan menggunakan sosial media dapat membantu memperluas jangkauan pasar. Ini karena media sosial memungkinkan Anda atau calon konsumen menjangkau Anda dengan lebih mudah.

Jika jangkauan pasar semakin luas, maka akan membuat banyak orang mengetahui produk Anda. Alhasil, peluang produk terjual dan bisnis berkembang juga akan semakin lebih baik.

Mendapatkan Feedback

Melakukan pemasaran di sosial media tidak selalu bertujuan agar konsumen langsung membeli produk yang Anda miliki. Namun, pemasaran di sosial media ini juga bisa berguna untuk mendapatkan masukan atau feedback khususnya dari konsumen.

Adanya feedback sosial media marketing yang Anda dapatkan tentu akan membantu untuk meningkatkan strategi penjualan. Bahkan, dari feedback tersebut, Anda bisa tahu kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki sehingga bisa diperbaiki. Dengan begitu, perusahaan atau brand yang Anda miliki bisa berkembang dengan lebih baik.

Membangun Data Base

Salah satu tujuan pemasaran di media sosial adalah untuk mendapatkan database. Database ini bisa digunakan untuk mendapatkan customer baru, memberitahu tentang kabar terbaru produk Anda atau repeat order.

Semakin banyak database yang Anda dapatkan, maka akan semakin banyak pula peluang penjualan yang Anda dapatkan. Namun, pastikan bahwa database tersebut diberikan secara sukarela ya agar konsumen Anda tidak merasa dicurangi atau dimanfaatkan.

Mempelajari Kompetitor

Agar bisnis Anda bisa bertahan seiring dengan banyaknya kompetitor, maka Anda perlu mempelajari kompetitor Anda. Mulai dari keunggulan dan kelemahan yang dimiliki hingga strategi sosial media marketing apa yang sedang dilakukan.

Cara ini bertujuan untuk mengantisipasi ataupun mengambil celah dari competitor Anda sehingga pemasaran Anda bisa maksimal. Bahkan, dari competitor Anda juga bisa belajar mengenai cara pemasaran di media sosial yang baik dan tepat.

Untuk mempelajari competitor, maka Anda perlu melakukan analisa yang mendalam. Karena itu, Anda perlu tool sosial media marketing seperti NoLimit. Dengan NoLimit, Anda bisa mengetahui apa keunggulan dan kelemahan kompetitor Anda.

Apakah hanya itu? Tentu tidak, karena NoLimit dilengkapi dengan fitur lengkap untuk membantu Anda menganalisa dan mengontrol bisnis lewat sosial media. Fitur yang bisa Anda manfaatkan, diantaranya:

  • Mengontrol reputasi Anda dan menganalisa percakapan antara netizen khususnya target pasar Anda terhadap brand. Baik pembicaraan secara negatif, netral ataupun secara positif yang tentunya bisa Anda manfaatkan untuk penyusunan strategi marketing.
  • Memberikan laporan analisa secara rutin ke berbagai format yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Memantau dan menganalisis objek seperti akun, tagar, kata kunci yang sedang happening di media sosial dan media online.
  • Template yang fleksibel sehingga bisa Anda sesuaikan untuk kebutuhan Anda.
  • Visualisasi metric untuk setiap analisa dari NoLimit sehingga mempermudah Anda untuk menganalisa secara mendalam.
  • Comparison untuk membandingkan performa antara bisnis Anda dan competitor.

Dengan keunggulan yang ada di NoLimit tersebut, tentunya social media marketing akan lebih mudah diaplikasikan dengan tepat. Jadi, jangan tunggu nanti-nanti. Siapkan strategi dan terapkan marketing di media sosial agar penjualan Anda menjadi lebih maksimal.