Wabah Covid-19 yang menyebar secara cepat di Indonesia mangharuskan masyarakat untuk tidak berpergian atau tetap tinggal di rumah masing-masing atau sering kita sebut “Quarantine” (karantina). Aktivitas di rumah tentu saja akan menjenuhkan karena ruang pergerakan kita hanya sebatas dalam rumah, maka dari itu tidak sedikit masyarakat yang menghabiskan waktunya dengan mencoba memasak aneka makanan, produktif dalam work from home, hingga maraton menonton berbagai drama korea (Drakor). Dari mulai drama korea yang sedang tayang saat ini atau mengulang drama korea terpopuler dari tahun ke tahun. Ini terbukti dengan jumlah perbincangan di media sosial sebanyak 63.863 dari keyword ‘drakor’ dan ‘drama korea’ yang ditarik melalui media NoLimit Dashboard selama satu minggu terakhir (24 – 31 Mei).

Drama Romantis Korea Pembunuh Rasa Bosan Kala Pandemi

Sama halnya dengan film, drakor mempunyai berbagai genre  yang disukai oleh netizen dari mulai drama romantis, fantasi, thriller, crime, historical hingga horror. Alasan netizen menyukai drakor pun beragam, salah satunya yaitu, drakor mempunyai episode yang lebih singkat yakni 16 episode yang tayang 2 kali seminggu dibandingkan dengan drama Indonesia, sinetron yang memiliki beribu-ribu episode. Pengurangan episode pada sinetron Indonesia dapat dilakukan agar tidak selalu tayang setiap hari, sehingga penonton pun akan merasa menunggu-nunggu dan antusias setiap kali menontonnya.

Analisis Perbincangan Drakor di Media Sosial Kala Pandemi Covid-19

Genre drama romantic ternyata lebih banyak diperbincangkan di media sosial. Drama romantic ala Korea tidak jarang menyuguhkan scene couple romantis yang membuat iri para penontonnya. Selain itu, terkadang drama romantic ini dibumbui dengan sedikit komedi sehingga alur ceritanya pun lebih segar dan tidak bosan. Cerita seperti ini mungkin bisa diadaptasi oleh para rumah produksi sinetron atau FTV di Indonesia untuk bisa merilis drama romantic-comedy agar penonton tidak jenuh atau membuat produksi dengan genre lain dan tidak menutup kemungkinan bisa dinikmati tidak hanya di Indonesia namun bisa sampai ke luar negeri. 

Pemilihan Aktor Merupakan Alasan Besarnya Pasar Drakor di Indonesia

Analisis Perbincangan Drakor di Media Sosial Kala Pandemi Covid-19

Kesuksesan drakor hingga mencapai jutaan penonton tidak luput dari para pemeran yang jago beradu akting, yaitu aktor dan aktris. Mayoritas penonton drakor di Indonesia adalah wanita. Hal ini terbukti dengan perbincangan nama-nama aktor di media sosial lebih banyak dibandingkan nama aktris. Salah satu yang paling banyak di-mention adalah aktor Lee Min Ho. Lee Min Ho sendiri bukan pertama kalinya bermain dalam drama Korea. Dia sudah banyak sekali membintangi berbagai judul drakor hingga yang saat ini sedang tayang yaitu The King: Eternal Monarch

TV Channel di Korea yang menayangkan drakor pun banyak diperbincangkan di media sosial. Kali ini, drakor yang ditayangkan pada SBS lebih banyak dibicarakan. SBS ini merupakan salah satu televisi swasta dengan jaringan nasional terbesar di Korea Selatan. Lalu, bagaimana netizen Indonesia mengakses serial drakor? Pada perbincangan media sosial, netizen paling banyak mengakses drakor melalui Netflix, Viu, website khusus drakor, dan Telegram Channel.

Trans TV Bukti Berhasilnya Memanfaatkan Besarnya Fenomena Drakor di Indonesia

Berdasarkan data media sosial yang diperoleh, drakor The World of The Married Couple menjadi drakor yang paling banyak diperbincangkan. Drakor yang menceritakan kehidupan berkeluarga dan pelakor tersebut sukses menguras emosi para penontonnya dari mulai episode pertama hingga mendapat rating drama korea tertinggi sepanjang masa pada episode ke enam belas penayangannya. Hal yang sama terjadi saat penayangan kembali drakor ini di channel televisi Indonesia, Trans TV sukses meraih rating yang tinggi pada episode pertama. Penyambutan luar biasa dari penonton Indonesia pada drakor The World of The Married Couple, diharapkan dunia pertelevisian lain bisa menayangkan kembali drakor-drakor pilihan di Indonesia.

Analisis Perbincangan Drakor di Media Sosial Kala Pandemi Covid-19

Drama Korea ini tenyata menjadi aktivitas baru tentunya untuk menghilangkan kejenuhan dari berbagai aktivitas #dirumahaja. Banyak berbagai pilihan judul drakor yang bisa kamu pilih dari yang komedi romantis hingga yang menguras air mata setiap kali menonton episodenya. Jadi, drama apa saja yang sudah kalian tonton saat karantina ini? Yuk share di kolom komentar.

Dwi Endang Afrianti
Social Media Analyst at

Happy-go-lucky girl who will look the work matters with joy and a big smile. In my day activity, you will see me do some analysis in social media also eat a lot of snack.