Saat ini, popularitas diri tidak hanya dapat diwujudkan dengan masuk tv. Namun, dengan berkembangnya internet dan media sosial, menjadi terkenal dapat lebih mudah dilakukan. Seperti dengan Instagram, Facebook atau platform video seperti TikTok atau Youtube. Platform – Platform tersebut diminati karena gratis, sehingga dapat digunakan semua orang. Namun, untuk dikenal di media atau platform tersebut, tak semudah itu yang dibayangkan. Untuk memaksimalkan penggunaannya, dapat menggunakan media monitoring.

Media monitoring sendiri, adalah tools untuk membaca, melihat, dan mendengarkan konten media secara online. Setelahnya, diidentifikasi dan dianalisa. Khususnya, pada konten yang mengandung kata kunci atau topik yang dibutuhkan. Dengan penggunaan media monitoring, kamu dapat dengan tepat membuat strategi dalam meningkatkan popularitas di media sosial. Apa yang dapat dilakukan media monitoring untuk mendukung tujuan tersebut? Kami akan jelaskan!

Melihat reputasi kamu

Popularitas diri biasanya identik dengan seseorang yang ingin atau sudah menjadi influencer, sehingga reputasi sangat penting diperhatikan. Kamu tidak akan berpikir sendiri, karena orang lain pasti ada yang berpikir sama denganmu. Media monitoring melakukan segala hal dengan spesifik, dengan data yang diincar. Kata kunci, tagar, tag dan mention adalah caranya. Dari hasil monitoring ini kamu mendapatkan hasil, bagaimana namamu disebut. Sehingga kamu dapat membandingkan diri dengan orang lain, apalagi jika kalian membranding diri dengan topi atau tema yang sama.

Membuat brand melirik

Media sosial yang kamu manfaatkan dengan baik dan menarik, dapat membuat brand-brand tertarik pula untuk memanfaatkan kamu. Pernah dengar kata “endorse” ? Ya! kamu dapat di endorse oleh mereka. Dimana kamu mempromosikan produk atau jasa perusahaan di media sosial kamu. Biasanya, brand yang menawarkan adalah brand yang relevan dengan konten yang kamu buat di media sosial. Katakanlah kamu memproduksi konten berbau teknologi. Maka, perusahaan teknologi jugalah yang memiliki kemungkinan tinggi melirik kamu.

Jika kamu mengincar untuk bekerjasama dengan beberapa brand, dengan media monitoring, kamu dapat dengan mudah mendapatkan data seputar brand tersebut. Ketika kamu mengerti brand tersebut, dan disesuaikan dengan konten yang kamu buat. Semua itu, akan membuat brand incaran kamu semakin tertarik! Endorse akan membuat kamu dapat memiliki penghasilan karenanya.

Membuat kamu memiliki fans

Media monitoring dapat menemukan kamu dengan fans kamu! Kamu dapat melakukan strategi, seperti mengajak pengikut media sosial kamu untuk berinteraksi dengan kamu. Contohnya melalui hashtag yang kamu buat sendiri, setelahnya, kamu dapat memonitor hashtag tersebut. Semakin banyak yang menyinggung hashtag kamu, berarti kamu memiliki fans! ditambah dengan pujian yang dapat muncul.

Menarik untuk diajak kolaborasi

Media monitoring juga dapat memonitor popularitas tokoh atau orang lainnya. Kamu dapat memanfaatkannya sama seperti brand, hanya saja untuk kolaborasi membuat dan mengisi konten sosial media bersama-sama. Itu penting, untuk menaikkan pamor kamu sebagai influencer.

Bagaimana? Coba Media Monitoring!

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.