Banyak cara dalam upaya menerapkan citra perusahaan yang baik di mata konsumen juga masyarakat, salah satunya adalah dengan memaksimalkan customer service. Customer service sendiri, harus menjadi prioritas utama perusahaan. Karena seperti apa yang kita ketahui, ketika Anda ingin komplain sesuatu atas keluhan Anda, Customer Service adalah tempatnya.

Untuk citra perusahaan sendiri, biasanya bagian humas yang berperan dominan. Namun, customer service juga memiliki dampak yang berpegaruh, terlebih jika pelanggan kecewa dengan layanan customer service. Apalagi jika tidak ada tempat untuk menceritakan keluh-kesahnya.

Kali ini, kami akan sebutkan dan jelaskan, bagaiamana citra perusahaan dapat dipengaruhi oleh customer service?

(1) Kepuasan

Dengan adanya customer service yang dimaksimalkan, customer akan merasa puas dengan hasil aduan atau komplain mereka. Kepuasan dapat dipengaruhi oleh faktor dari para customer service, di berbagai media. Seperti via telfon, bagaimana cs mendengar dengan seksama apa yang customer ceritakan. Atau lewat media sosial, yang cepat tanggap dalam merepson customer. Kepuasaan dapat melahirkan sebuah loyalitas, customer akan loyal dengan brand Anda. Itu baik bagi keberlangsungan perusahaan Anda, karena ia akan merespon baik untuk apa yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan kepuasan ini juga, di era digital, mereka dapat membagikan pengalaman mereka kepada orang lain. Sehingga, jika pengalaman yang buruk didapat, itu dapat membuat perusahaan Anda leah di titik itu.

(2) Kepercayaan

Ketika kepuasan sudah didapat, Anda tetap konsisten untuk melakukan layanan yang tanggap dan solusi yang terbaik. Karena pelanggan Anda tidak hanya satu orang, dan tiap orang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Jika Anda konsisten, maka akan muncul pula sebuah kepercayaan. Kepercayaan mahal harganya, dan biasa didapat pada kesan pertama. Dalam hal ini, jika ia adalah pelanggan baru yang menggunakan produk atau jasa Anda. Namun bukan berarti Anda membeda-bedakan pelanggan. Pastikan kepercayaan yang didapat karena hal yang sama, jadi tiap pelanggan saling bercerita membahas brand Anda dikatakan dengan baik. Orang lain akhirnya, akan juga mencoba produk atau jasa yang Anda jual.

(3) Komitmen

Tidak hanya konsistensi dalam customer service, namun juga berkomitmen. Komitmen ada, jika tujuan utama perusahaan jelas. Contohnya, tujuan untuk menjadikan perusahaan sebagai perusahaan dengan customer service terbaik, dibanding lawan. Maka, untuk menjadikan tujuan perusahaan terjadi, harus ada komitmen. Komitmen seperti selalu belajar dari kesalahan, atau selalu ada 24 jam untuk customer.

Itulah, 3 poin bagaimana customer service mempengaruhi citra perusahaan, secara langsung maupun tidak langsung. Jika komplain atau keluhan yang muncul tak dapat dibendung, khususnya di media sosial. Anda dapat mengefektifkan waktu Anda untuk tidak mengecek satu-satu media sosial, dengan Customer Service Tools. Dimana Anda dapat berkomunikasi dengan customer hanya dalam satu halaman, dari berbagai media sosial. Seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.