Social Media Analytics Tools adalah sebuah tools digital marketing yang dapat membantu pekerjaan Anda, khususnya dalam memonitor media sosial brand. Di era seperti ini, penggunaan media sosial membantu dalam perjalanan brand Anda. Media sosial yang Anda kembangkan juga berpotensi menjadi sumber informasi awal, ketika orang tertarik untuk mengetahui brand dan apa yang Anda jual. Karenanya media sosial Anda harus dimaksimalkan, lewat konten atau strategi lainnya yang menarik.

Jika media sosial dimaksimalkan dengan baik, itu akan berpengaruh terhadap brand awarness brand Anda. Brand Awarness adalah gambaran, bagaimana brand Anda dikenal oleh orang. Kali ini, kami akan beritahu, apa yang dapat dilakukan Social Media Analytics Tools untuk meningkatkan eksistensi brand Anda!

(1) Memonitor Promosi & Kampanye Anda

Promosi sebuah produk tidak akan pernah berhenti berjalan, karena itu adalah tujuan brand Anda diciptakan. Dengan promosi, target pasar Anda akan tertarik untuk mencoba produk Anda. Atau setidaknya, mengetahui jika brand Anda memang ada. Itu juga berlaku untuk kampanye yang Anda buat. Kreatifitas menjadi kunci utama dalam menggaet audience, dengan kreatifitas, maka brand Anda akan diingat.

Cara kerja dari Social Media Analytics Tools sendiri, adalah dengan memonitor data di media sosial. Dengan hashtag atau keyword yang Anda buat, lalu hashtag tersebut akan dimonitor. Bagaimana engagement yang terjadi, juga efektifitas dari apa yang Anda promosikan juga kampanyekan.

(2) Ketahui Pergerakan Kompetitor

Postingan di media sosial kompetitor, dapat menjadi motivasi untuk Anda lebih baik lagi. Dapat dengan melihat konten yang dibuat kompetitor, juga respon dari pengguna media sosial tentang postingan tersebut. Namun bukan berarti Anda mengikutinya secara persis, Anda tetap harus memiliki ciri khas.

Dengan Social Media Analytics Tools, Anda dapat memantau kekurangan dan kelebihan kompetitor. Mulai dari seberapa banyak komplain yang meyinggung kompetitor, sampai pujian.

(3) Laporan Analisis Untuk Strategi

Di Social Media Analytics Tools, tidak hanya data mentah atau kasar yang Anda dapatkan. Tetapi juga dalam bentuk metric, sebuah analisis yang lebih terperinci secara rutin dengan berbagai format, sesuai dengan di sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Data yang Anda dapatkan tentang kompetitor, promosi juga kampanye, menjadi aset bagi Anda. Anda harus memanfaatkannya dengan maksimal, divisi marketing khususnya, dapat membuat strategi yang lebih tepat sasaran.

Coba Gratis “Social Media Analytics Tools”

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.