Media sosial sejatinya digunakan untuk menghubungkan banyak orang, khususnya yang jauh menjadi dekat. Adanya media sosial, diawali dengan berkembangnya jaringan internet dan smartphone. Dapat dikatakan media sosial adalah media dalam berkomunikasi.

Segala sesuatu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, tak terkecuali dengan media sosial. Kekurangan lebih kepada jika kecanduan dalam pemakainnya. Jika kita menyadarinya, terkadang media sosial membuat kita menjauhkan yang dekat. Fenomena suatu kelompok berkumpul, bisa saja malah asik sendiri-sendiri dengan gadgetnya.

Media Sosial Saat Ini

Namun kembali lagi ke individunya. Karena pada nyatanya kita dapat melihat beberapa sebutan yang terdengar di era ini. Seperi “Content Creator”, “Youtuber”, “Selebgram” atau “Influencer”. Apa yang orang lihat dengan beberapa jenis pekerjaan baru ini, dinilai seru, asik dan dapat menghasilkan uang yang banyak. Karena kebanyakan dari mereka, medalami hobinya dan mendapatkan penghasilan karenanya.

Contoh Youtuber yang menghasilkan uang dari Youtube

Kali ini, kami akan beri tips untuk ciptakan media sosial kamu menjadi lahan penghasilanmu!

(1) Pilih Platform yang Tepat

Beragamnya media sosial, memutuskan kamu harus memilih media sosial mana yang tepat untuk menarik perhatian banyak orang. Namun, dapat pula kamu pakai semua, dan melihat hasil dari semua yang kamu coba itu. Jika salah satu lebih mendapatkan respon audience lebih banyak, maka kamu fokuskan untuk satu media sosial tersebut. Walau tak juga kamu tinggalkan media sosial atau platform lain. “Youtubers” sendiri menghasilkan uang dari platform, untuk iklan yang tayang di video, namun Instagram tak memiliki layanan ini. Sehingga Instagram dipenuhi oleh “Selebgram”, dengan cara kerjanya adalah mereka dibayar untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Namun bukan Instagram yang membayar, postingan atau konten tersebut biasanya dikatakan “Endorse”.

Karakteristik setiap media sosial berbeda-beda, semakin jelas siapa dan apa tujuan kamu, akan memudahkan kamu dalam membuat strategi.

(2) Pilih Konten yang Pas

Konten dapat berbentuk beragam, berupa tulisan, gambar atau video. Ketika kamu sudah menentukan tujuan juga platform yang tepat, yang tidak kalah penting adalah apa yang mau kamu bahas dalam kontenmu. Apa akan membahas game? atau apa? Pastikan tidak hanya mengikuti tren, namun kamu juga tertarik dalam membuatnya. Agar kamu tidak cepat bosan, juga menjalaninya dengan enjoy. Ketika apa yang kamu lakukan tidak membuahkan hasil, itu tidak akan membuat pikiranmu terbebani.

(3) Konsisten

Ketika dua poin diatas sudah dapat membuat kamu mengerti, yang kamu butuhkan selanjutnya adalah konsistensi. Konsisten dalam mengupload kontenmu di media sosial. Kamu dapat menjadwalkannya, misalnya dalam dua video di Youtube dalam seminggu. Efek baik dari konsistensi ini adalah, pengikutmu tahu kebiasaan kamu. Sehingga, itu akan menjadwalkan mereka juga untuk mengecek media sosialmu. Seakan mereka menunggu sebuah film yang di gadang-gadang ramai tayang. Mereka disini juga berlaku bagi brand, sehingga kemungkinan besar kamu dibayar untuk mengiklankan produk, lebih tinggi.

Baca Juga: Manfaat Membangun Personal Branding Di Media Sosial

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.