Siapa yang tidak mengenal singkatan dari BUMN? Ya, BUMN adalah Badan usaha milik negara. Dimana BUMN ini terdiri dari banyak industri, katakan saja Bank Mandiri, Pegadain, dan lain sebagainya. Mulai dari yang sering terdengar, sampai yang asing.

Berkembangnya media sosial, dimanfaatkan banyak orang. Tak terkecuali, BUMN. Penggunaan media sosial tersebut dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi, juga BUMN dapat menjangkau audience yang lebih luas. Namun, performa setiap BUMN di media sosial dapat dipastikan berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti menariknya konten yang dibuat atau intensitas postingan yang diupload.

Kali ini kami akan sampaikan simpulan data pada Januari 2020 yang berkaitan dengan performa dari media sosial BUMN yang ada.

Performa yang baik akan dibuktikan dengan engagement yang tinggi. Termasuk banyaknya komentar pada postingan, itu menunjukkan bagaimana postingan berguna dan menarik bagi yang melihatnya. Berikut ini untuk Most Commented Post di Instagram, Facebook, Youtube juga Twitter.

Medsos BUMN
Medsos BUMN

Untuk Instagram sendiri, akun PT Kereta Api Indonesia menjadi most commented post. Dimana, ada 1.577 komentar muncul dalam postingan mengenai rekrutmen lulusan SLTA atau setara yang dapat bekerja untuk di PT KAI. Ini menunjukkan jika informasi yang disampaikan dan apa yang dibutuhkan PT KAI efektif dan sampai ke audience, khususnya pengikut Instagramnya. Selanjutnya di Facebook, dengan akun Bank BRI. 760 komentar muncul, dengan postingan mengenai produk BRI, yaitu KUR. Yang mana adalah pinjaman BRI yang memberikan solusi pembiayaan usaha kecil dan menengah UMKM. Ini berarti, antusias dari para pelakunya memperlihatkan bergunanya KUR dari BRI ini. Untuk Youtube sebagai platform video online sendiri, dengan akun PT INKA Persero Official (12,5 Ribu Pengikut). Komentar dalam video tersebut mencapai 499, namun terus bertambah dan saat ini sudah lebih dari 900 komentar, dengan views lebih dari 95 ribu.

Lalu yang terakhir ada Twitter, yang diwakili oleh postingan Bank Mandiri, dengan 392 komentar.

Selain top Most Commented Post kesimpulan lainnya adalah:

(1) Post di Youtube mendapatkan engagement besar dibandingkan platform lain, meskipun total engagement terbesar diraih oleh Instagram. Sementara itu, pertumbuhan audience di Instagram, Facebook, dan Twitter berada di kisaran 20% sedangkan Youtube masih tertinggal di 2%.

(2) Percakapan terkait BUMN umumnya bersifat cenderung negatif, baik di sosial media maupun online news. Percakapan negatif tersebut antara lain berupa skandal korupsi di Jiwasraya dan ASABRI, mati listrik di berbagai daerah, serta kendala dalam bertransaksi di bank.

(3) Dari 10 besar BUMN dengan percakapan terbanyak, Bank Mandiri menjadi BUMN dengan citra paling positif meskipun popularitasnya kalah jauh dari Jiwasraya. Sementara itu, kedua BUMN dengan skandal korupsi, yakni Jiwasraya dan ASABRI memiliki citra paling negatif dari 10 besar tersebut. Dengan citra negatif tersebut, persepsi yang didapatkan pun bersifat negatif, antara lain sebagai sarang korupsi dan rampok, merugikan, bobrok, juga memalukan.

Itulah data dan kesimpulan yang kami himpun dari laporan NoLimit Insight, ketahui lebih banyak tentang laporan dari berbagai macam industri lainnya disini.

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.