Instagram saat ini bukan hanya dijadikan ajang eksistensi secara pribadi, namun pula dapat digunakan sebagai wadah bisnis dalam promosikan produk atau jasa perusahaan. lnstagram dapat menjangkau target pasar dengan lebih luas. Terbukti dengan menjamurnya bisnis online, yang manfaatkan internet dalam penggunaannya. Strategi demi strategi marketing diciptakan untuk dapat bersaing.

Dalam perjalanannya, inovasi Instagram terus terlihat. Instagram menjadi bagian dari sebuah bisnis lain. Instagram menawarkan tempat untuk sebuah bisnis beriklan. Instagram akan rekomendasikan dan tanyakan untuk apa tujuan kamu menggunakan Instagram Ads. Mulai dari tujuan branding merek, program promosi dan lain sebagainya. Disini kami akan perkenalkan seperti apa Instagram Ads itu!

Apa Itu Instagram Ads

Jika pernah kamu melihat Instagram temanmu, sebelumnya tak ada tulisan profesi atau semacamnya di bio mereka. Namun saat ini sebaliknya. Itu membuat kamu bertanya apa sebenarnya itu. Itu adalah profil Instagram yang sudah dirubah ke profil bisnis. Profil Instagram bisnis, terlihat lebih proffesional. Dimana biasanya ditunjukkan untuk memperlihatkan ke publik jika mereka bergelut dibidang tersebut. Akun mereka juga dapat dipastikan tidak di privasi. Biasanya, penggunaan Instagram untuk bisnis secara personal adalah ia seoarang tokoh publik dalam masyarakat. Atau memiliki karya yang dibagikan secara publik, untuk menjangkau lebih banyak audience. Namun untuk hanya penguat dan syarat untuk dapat menggunakan Instagram Ads.

Instagram Ads muncul di postingan biasa atau feed, dapat juga di Insta Story. Tergantung kamu menyasar pengguna yang bagaimana dan budget yang dapat dikeluarkan dengan tepat.

Alasan Menggunakan Instagram Ads?

Alasan penggunaan Instagram Ads, seperti apa yang telah disinggung diawal adalah untuk menjangkau banyak orang dan tepat sesuai target yang dituju. Sehingga dapat menunjuang bisnis dan tujuan kamu.

Tips Beriklan di Instagram Ads

  1. Perbanyak Konten Visual Bentuk Gambar atau Video

Tak dapat dipungkiri, berkembangnya konten video seperti apa yang ditawarkan oleh banyaknya media sosial menjadi suatu jenis yang menarik. Video dapat dengan cepat menjelaskan suatu hal, sehingga lebih dapat dimengerti semua orang. Terlebih karenanya, kreativitas para pembuatnya untuk menampilkan maksud yang tepat. Tak jarang kita melihat iklan bukan seperti iklan, namun menarik untuk disimak. Seperti sebuah cuplikan konsep video web series, yang sebanarnya menampilkan produk yang dijual. Namun, dengan cara jalan cerita video yang menarik untuk disimak. Dan buat video juga dengan cara yang natural sehingga tidak menimbulkan kata berlebihan. Setelahnya kamu dapat memilih untuk beriklan di InstaStory atau di feed Instagram. Atau malah keduanya, yang dapat memberikan hasil lebih optimal.

Contoh Web Series yang Dibuat Oleh Eiger

Biaya Penggunaan Instagram Ads

Biaya beriklan di Instagram Ads tergolong murah tidak sampai 50 ribu untuk beriklan di Instagram Ads selama satu hari. Semakin besar biaya yang dikeluarkan, semakin besar pula kemungkinan apa yang kamu tuju akan tercapai. Metode pembayaran pun beragam, mulai dari Kartu Kredit, Debit sampai transfer bank.

Kesimpulan

Instagram menjadi salah satu media sosial dengan pengguna paling banyak. Menurut data riset Cuponation, hingga April 2019 jumlah pengguna media sosial Instagram di Indonesia urutan ke 4. Mencapai 56 juta setelah Rusia, Turki, Jepang. Tak heran mereka mengerti kebutuhan pasar dari personal sampai bisnis.

Rasanya iklan di Instagram seperti sebuah keharusan di era digitalisasi saat ini, dimana jangkauan harga yang lebih murah itulah sebagai daya tariknya. Setelahnya jangan lupa untuk membaca hasil dari apa yang sudah kamu iklankan dalam bentuk data di Instagram Insight. Bagaimana? Bagikan pengalaman kamu saat beriklan di Instagram di komentar ya!

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.