Hadirnya media sosial saat ini, tidak hanya sebagai media komunikasi. Namun jauh lebih dari itu, detail. Bagaimana dapat menemukan teman, berbagi cerita ke semua pengguna, sampai berjualan. Tidak terkecuali, Instagram. Yang popularitasnya tetap ada, karena inovasi fitur yang terus diperbaharui. Sehingga, pengguna tidak bosan menggunakannya. Salah satu fiturnya adalah Insight, yang memiliki tujuan sebagai alat analystics Instagram. Yang dapat lebih maksimal lagi jika adanya penggunaan Media Monitoring.

Dalam penggunaan untuk bisnis sendiri, Marketing Instagram menjadi hal yang sangat diperhatikan saat ini. Namun tak semua pembisnis memaksimalkan ini, sehingga mereka seakan menerka-nerka saja dalam penggunaannya.

Padahal, baiknya penggunaan Instagram lewat fitur Insight dapat digunakan, sebagaimana maksud dari tujuannya yaitu sebagai Tool analytics Instagram. Yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi dalam menentukan strategi marketing, jenis dan penjadwalan konten.

Pada kali ini, kami akan perlihatkan bagaimana Media Monitoring bekerja.

Mengetahui Citra Perusahaan Lewat Isu yang Terjadi

Selain brand awarness, brand image juga penting dalam bisnis untuk tetap eksis. Perbedaannya adalah dimana brand awarness biasanya lahir dari merek baru, yang mana publik harus mengetahui jika merek tersebut ada. Khususnya bagi target pasar yang diincar. Sedangkan brand image adalah citra perusahaan, yang lebih diperlukan bagi perusahaan yang cukup maju. Citra yang baik memiliki banyak keuntungan, mulai dari menarik para investor, sampai mendapatkan posisi yang baik di mata masyarakat. Citra baik dapat tergapai, ketika isu yang terjadi di media sosial, dapat diikuti oleh perusahaan untuk dimanfaatkan menjadi sebuah konten marketing. Karena juga memonitoring portal media online yang membahas seputar perusahaan.

Ketahui Strategi Lawan

Hampir semua perusahaan yang mengikuti perkembangan digital, pastinya memiliki akun media sosial. Entah karena mengefektifkan penjualan, atau sekedar adu eksistensi. Penyebaran informasi seperti promo yang digencarkan, kampanye dan lain sebagainya, terlihat jelas sebagai pembanding. Namun, memerlukan waktu yang tidak sebentar ketika mengeceknya. Dengan Media Monitoring, dapat membantu mempercepat. Anda tinggal mengatur kampanye atau keyword apa yang sedang di unggulkan oleh lawan di media sosial mereka, bagaimana respon pengikutnya pula. Data ini menjadi aset bagi Anda, untuk unggul dibanding kurangnya lawan Anda.

Online News Monitoring

Perusahaan tak pernah lepas dari yang namanya pemberitaan oleh portal media online. Terlebih saat ini, penyebaran informasi sangat cepat dijangkau banyak orang. Seperti lewat media sosial atau aplikasi pesan instan, yang juga karena internet yang semakin cepat diakses. Semua itu menyebabkan berita dengan potensi hoax atau menggiring opini pubik, bagi media-media tertentu cukup merusak reputasi perusahaan. Maka dari itu, monitoring berita oleh perusahaan harus dilakukan. Untuk mengurangi pembicaraan jelek seputar perusahaan atau mereka di masyakarat, sehingga krisis yang terjadi di media sosial pula dapat ditangani dengan cepat.

Itulah bagaimana Instagram Insight dapat dimaksimalkan dengan Media Monitoring, inovasi yang hadir lewat data dari keduanya, dapat menjadi hal yang tidak dilewatkan oleh target pasar yang sudah menunggu Anda.

Jika ditambahkan dengan Instagram Ads, seperti di story atau postingan. Itu menambah audience lebih luas lagi.

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.