Apa kamu pernah mendengar kata Content Creator? Saat teknologi saat ini pesat berkembang. Content Creator berada di industri kreatif, dimana karena kepopulerannya membuat beberapa orang menjadikannya pekerjaan utama atau hanya sekedar sampingan. Semua orang dapat melakukannya, ketika ia memiliki inovasi, kreatif, mengikuti perkembangan zaman juga membagikannya ke publik dan konsisten.

Jadi, Content Creator itu?

Content Creator sendiri memiliki definisi yang identik dengan Influencer, Youtubers, Gamers, atau Vloggers. Sering tertukar, karena pemahaman juga sudut pandang yang berbeda bagi setiap orang yang melihatnya. Namun, mayoritas semua istilah tersebut berawal dari pemanfaatan teknologi oleh satu orang atau lebih dalam membagikan sebuah informasi yang dirasa berguna, dari sana banyak yang menyukai sehingga pembuat tersebut menjadi lebih dikenal.

Content Creator mencakup lebih luas, tentang konten apapun yang dibuat. Mulai dari tulisan, foto, gambar juga video yang dapat berdiri sendiri atau bergabung. Memiliki fungsi untuk seperti media, dimana nantinya di bagikan untuk publik. Seperti, ke Youtube, Instagram dan lain sebagainya.

Youtubers juga dapat dikatakan Content Creator, hanya saja lebih spesifik karena hanya terjun di satu platform, yaitu Youtube. Gamers pula sama, hanya saja bukan dari sisi platform yang digunakan. Tetapi, jenis kategori konten yang dibuat. Dalam hal ini, semua tentang permainan, bisa ia mengulas permainan setelah beberapa hari dimainkan, atau membagikan pengalaman langsung bermain suatu permainan pada saat pertama kali dirilis. Sama seperti Vloggers, yang biasanya berformat video jalan-jalan.

Jika untuk Influencer dapat berasal dari semua definisi diatas, hanya saja ia memanfaatkan ketenarannya sebagai jalan untuk meraup uang lebih, dengan jumlah pengikut di sosial media atau platform yang tidak sedikit . Sehingga, perusahaan memanfaatkannya sebagai marketing digital, dalam mengenalkan produk atau jasa. Intinya Influencer adalah seseorang yang berpengaruh bagi para pengikutnya.

Menjadi Content Creator bukan Sekedar Mimpi

Mengikuti arus memang harus, tetapi yang paling penting adalah niat. Berikut kami akan jelaskan seperti apa yang dapat kamu lakukan untuk menjadi Content Creator.

1. Pilih Kategori Konten yang Kamu Suka

Hal awal saat kamu membuat konten, kamu harus tahu akan membuat apa. Misalnya konten tentang masak-masak, makan-makan, ulasan film atau yang lainnya. Karena apapun yang dapat dihasilkan dari rasa suka adalah konsistensi.

2. Tetap Update dengan Hal yang Kekinian

Coba terus ikuti apa yang sedang menjadi isu atau bahasan di masyarakat. Itu semua bertujuan sebagai inspirasi dalam pembuatan konten yang digabungkan dengan ciri khas kamu.

3. Berkarya dengan Konsisten

Ketika kamu berkarya, lakukanlah semua dengan konsisten. Karena kamu punya atau akan memiliki pengikut. Konsistensi akan meninggalkan portofolio, yang menguatkan kamu sebagai orang yang punya tujuan. Konsisten akan menghasilkan kuantitas, sehingga orang lain yang melihat akan betah berlama-lama menikmati konten kamu. Namun, jangan lupakan kualitas. Ini bukan sekedar cepat dan banyak. Tetapi konsisten dan terbaik.

Bagaimana? Sudah siap? Praktekkan, dan jalani saja terlebih dahulu. Usaha tidak akan menghianati hasil!

Ahmad Nuari Ramadhan
Content Writer at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.