Semenjak media sosial semakin digemari banyak orang, sebuah bisnis pun harus mengikutinya mau tidak mau. Keterlambatan dalam inovasi digital membuat bisnis terhambat bersaing. Segala hal negatif dan positif ada di media sosial, namun kita sulit dalam merangkum atau memahaminya. Media Monitoring untuk media sosial memiliki peran dalam hal itu.

Dalam sebuah bisnis pula, pergerakan saingan bisnis yang serupa adalah tujuan utama untuk diamati. Dengan mengetahui kelemahan kompetitor dalam pengelolaan media sosial, Anda dapat tahu apa yang bisa Anda tonjolkan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Apa hubugannya Social Media Monitoring dan kompetitor?

Dengan social media monitoring yang anda gunakan melalui jasa penyedia ini, anda dapat terfasilitasi untuk melihat berbagai macam hal lebih spesifik di media sosial. Seperti isu dalam bentuk persepsi positif negatif. Dimana berarti termasuk pembicaraan terkait kompetitor, pembicaraan seperti:

  1. Pembicaraan positif tentang kompetitor. Dimana anda dapat melihat kelebihan dari kompetitor yang dibicarakan oleh konsumennya. Salah satunya berupa pujian atau review positif dari konsumen kepada kompetitor.
  2. Pembicaraan negatif tentang kompetitor. Dimana anda dapat melihat kekurangan dari kompetitor Anda lewat apa yang dibicarakan oleh konsumennya. Salah satunya berupa keluhan dari konsumen kepada kompetitor.
  3. Strategi marketing yang dilakukan kompetitor. Strategi dalam marketing di media sosial turut dilakukan untuk menaikkan brand awarness, dapat berupa konten yang sengaja dibuat menarik, atau menggunakan jasa pengiklan. Sebuah postingan berhadiah pun dapat dilakukan, untuk warganet mengenal dan melihat-lihat produk kompetitor.
  4. Berita yang dibuat oleh portal media online tentang kompetitor. Informasi pemberitaan dari portal media online, dapat mempengaruhi pembcacara sekaligus calon konsumen. Dimana jika pemberitaan mengarah ke hal positif bagi kompetitor, maka tingkat dapat dipercayanya lebih tinggi. Juga sebaliknya.

Ketika hasil analisa dari social media monitoring tools, sudah anda dapatkan. Kedepannya, Anda akan lebih mudah dalam melakukan strategi marketing untuk bisnis Anda. Kompetitor Anda akan kebingungan bagaimana Anda tahu sisi kelemahan dari mereka, dan bagaimana Anda sangat percaya diri dengan merek Anda.