Pergerakan bisnis digital saat ini masih bertahan dan tetap eksis digunakan masyarakat Indonesia, khususnya berkat keberanian promo yang ditawarkan oleh tiap Digital Payment. Kita kenal seperti OVO, Gopay, LinkAja, Dana sampai DOKU yang memilki eksistensinya tersendiri.

Citra yang baik dan cara pembayaran digital yang dinilai mudah dan praktis menjadi dasar kenapa bisnis ini berkembang pesat, dan memilki pencintanya sendiri.

Digital Payment di Indonesia tidak hanya memiliki fitur dasar, seperti pembayaran pulsa atau tagihan listrik, namun juga bekerjasama dengan bisnis lain, yang disebut merchant. Kolaborasi ini mengasilkan keuntungan bagi kedua pihak, soal brand awarness sampai dengan keuntungan secara materi.

Dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini, kita tidak hanya sebagai pengguna salah satu Digital Payment, namun beberapa. Karena kita manfaatkan kelebihan dari masing-masing perusahaan Digital Payment tersebut. Walau merepotkan, rasanya terbayar karena promo cashback atau diskon yang berguna dalam menghemat pengeluaran kita. Dan walau pada awalnya kita pun tidak langsung mengenal merek-merek tersebut, namun lewat beberapa merchant yang saling bekerjasama.

Kali ini kami akan memperlihatkan Data pada Oktober 2019, dari indsight oleh NoLimit.

Merchant dengan pilihan pembayaran Digital, yang Paling Sering Dibicarakan

Bagaimana pada kenyataannya, saat ini memang transportasi online menjadi hal yang tidak habis dibicarakan juga perusahaan besar Gojek dan Grab menjadi pemainnya. Promo murah Gojek dengan payment tersendiri yaitu Gopay, Grab dengan OVO bekerjasama. Kategori merchant lainnya mengikuti secara menurut.

Digital Payment yang Menjadi Favorit di Setiap kategori Merchant

Jika melihat data diatas, untuk kategori Transportasi, Ovo menggungguli setengah dari para kompetitornya. Dimana kerjsama Grab dan Ovo menjadi kuncinya. Untuk Internet dan Telekomunikasi yaitu Dana, E-Commerce Ovo kembali, Food & Beverage Dana kembali dan pada Retail Gopay.

Lalu untuk Entertaiment, Ovo. Billing Doku dan Isurance LinkAja. Tiap merek Digital Payment hampir punya sektor tersendiri yang unggul, walau secara keseluruhan tetap ada yang mendominasi.

Tawaran Digital Payment dapat diketahui lewat media sosial dengan startegi marketing yang menarik audience. Seperti Grabfood, pemesanan makanan lewat aplikasi namun dengan pembayaran OVO berakhir dengan harga yang lebih murah dibandingkan pembayaran cash. Dari sisi OVO mempromosikan Grab, Grab juga sebaliknya. Kerjasama yang menarik ya! Walau Gopay sebagai produk sendiri dari jasa transportasi onlinenya yaitu gojek tidak mau kalah. Yang lainnya pula!

Cukup ketat ya persaingan dari semua digital payment tersebut, semoga tetap sehat dan tidak ada yang saling menjatuhkan. Bagaimana menurut kamu? Kamu sendiri paling sering transaksi dengan Digital Payment yang mana?

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.