Menjelang akhir dan tahun baru 2020, akun @TwitterID seperti biasa memberikan kilas balik untuk bahasan lewat hashtag terpopuler yang sudah terjadi. Tawaran obrolan oleh Twitter Indonesia dimulai dari tweet dengan hashtag #RameDiTwitter 2019 pada 10 Desember 2019. Tweet ini direspon baik oleh pengguna Twitter lainnya, terlihat dari jumlah like, retweet dan balasan postingan yang tidak sedikit.

Hashtag dengan tanda # di Twitter telah diperkenalkan 12 tahun yang lalu, oleh @chrismessina dan berhasil menjadi cara untuk pengelompokkan bahasan tertentu sehingga memudahkan kita dalam mencari informasi secara spesifik di Twitter.

Tweet awal untuk #RameDiTwitter di 2019 adalah seperti dibawah ini, sebagai pembuka adalah hashtag terpopuler dengan atau hashtag yang digunakan terbanyak pada 2019 di Indonesia.

1. #AgenzMo untuk hashtag populer dan Joko Widodo untuk akun paling dibicarakan.

Urutan pertama adalah hashtag #AgnezMo yang bahkan mengalahkan #Jokowi sebagai presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya dalam kategori non hasthtag, yaitu secara akun terpopuler di Indonesia adalah sebagai berikut.

Paling banyak dibicarakan, termasuk yang sering di mention yaitu presiden Republik Indonesia Jokowi Widodo, dengan akunnya @Jokowi. Twitter Indonesia pun dalam tweet nya mengomentari, jika terlebih konten seru dan lucu masuk kedalamnya sebagai tanda warganet menyukainya.

2. Tweet Najwa Shibab

Lalu secara retweet dimana dapat dikatan, jika semakin banyak jumlah retweet semakin banyak pengguna Twitter ingin pengguna lainnya tahu apa yang ia setujui secara postingan. Tweet Najwa Shibab menjadi tweet dengan retweet terbanyak pada tahun 2019 di Twitter.

Najwa Shihab sebagai presenter program acara di Trans TV, Mata Najwa. Ia mengundang Ketua DPR yang dipimpin adalah Bambang Soesatyo untuk datang ke program tersebut untuk berdialog dengannya. Dimana pada saat itu banyak Mahasiswa yang demo di kantor DPR terkait Revisi UU KPK dan RUU KUHP, menimbulkan beberapa kericuhan seperti yang dikatakan oleh akun @kompascom yang dikutip dan di balas oleh Najwa Shihab secara sebaliknya.

Najwa Shihab dinilai berani mengundang Ketua DPR yang saat itu menjabat melalui Twitter, dimana publik melihat secara jelas Tweet ini. Dapat menandakan keterbukaan soal keadaan yang sedang ramai, untuk dapat lebih jelas terungkap lebih jelas lewat dialog di Televisi.

3. Tweet Erlangga Greschinov

Lalu, fitur like pada Twitter juga menunjukkan Tweet @Greschinov menjadi tweet dengan jumlah like terbanyak dibandingkan postingan lainnya.

4. Cenayang Film

Selanjutnya, akun dan hashtag yang #RameDiTwitter 2019 untuk kategori hiburan adalah sebagai berikut.

5. #Agnezmo Muncul Kembali Dengan Kategori Berbeda

#Agnezmo muncul kembali, menjadi hashtag terpopuler secara keseluruhan kategori maupun kategori hiburan.

6. BTS

Eksistensi #KPop di Indonesia, yang tetap tak menurun eksistensinya, menjadikan Twitter Indonesia mengkategorikan kilas balik untuk grup Kpop terpopuler.

7. BTS tidak hanya sebagai grup paling populer, namun juga hashtag dengan nama yang sama.

7. Badminton Talk

Lalu, akun dan hashtag yang #RameDiTwitter 2019 untuk kategori olahraga sebagai berikut.

8. #MUFC

MUFC adalah singkatan dari Manchester United F.C.

9. Joko Widodo

Politisi dan akun partai politik yang #RameDiTwitter 2019.
Di tahun ini, Twitter menjadi bukti perbincangan warganet untuk politik di Indonesia.

10. Partai Gerindra

Politisi atau akun partai yang paling banyak dibicarakan adalah @Jokowi dimana selaku Presiden, Joko Widodo menduduki peringkat nomor dua sebagai politisi/kepala negara yang paling banyak dibicarakan di kawasan Asia Pasifik.

11. Emoji terpopuler
Emoji menjadi tambahan cara dalam berinteraksi lewat online, selain sekedar text biasa. Ekspresi muka atau diri yang di visualisasikan lewat emoji dapat memperkuat pesan yang akan disampaikan. Berikut ini, emoji terpopuler yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia di Twitter tahun 2019.

Nah, itu dia hal-hal yang menjadi populer di Twitter selama tahun 2019. Apa kamu salah satu dari pengguna Twitter yang membahas salah satu hastag-hastag tersebut? Atau suka mention salah satu tokoh-tokoh populer?

iya, kalau kamu mau lebih flashback dan nostalgia untuk apa yang populer di dua tahun lalu, yaitu 2017. Liat di:

Semoga di tahun 2020 semakin seru dan berguna untuk hal-hal populer di Twitter!

About the author

Ahmad Nuari Ramadhan

“You can't always get what you want, but, if you try, sometimes you just might find you get what you need .”