Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “Valentine”? Pastinya beragam jawaban. Valentine adalah hari yang jatuh di tanggal 14 Februari, setiap tahunnya. Valentine biasa disebut dengan hari kasih sayang, simbol dari adanya hari valentine biasanya bunga mawar, kartu ucapan, atau coklat dengan bentuk hati. Ketiganya menjadi pelengkap dalam mengungkapkan rasa sayang kepada orang tua, pasangan atau orang lain yang disayangi.

Valentine sudah menjadi hal yang tidak aneh di seluruh negara. Sebelum tanggal 14 Februari jatuh saja, sudah dapat kita temukan beberapa produk yang dihiasi dengan pernak-pernik dengan bentuk hati. Atau dengan promosi yang membawa nama valentine. Itu semua dilakukan untuk menarik para pembeli, sehingga dapat membeli produk yang ditawarkan.

Salah satu promosi yang dilakukan Alfamart

Di Indonesia sendiri, hari kasih sayang ini dirayakan sekaligus sebaliknya. Walau pada kenyatannya kita tahu, jika ini hanya masalah keyakinan. Namun bahasan pro dan kontra seputar hari valentine setiap tahunnya tak kunjung reda. Karena juga faktanya, di Indonesia tidak ada hukum yang melarang perayaannya. Walau di beberapa daerah menantang eksisnya hari Valentine ini. Ini semua karena Valentine identik dengan hal negatif, seperti sex bebas dan sejenisnya.

Baca Juga: Yang Rame di Twitter 2019

Trending Topik di Twitter

Bahasan seputar hari Valentine di Twitter dengan hashtag #ValentineBukanBudayaKita, menjadi trending topik. Semakin mendekati tanggal 14 Februari semakin naik di posisi teratas, dan saat tulisan ini dibuat berada kesatu. Untuk #ValentinesDay2020 bagi yang merayakan dan senang dengan adanya hari Valentine, namun untuk hashtag ini digunakan juga oleh orang luar negeri, karena bersifat universal.

Berikut ini, kami akan rangkum hal-hal apa saja yang dibicarakan seputar hari Valentine di Twitter pada 14 Februari 2020!

  • #ValentineBukanBudayaKita mendapatkan talk 117.498
  • #ValentineDay2020 lebih banyak dengan talk 157.191
  • Total dua hashtag adalah 274.689

Tap Talker, dimana adalah akun yang paling banyak membicarakan seputar hari valentine adalah akun brand mobil “Opel” di South Africa.

Top Influencer yang membicarakan hari valentine, dengan respon audience paling banyak adalah Ryan Seacrest. Ia adalah seorang presenter.
Top Tweet dengan Hashtag #ValentineBukanBudayaKita. Video dibuat di TikTok, berisi sebuah candaan. Agar tetap tenang, dengan adanya pro kontra valentine.

Bagaiamana? Kalau kamu sendiri ada di tim mana nih?

Ahmad Nuari Ramadhan
Social Media & Content Marketing at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.