Apakah kamu suka ke event? Event menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan banyak hal. Bukan hanya sekedar hiburan seperti konser, tetapi juga sebagai media marketing sebuah brand. Event memiliki kelebihan tersendiri, khususnya dalam menggaet banyak orang untuk mengenal brand secara lebih kuat dan besar. Semakin besar, menarik dan memuaskan sebuah event, maka citra perusahaan akan meningkat dibarengi dengan kepuasan pendatang atas event. Bahkan sampai menunggu event itu terulang lagi, yang biasanya dibuat dalam hitungan satu tahun sekali. Beberapa tujuan di buatnya Event beragam, tergantung apa yang dibutuhkan perusahaan. Namun, secara keseluruhan awal dari semua adalah riset. Dimana Social Media Analytics Tools dapat membantu mengefektifkan proses riset.

Cara awal untuk lakukan riset tak melulu menggunakan tools tambahan, tetap dapat dilakukan dengan cara yang lain. Bahkan manual. Namun tingkat kepraktisan dan keakuratan data akan berkurang disana. Kami akan jelaskan, bagaiamana cara membuat event yang baik didukung dengan peran Social Media Analytics Tools didalamnya.

Pastikan Team yang Solid

Team yang solid adalah kunci dari semua. Temukan orang yang sejalur dalam berpikir, untuk menghindari masalah yang lebih besar kedepannya. Namun tetap saling mengisi kekurangan masing-masing, inovasi akan muncul dari latar belakang atau keahlian orang yang berbeda-beda.

Lakukan Riset atau Penelitian

Suatu event yang besar atau ingin besar pastinya, berawal dari sebuah hasil riset yang baik. Riset disini termasuk berapa banyak target orang yang akan datang, media yang dirasa akan tertarik meliput, sampai pengisi acara yang tepat untuk mengisi panggung. Dengan Social Media Analytics Tools, kamu dapat temukan data akurat tentang bagaimana calon pengunjung kamu. Apa yang mereka bahas di media sosial, lewat keyword-keyword yang sudah kamu tentukan.

Buat Konsep

Setelah kamu memiliki tim yang tepat, satukan pemikiran. Dan tanggung jawab pada pekerjaan masing-masing. Konsep harus tersusun dengan jelas, khususnya bahasan seputar anggaran dan timeline pekerjaan. Timeline akan menjadi patokan waktu bagi orang-orang dalam penyelenggaraan event untuk dapat menyelesaikan tugasnya. Ini berpengaruh terhadap bagaimana nantinya event berjalan sesuai waktu yang telah dipublikasikan.

Buat Promosi yang Menarik

Dalam menjual tiket event, manfaatkan media sosial dalam menarik perhatian target. Untuk cakupan audience yang lebih luas dapat menggunakan fitur iklan di media sosial. Seperti, Facebook ads atau Instagram Ads. Pemanfaatan media sosial juga harus didukung dengan konten yang dapat mengundang audience untuk melihat isi media sosial lebih lama, baiknya lagi sampai dibagikan ke teman-temannya. Social Media Analytics Tools dapat membantu menemukan apa yang sedang tren. Sehingga, konten untuk promosi dapat lebih mudah direncanakan. Juga dapat bekerja dengan Content Creator yang memiliki jumlah pengikut yang tidak sedikit.

Baca Juga: Siapa Itu Content Creator? Bagaimana Mewujudkannya?

Siapkan Rencana B

Apa yang direncanakan tak melulu sesuai rencana, segala kemungkinan selalu hadir. Terlebih jika tidak yakin, dan terbentok dengan waktu yang semakin mepet. Persiapkan kemungkinan yang dapat saja terjadi pada hari utama atau menjelang dimulai. Buat pilihan untuk beberapa situasi yang mungkin akan terjadi dan bagaimana mengatasinya. Semua itu tidak lepas dari anggaran atau budget yang sudah direncanakan. Sehingga, acara tetap terlaksana tanpa hal yang dibuat mendadak.

Itulah tadi, bagaimana Social Media Analyticts Tools dihubungkan dengan perencanaan sebuah event. Kolaborasi keduanya, punya lebih tersendiri dalam mengefektifkan waktu kamu.

Ahmad Nuari Ramadhan
Content Writer at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.