Perusahaan untuk media sosialnya, tidak pernah lepas dari yang namanya hubungan dengan konsumen, karena media sosial dibuat untuk itu. Terlebih bagi perusahaan yang menawarkan jasa atau produk. Hashtag pertama terlihat di Twitter, namun berjalannya waktu, digunakan juga di Instagram dan media sosial lainnya.

Jika kita melihat, seseorang membagikan fotonya ke Instagram lalu tidak hanya sekedar kalimat atau caption, namun juga dibawahnya tertera tanda pagar (#) diikuti oleh satu kata.

Kami akan paparkan bagaimana manfaat dari penggunaannya di Instagram :

1. Memudahkan pengguna lain melihat postingan kamu.

Jika tanpa penggunaan hashtag dalam postingan, kemungkinan untuk menjangkau lebih banyak yang melihat postingan kamu rendah. Walau sebelumnya, tujuan dari hashtag dibuat adalah untuk mengelompokkan sebuah bahasan agar lebih mudah dicari. Namun, berjalanannya waktu, hashtag berfungsi lain sebagai cara dalam menarik perhatian. Yang akan berefek kepada jumlah like dan pengikut yang diharap bertambah.

Pengelompokkan karena hashtag ini, dapat diingat oleh pengikut kamu. Sehingga mereka dapat mengikuti postingan kamu tanpa kerepotan mencari satu persatu. Misalkan, #NongkiDiBdg yang kamu buat sebagai ciri khas dalam setiap postingan kamu. Dimana ini kamu buat untuk memberitahu pengguna Instagram dalam mencari tempat nongkrong yang tepat di Bandung, sebagai penguat informasi karena kamu juga mengulas tempatnya lewat konten video yang kamu buat. Atau hashtag Like4Like, pada Instagram yang terlihat sang pengupload berharap like dari yang melihat postingannya. Walau itu ia harus menyukai juga postingan yang akan like postingannya, sama-sama menguntungkan jadinya.

Ketika kamu selalu mengupload video review tempat nongkrong, ke Instagram dengan #NongkiDiBdg maka pengguna Instagram yang menggunakan fitur pencarian hashtag dapat menemukan postingan kamu. Sehingga, jika konten kamu memang menarik, yang melihat akan menyukai dan mengikuti perkembangan Instagram kamu.

2. Menemukan target pasar.

Khususnya bagi bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media promosi, dalam hal ini katakan kamu menjual smartphone Android dengan harga terjangkau, maka kamu memiliki target konsumen yang berfokus kepada harga murah. Hashtag #AndroidMurah dapat kamu gunakan. Kalaupun memang hashtag tersebut juga digunakan oleh penjual lain, tidak masalah jika konten kamu lebih menarik juga kelebihan lain yang ditawarkan.

3. Mempermudah promosi produk atau campaign.

Instagram dapat digunakan untuk campaign sebuah event perusahaan atau sebuah gerakan kepedulian sosial dan lain-lain. Yang mana, netizen dapat mengenal event atau kegiatan tersebut, berbagai trik kerap dilakukan perusahaan atau penyelenggara seperti pada acara tahunan ulang tahun Jakarta, #AyoKitaKeJakartaFair dimana sifatnya, semakin banyak netizen menggunakan hashtag yang sama, semakin diharapkan banyak pula pengunjung yang penasaran dan datang ke event.

Nah bagaimana? Hashtag sangat berguna kan. Tidak hanya untuk followers kamu, tetapi juga siapapun pengguna Instagram. Penggunaan hashtag untuk meningkatkan respon penguna juga dapat ditambahkan cara lain disini, yang dapat meningkatkan efektifitasnya.

Baca juga: Kilas Balik yang Rame di Twitter 2019

Ahmad Nuari Ramadhan
Content Writer at | Website

Rama writes implicity or explicity. Engaged in media and technology. When writing, he tries to feel what other people feel.