Selamat tahun baru 2020 bagi kita semua! Gimana liburan kalian? Semoga seru ya. Menuju tahun baru 2020 di 31 Desember 2019, kalian meriahkan dimana? Pastinya suara terompet dan nyalanya kembang api juga petasan jadi ciri khas tersendiri dalam menyambut tahun baru.

Namun tahun baru kali ini berbeda, khususnya bagi beberapa wilayah di Indonesia. Seperti yang dikenal dengan sebutan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang). Dimana pada malam menjelang tahun baru, di Jakarta sendiri hujan mengguyur dari sore hari. Karenanya, terjadi banjir. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan, banjir Jakarta dan sekitarnya disebabkan curah hujan ekstrem. Bahkan jika dibandingkan dengan, tahun terakhir dengan kejadian yang sama pada 2007.

Berdasarkan hasil pemantauan kami, terdapat total pembicaraan terkait Banjir di media sosial Twitter sebanyak 23,629 Tweet dari tanggal 30 Desember 2019 – 1 Januari 2020.

Akun yang paling banyak membicarakan terkait banjir adalah @petabencana, salah satu tweetnya adalah sebagai berikut..

Akun tersebut dapat menjadi tempat berkumpulnya informasi seputar banjir di Twitter, sehingga pengguna Twitter dapat tahu wilayah mana saja yang terkena banjir.

Fenomena ini tidak lepas dari pembicaraan Tokoh Publik pula, seperti Indra Bekti (@indrabektiasli), Ganjar Pranowo (@ganjarpranowo), dan Fahri Hamzah (@Fahrihamzah). Salah satu tweet dari ketiganya sebagai berikut.

Dengan hashtag #JakartaBanjir yang ditambahkan sebagai penekanan, juga yang sempat menjadi trending topic di Twitter.

Ada 3 Tweet terviral terkait musibah banjir, yang mana paling banyak direspon oleh pengguna Twitter lainnya. Mulai dari retweet, like juga balasan postingan. Beberapa sudut pandang terlihat karena bahasan banjir ini.

Sampai tulisan ini dibuat, pemberitaan seputar Banjir Jakarta dan sekitarnya masih terus diberitakan di televisi ataupun media online, dari penyebab sampai update titik-titik lokasi yang terkena banjir.

Apa rumah kalian salah satu yang terkena banjir? Semoga cepat surut..

Kalian bisa tanggapin di kolom komentar, untuk fenomena banjir yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya ini ya!

About the author

Ahmad Nuari Ramadhan

“You can't always get what you want, but, if you try, sometimes you just might find you get what you need .”