Digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang sedang digemari, digital marketing bertujuan untuk menjangkau banyak orang. Khususnya untuk target pasar yang dituju. Dasar dari digital marketing ini adalah perkembangan teknologi internet dan perubahan sikap masyarakat dalam bertransaksi. Inovasi untuk digital marketing bersifat dinamis, tak terkecuali untuk tahun 2020 para marketer melakukan perbaikan dalam strategi yang dijalankan.

Digital marketing seperti apa ya? yang akan menjadi tren di tahun 2020. Yu simak!

Influencer

Influencer akan tetap berjaya seperti tahun 2019, entah lewat youtube mereka atau media sosial lainnya. Dikarenakan influencer memiliki pengikut yang cukup banyak, membuat pengikut mereka percaya dengan kata-kata yang mereka ucapkan. Anda juga harus mengetahui influencer yang tepat untuk produk atau jasa Anda. Misalnya, yang Anda jual adalah produk makanan, maka cari Influencer yang dikenal membahas konten makanan. Maka kemungkinan besar produk anda dibicarakan oleh target pasar Anda, lebih besar.

Youtube
tanboy kun

Seperti contoh channel Youtube diatas, dimana dapat Anda ajak kerjasama untuk dipromosikan produk atau jasa Anda dibagian video tersebut. Dapat pula dalam bentuk Influencer mengulas apa yang Anda tawarkan.

Voice Search

Sumber: hootsuite.com

Terlihat data pada Januari 2019, Indonesia termasuk dalam penggunaan fitur voice search tertinggi ketiga setelah India dan China. Voice search disini, dapat berupa aplikasi buatan Google, atau Siri dari Apple. Kemudahan hanya dengan mengucapkan keyword atau perintah yang dimaksud membuat penggunanya terbantu. Perusahaan yang menggunakan voice search pada produk atau jasanya, dapat menjadi hal positif bagi pengguna karena efektivitasnya.

Youtube Google Indonesia

AI (Artificial Intelligence)

Biasa disebut juga kecerdasan buatan, mesin yang belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia.

Saat ini sudah dapat ditemukan dan dirasakan, kecerdasan buatan ini. Seperti teknologi voice search yang telah dijelaskan sebelumnya yang ia ada sebagai contoh dari penerapan AI. Lainnya adalah beberapa mobil di dunia, salah satu contohnya adalah Tesla, mobil yang dapat mengendarai dirinya sendiri karena AI. Dengan teknologi ini, digital marketing pun dapat terbantu karenanya. Contohnya, adalah iklan pada sosial media juga mesin pencari seperti Google.

Youtube
Social Media Examiner

AI adalah masa depan, yang sudah terasa baiknya dalam meningkatkan efisiensi jika digunakan dengan tepat.

Digital Payment

Bisnis dengan penerapan digital saat ini masih bertahan dan tetap eksis digunakan masyarakat Indonesia, khususnya berkat keberanian promo yang ditawarkan oleh tiap Digital Payment. Kita kenal seperti OVO, Gopay, LinkAja, Dana sampai DOKU yang memilki eksistensinya tersendiri. Anda dapat berhubungan dengan perusahaan yang menawarkan pembayaran digital untuk sama-sama memiki keuntungan bersama, misalkan Anda adalah pengusaha makanan yang masih menggunakan metode pembayaran uang tunai langsung. Namun, untuk saat ini dan kedepannya, pengguna pembayaran digital semakin diminati. Dengan kerjasama ini, anda dapat menarik perhatian calon konsumen.

Youtube
CNN Indonesia

Itulah Tren Digital Marketing di Tahun 2020, versi NoLimit. Digitalisasi adalah hal yang cepat atau lambat akan terus berkembang, mau tidak mau harus diikuti untuk tetap bertahan. Semangat!

About the author

Ahmad Nuari Ramadhan

“You can't always get what you want, but, if you try, sometimes you just might find you get what you need .”