Digital marketing adalah salah satu strategi marketing yang menjadi primadona akhir-akhir ini, kemunculannya karena internet yang semakin hari semakin berkembang dan menjangkau banyak orang. Setiap saatnya perkembangan digital marketing juga terus berubah khususnya di Indonesia. Namun tidak sekedar mengikuti tren saja, baiknya dalam pembuatan digital marketing memanfaatkan Social Media Analytics Tools.

Salah satu tools ini disediakan untuk membantu para pekerja digital marketing dalam menganalisa segala aktivitas di media sosial. Melalui tools ini, Anda dapat mengetahui kondisi yang ada di lapangan, atau dalam hal ini media online tanpa harus terjun langsung. Namun dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Berikut ini kami paparkan, tren digital marketing seperti apa yang diminati di tahun 2019.

1. Konten Video

Konten video menjadi hal yang sudah biasa kita lihat di internet saat ini, terlebih semenjak popularitas yang disebut “Youtubers” atau “Influencer” semakin melejit eksistensinya di Youtube. Platform serupa seperti Instagram, ataupun Facebook bahkan Twitter yang tidak fokus di distribusi konten video tetap terasa efeknya. Ini didasari juga kemampuan masyarakat dalam membeli layanan internet yang juga cepat dalam koneksinya, sehingga konten video di media sosial apapun sudah menjadi makanan sehari-hari. Youtubers atau Influencer menarik bagi bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa lewat mereka, karena pengikut mereka yang tidak dapat dikatan sedikit. Sehingga, kemungkinan produk atau jasa terjangkau lebih efektif. Biasanya para youtubers atau influencer ini membuat video konten yang mereka geluti, misalkan ia adalah youtubers gaming, saat bermain game ia dapat menyelengi videonya dengan produk yang muncul.

2. Stories Instagram

Serupa namun tidak sama dengan konten video yang dimaksudkan di poin pertama, stories instagram dibuat lebih realistis, dimana apa yang kita lakukan setiap hari namun dalam bentuk video 15 detik yang hilang otomatis 24 jam seteleh di upload. Stories Instagram dibuat lebih mudah diterima, karena durasi yang tidak lama. Sehingga hanya tinggal mengulang stories yang ada di Instagram jika kurang jelas, tanpa perlu usaha berlebih.

Sebelum atau sesudah Anda memilih keduanya atau salah satu strategi digital marketing anda, akan tepat jika anda menggunakan Social Media Analytics Tools. Social Media Analytics Tools sudah disediakan oleh perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia, kelebihannya khusus dalam penggunaan kata bahasa indonesia yang lebih dapat dimengerti dibandingkan perusahaan luar, sehingga tepat untuk pasar Indonesia.

Social Media Analytics Tools menghadirkan macam jenis data, mulai dari kategori konsumen, topik atau konten yang disukai, hingga waktu-waktu yang efektif. Data ini akan membantu pekerja digital marketing untuk mengatur konsep startegi setelah melihat kondisi pasar yang ada di media online. Atau untuk terus bertahan dan mengikutinya.

About the author

Ahmad Nuari Ramadhan

“You can't always get what you want, but, if you try, sometimes you just might find you get what you need .”