Kekuatan sosial media di era digitalisasi ini memang menguntungkan para pembisnis. Selain bisa meraih penjualan dengan cepat, membesarkan brand dengan efektif, poin plus lainnya bisa diraih, seperti peningkatan loyalitas pelanggan.

Jika dahulu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan dengan kartu promosi, kartu loyalitas, dan lain-lain, kini pengelolaan media sosial juga diperlukan untuk memastikan loyalitas dari pelanggan Anda bertambah.

Kilas Balik Pentingnya Loyalitas Pelanggan

Jika mungkin Anda lupa, ini fakta yang biasa diketahui pelaku pemasaran: menarik kembali pembelian dari konsumen loyal lebih mudah daripada mencari konsumen baru.

Loyalitas pelanggan sering menjadi tujuan besar dalam pelaku pemasaran, karena efeknya yang begitu kuat. Selain tingkat pembelian tinggi, pelanggan yang loyal akan menyebarkan reputasi positif. Data menyebutkan, 65% pemasukan bisnis perusahaan dapat dijalankan dari pelanggan yang loyal.

“Customers with an emotional relationship with a brand have a 306% higher lifetime value and will recommend the company at a rate of 71%, rather than the average rate of 45%.”

Motista

Loyalitas Pelanggan Saat Ini

Kini, tepatnya tahun 2016, data dari Our Social Times melansir bahwa loyalitas pelanggan semakin memudar. Dari penelitian yang dilakukan ICDP, disebutkan bahwa 97% orang akan beralih dari brand yang paling mereka sukai. Berbeda dengan dahulu disaat 77% konsumen mengatakan mereka akan loyal dengan brand yang mereka suka lebih dari 10 tahun.

Pergeseran perilaku konsumen ini yang membuat banyak pemasar bertanya-tanya dan menemukan bahwa media sosial bisa menjadi solusinya. Media sosial diyakini dapat membantu permasalahan ini karena melihat perilaku konsumen saat ini.

Saat ini, tak bisa dipungkiri media sosial menjadi keseharian setiap orang, tak terkecuali para calon atau konsumen Anda. Tahun 2018 ini, data dari GlobalWebIndex menyebutkan 54% konsumen menggunakan media sosial untuk mencari tahu tentang produk yang ingin mereka beli.

Fungsi Media Sosial Pada Loyalitas

Kini, media sosial bisa menjadi bagian vital dalam bisnis Anda yang berpengaruh besar pada kegiatan pemasaran, salah satunya loyalitas. Berikut adalah beberapa fungsi media sosial yang bisa Anda optimasikan untuk meraih loyalitas konsumen.

Dengarkan dan Hadir Diantara Konsumen Anda

Dengan media sosial, Anda bisa

Membangun “Koneksi Personal” Dengan Konsumen Anda

Bangun komen, balas, buat konten yang menarik, dm,

Ukur dan Analisis Kata Konsumen Anda

CIptakan produk yang Anda suka

Rencakan!

Rencanakan konten Anda

Baca juga: Mau Digital Marketing yang Efektif? Ini Cara Manfaatkan Media Sosial Sesuai Fungsinya!

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website