Cara membuat youtube yang bermanfaat untuk kegiatan pemasaran kerap menjadi pertanyaan bagi pembisnis. Youtube, sebagai platform yang terfokus pada konten video, memang membutuhkan waktu perencanaan konten yang lebih lama dari media sosial lainnya.

Disaat media sosial lainnya hanya membutuhkan artikel atau foto saja, di youtube, pemasar harus membuat video yang pembuatannya tidak bisa dilakukan dalam satu hari. Hal inilah yang kadang membuat Youtube kadang tidak teroptimasi oleh bisnis-bisnis yang performa digital marketingnya belum begitu terencana.

Memang, dalam social media marketing, integrasi antara masing-masing platform terkadang sering dilupakan oleh para pemasar. Mengintegrasikan semua media sosial, dari youtube, instagram, hingga twitter atau facebook, kadang tidak mudah.

Baca juga: Cara Mengembangkan Bisnis Dengan Omnichannel & Social Media Analytics Tools

Terkadang para pembisnis baru menyadari saat menyadari viewers channelnya rendah. Dalam platform apapun, termasuk Youtube. Hal ini sangat disayangkan, karena Youtube memiliki kekuatan tinggi sebagai platform yang digunakan untuk pemasaran.

  • Youtube adalah search engine terbesar setelah Google.
  • Youtube mempunyai pengguna aktif berjumlah 1.9 miliar.
  • Data dari merchdope.com menyebutkan bahwa setiap harinya orang menonton video di Youtube dengan total 5 milyar jam.
  • 79% pengguna internet mengatakan mereka memiliki akun Youtube.
  • Youtube dapat mengakses bahasa yang setara dengan sebanyak 95% populasi di dunia.
  • 90% orang mengatakan merekamenemukan brand barudi Youtube.

Lalu apa yang harus saya lakukan jika viewers channel Youtube saya terlanjur minim?

Berikut 5 cara simpel untuk membuat Youtube Anda bermanfaat untuk branding versi NoLimit!

1. Lakukan Riset

Setiap harinya, ada 720.000 jam video yang diunggah ke Youtube (oberlo.com). Untuk bisa menjadi video yang mendapat banyak viewers, tentunya Anda memerlukan perencanaan untuk membuat konten yang baik dan menarik.

Sebelum Anda memulai mengunggah konten di Youtube, lakukan sedikit riset mengenai tren apa yang sedang marak di masyarakat. Video-video apa yang saat ini sedang disenangi warganet?

Selain itu, teliti siapa saja kompetitor Anda yang juga melakukan pemasaran di Youtube. Tentukan siapa kompetitor tersukses Anda dan teliti apa yang membuat pemasaran via Youtube mereka sukses.

Anda dapat mendapatkan data-data tersebut secara manual via Google Trends, keyword search di Youtube, hingga tools yang paling detail seperti media monitoring. Meriset bahan konten untuk Youtube penting sejak persaingan di Youtube bertumbuh pesat.

2. Visual! Visual! Visual!

Sebagai platform yang mengutamakan video, yang tak lain tak bukan adalah konten visual, adalah penting pula bagi Anda mengutamakan sisi visual dari konten Anda. Inilah yang kadang menjadikan kesulitan bagi para pembisnis, apalagi mereka yang masih merintis. Memang, semakin tinggi kualitas konten yang Anda berikan di Youtube, maka semakin tinggi pulalah potensi Anda untuk meraih viewers dan membuat brand Anda semakin terkenal.

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menunjang hal ini, tentunya sumber daya. Pastikan Anda membuat konten di Youtube dengan peralatan videografi, dan design yang baik.

Selain itu, hal-hal kecil yang Anda dapat tunjang adalah sesederhana kelengkapan profil: about, social icon, dan logo. Hal-hal inilah yang menjadikan channel Anda terlihat profesional dan akan meningkatkan kepercayaan serta kenyamanan bagi para pengunjung. Jangan lupa gunakan thumbnail/foto cover video yang menarik.

Penggunaan subtitle juga dianjurkan dalam video Anda. Sepele, namun faktanya hal ini dapat meningkatkan kenyamanan pengunjung. Data menyebutkan bahwa jam 12 – 4 sore di hari kerja dalah peak time dari Youtube. Hal ini dikarenakan para pekerja yang bosan dan membuka Youtube di kantor via mobile. Dengan subtitle, Anda akan dapat menggaet jenis penonton Youtube dengan karakteristik ini. Selain itu, Anda juga dapat menambah kenyamanan untuk penonton Youtube tunarungu.

3. Tentukan Tema dan Jadilah Konsisten

Jadilah konsisten! Hal ini mungkin kalimat yang paling mudah diucapkan, namun sulit bagi semua pemasar untuk mempraktekkannya. Faktanya, semakin Anda konsisten di Youtube, semakin pulalah Anda dapat dengan sukses meningkatkan viewers yang akan berpengaruh pada brand Anda.

“Keeping your formatting, schedule and content consistent is important as it allows viewers to come back to your channel and be presented with new content, but also content that fits your channel ethos, which is why they originally subscribed. “

– Conner Devile, Label Worx

Cara termudah yang bisa mendukung kekonsitenan selain masalah waktu penjadwalan di Youtube Anda adalah: tema playlist. Tentukan tema cerita/tema konten untuk pembentukan playlist di Youtube Anda.

Contohnya, berikut adalah playlist #CeritaGojek dari channel youtube Go-jek. Dengan tema cerita sederhana dari para Go-jek, Go-jek berhasil menciptakan suatu konsistensi di Youtube Channelnya. Go-jek mengunggah video dengan konten ini di setiap

Video dengan tema yang konsisten akan membawa penonton Anda bisa mengenal dengan pasti cerita apa yang akan mereka dapatkan dan kapan mereka akan mendapatkannya. Hal ini akan membuat para viewers yang tertarik akan melakukan kunjungan ulang pada channel Anda.

Selain itu, pesan brand yang diberikan akan semakin kuat dan terpatri di benak konsumen Anda karena disampaikan secara berulang-ulang. Bonus lainnya, konsumen akan berlama-lama diam di channel Anda karena terus menonton playlist. Hal ini tentu baik untuk statistik channel Anda, yang dapat memunculkan Anda di kolom suggested.

4. Gunakan Teknik SEO: Search-Friendly!

Ingat ini: Youtube adalah platform berbasis search engine, seperti Google. Menggunakan teknik SEO, atau Search Engine Optimization yang biasa diadaptasikan di artikel itu penting pula diaplikasikan saat Anda mengunggah video Anda di Youtube.

  • Jadikan keyword populer untuk judul
  • Buat judul tetap singkat (maksimal 60 karakter)
  • Masukan keyword populer di deskripsi video

5. Gunakan Share Link

Jangan lupa untuk selalu lakukan cross-promote di platform media lain yang Anda miliki. Pada dasarnya, algoritma Youtube memprioritaskan traffic dari luar website, yang membuat klik dari media sosial lain dapat meningkatkan kemampuan Youtube dalam menemukan video Anda.

Hal ini dapat membantu video Anda sering muncul di kolom suggested, dan pada akhirnya menggaet banyak viewers yang dapat berpengaruh pada brand Anda.

Seringlah sisipkan link video Anda jika Anda mengunggah konten relevan di blog, Instagram, atau twitter. Pada dasarnya, optimasi di setiap platform media sosial akan sangat berpengaruh kuat pada digital marketing Anda.

Selamat mencoba!

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website