Instagram memang merupakan dewa bagi pembisnis online. Memiliki audience yang tinggi, engangement yang besar, menjadikan kompetisi online di Instagram sangat ketat. Terkadang, untuk tetap meningkatkan engangement di Instagram rasanya menjadi sulit karena begitu tingginya persaingan antara kompetitor.

Padahal, engangement yang kuat menghadirkan banyak manfaat selain penjualan. Dengan engangement, suatu bisnis akan dimudahkan mendapat konsumen loyal, yang artinya akan berujung pada repurchasing.

Instagram adalah media sosial yang terbilang rajin dalam mengimprove fiturnya yang makin memudahkan pembisnis untuk berbisnis. Hal ini membuat popularitas instagram makin hari makin meningkat, dan wajar saja jika media sosial ini menjadi platform dengan engangement tinggi di dunia.

Maka itu, untuk Anda yang sedang khawatir dengan performa Instagram Anda, tenang saja. Karna NoLimit telah merangkum cara-cara baru yang unik, yang disesuaikan dengan fitur-fitur Instagram yang bisa dioptimasi semaksimal mungkin. Simak tips-tips di bawah ini, yuk.

Berkreasi dengan Stories

Kini, semakin berkembangnya fitur di Instagram, engangement Instagram tidak hanya diukur oleh komen atau likes. Engangement kini juga termasuk Instagram Stories Anda.

Riset dari TheCompany yang dilansir oleh MediaKix juga menyatakan, Instagram Stories telah meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan di Instagram sebanyak 28 menit. Dan setiap harinya, Instagram Stories bisa mendapat 400 juta pengguna yang memposting atau menonton stories.

Ini mengapa Instagram Stories bisa menjadi cara unik Anda untuk meningkatkan engangement.

Ada dua fitur Instagram Stories yang bisa menjadi insight untuk Anda dalam meningkatkan engangement: stiker question dan poll.

Stiker Question

Dengan stiker question, Anda akan mempersilahkan pengikut Anda untuk melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin mereka perlu ketahui tentang brand Anda, membuka pikiran dari pengikut Anda, dan otomatis, menciptakan hubungan personal dengan pengikut Anda.

Buat jadwal khusus untuk jadwal sharing via question dan biarkan pengikut Anda tahu kapan mereka bisa bertanya. Hal ini juga bisa meningkatkan loyalitas mereka untuk re-sharing.

Stiker Poll

Dengan stiker poll, Anda dapat mendapat dua keuntungan: meningkatkan engangement dan mengetahui opini pengikut Anda.

Lewat poll dan vote, pengikut Anda juga akan merasa opininya didengar. Lakukan secara konsisten dan hasilkan loyalitas pengikut Anda. Jadwalkan juga konten Instagram Stories dengan poll, agar lambat laun pengikut Anda menyimpan jadwal Instagram Stories Anda di benak mereka. Ini akan membuat pengikut Anda menjadi terus teringat akan brand Anda di waktu-waktu yang ditentukan dalam jangka lama.

Tingkatkan Engangement Instagram dengan IG TV

Selain stories, ada cara unik baru dari Instagram yang bisa Anda aktivasi, yaitu Instagram TV, atau sering disebut IG TV.

IG TV dari CottonInk

Lewat IG TV, Anda dapat mengunggah konten lebih dari 15 detik dengan filter-filter menarik. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buat jadwal dan biarkan pengikut Anda tahu kapan mereka harus mampir ke akun Anda. Tes kreatifitas Anda dengan menghadirkan hal menarik untuk video IG TV Anda, seperti mengundang influencer, IG TV berhadiah, dan lainnya.

Variasi Konten: Conversation & Entertaiment

Melakukan variasi atas jenis konten yang diposting juga dapat menjadi opsi baru untuk Anda. Seperti kita telah bahas sebelumnya mengenai jenis-jenis konten media sosial, ada dua konten yang efektif untuk meningkatkan engangement di Instagram.

Dua konten tersebut adalah konten bertema Conversation & Entertaiment. Jika Anda lupa, Conversation adalah
konten yang bertujuan untuk memulai sebuah interaksi dengan audiens yang kita miliki.

Contoh-contoh konten Conversation adalah:

  • Konten yang berupa pertanyaan
  • Konten yang menanyakan sebuah pendapat
  • Konten yang mempersilahkan pengikut untuk ikut mengisi komen (Isi dibawah ini! Isi titik-titik berikut)
  • Konten yang menyuruh audiens untuk memilih atau polling

Selain itu, konten Entertaiment adalah konten yang memiliki kecenderungan untuk viral lebih tinggi dibandingkan kategori konten lainnya. Isinya bersifat hal-hal lucu, dan fakta yang menarik seperti nostalgia.

Memang, konten Entertaiment tidak akan berpengaruh langsung ke bisnis Anda. Namun, konten ini dapat meningkatkan hubungan personal Anda dengan para pengikut. Penjadwalan yang konsisten juga akan mempengaruhi engangement dalam konten ini.

Kolaborasi dengan Influencer dan Brand Lain

Faktanya, influencer marketing masih berfungsi. Namun, kini ada cara yang lebih unik dan inspiratif dibanding endorsement saja. Yaitu: kolaborasi.

Kolaborasi yang dimaksud adalah membuat kolaborasi yang lebih kuat, seperti peluncuran produk baru yang menggunakan influencer sebagai inspirasi, peluncuran produk baru dengan kreatifitas influencer, workshop produk sambil menggaet influencer sebagai bintang tamu, dan lain-lain.

Anda dapat mencari influencer yang tepat dengan analisis keyword, google trend, atau tools khusus seperti media monitoring. Ingat, influencer dengan sentimen atau reputasi positif penting untuk membawa engangement Anda

Contoh kolaborasi produk dengan influencer

Kolaborasi yang dilakukan tidak hanya pada influencer saja, tapi juga bisa dengan brand lain. Brand terbaik adalah brand dari industri yang sama namun berbeda produk, untuk mendapat tema terbaik. Contoh, jika produk Anda adalah baju, cobalah gaet brand lain seperti belt, hijab, hingga jam tangan.

Contoh kolaborasi Indomie @indomie dan Chitato @mychitato

Reply! Reply! Reply!

Hal yang tak boleh Anda lupa saat berbisnis di media sosial: bersosial.

There is no more B2B and B2C. It’s H2H: Human to Human.

Bryan Kamer

Sederhananya, jika Anda menjadi konsumen, mana kesan yang paling Anda suka saat berbelanja di suatu toko online? Mereka yang membalas dengan pesan otomatis/chatbot, dengan profil kaku dan kosong berdasar template yang sudah monoton, atau toko online yang membalas pesan Anda seperti teman lama, ramah, dan bisa bertanya macam-macam untuk kebutuhan Anda yang lain?

Saat kita bersosialisasi sebagai brand pada para pengikut, memang, rasanya tak terjadi apa-apa. Tapi, dibaliknya, terjadi efek yang begitu besar, seperti kenyamanan pengikut/konsumen, kesan konsumen yang menempel di benak mereka, dan waktu-waktu mereka kembali mengulang pertanyaan, melempar komen, bertanya via DM, karena mereka merasa direspon oleh brand Anda.

Contoh post Instagram dari Grab yang aktif mereply komen pengikutnya

Nah, itu dia 5 tips sederhana untuk Anda meningkatkan engangement Instagram Anda, mudah bukan? Intinya adalah: tetap semangat berkreativitas dan perhatikan konsistensi!

Untuk baca tips media sosial lainnya, klik disini.