Mengelola media sosial di era digital adalah hal yang diperlukan dalam bisnis. Sayangnya, karena pergerakan teknologi yang begitu cepat, banyak pelaku bisnis terjun langsung ke media sosial tanpa benar-benar paham apa yang mereka kendalikan.

Padahal, mengelola media sosial bukan hanya memikirkan konten yang harus di post saja. Banyak pengukuran yang harus Anda ukur untuk memastikan aktivitas bisnis Anda di media sosial berjalan efektif.

Di tiap-tiap media sosial, pengukuran sederhana pada umumnya sudah disajikan. Seperti Instagram Analytics, Facebook Analytics hingga perhitungan keyword sederhana di Twitter.

Mungkin saat Anda menilik hasil analisis dari media sosial Anda, Anda sempat kebingungan dengan kata-kata ini: Engangement, Traffic, Reach, Impression, dll. Artikel ini akan membantu Anda memahami pengukuran-pengukuran di media sosial dan bagaimana cara Anda mengelolanya.

Engangement

“Engangement Facebook lo udah berapa, bro?”

“Alhamdulilah Engangementnya naik”

Engangement, adalah kata populer yang sering dipakai di perbincangan media sosial. Sebenarnya, tidak sulit untuk memahami istilah ini. Engangement secara harfiah berarti ikatan. Ya, artinya pun tidak jauh dari itu.

Engangement merupakan rasio yang menunjukkan seluruh interaksi antara akun kita dan akun audience. Interaksi tersebut bisa berbagai macam. Berikut adalah berbagai macam metriks yang digunakan untuk Engangement:

  1. Likes
  2. Comment
  3. Share
  4. Retweet
  5. Clicks
  6. Reactions
  7. Mentions
  8. Follows

Engangement adalah suatu ukuran yang sering didambakan dalam pengelolaan media sosial para brand. Hal itu dikarenakan melalui engangement, brand dapat mengukur reaksi audience terhadap brand dengan jelas.

Baca juga artikel terkait: Mengukur Engangement di Media Sosial

Awareness

“Lu nyari Engangement, emang followers lu udah Aware?”

“Awareness pasar lo sama brand lo gimana?”

Awareness adalah tahap dimana audience “mengetahui” adanya brand Anda.

Awareness biasanya diukur oleh beberapa kata yang pasti familiar bagi Anda, seperti:

  1. Traffic
  2. Reach
  3. Impression
  4. Views

Traffic dan Views

Traffic website bisa didefinisikan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman yang mereka lihat, dan durasi saat pengunjung melihat atau membaca halaman-halaman tersebut.

Sementara views adalah jumlah orang yang melihat suatu post entah itu artikel, foto atau konten lainnya dalam suatu media sosial.

Traffic dan views adalah salah satu metriks awareness, yang dapat memberi Anda insight performa Anda di periode waktu tertentu.

Impression dan Reach

Dua kata ini juga pasti familiar bagi Anda yang berkecimpung di media sosial. Impression dan Reach, dua istilah yang hampir sama namun beda.

Impression, adalah jumlah total konten Anda dilihat. Meski dilihat oleh yang user yang sama, detik itu tetap terhitung menjadi 1 impression.

Sementara reach, adalah jumlah orang yang melihat konten Anda. Perhitungannya hanya berdasarkan akun. Tak peduli berapa kali akun tersebut melihat kembali konten tersebut, akun tersebut hanya akan terhitung 1 kali sebagai reach.

Nah, itu dia arti dari istilah-istilah pengukuran yang ada di media sosial. Dengan memahami istilah tersebut Anda akan dapat dengan mudah memahami laporan analisis media sosial Anda.

Kunjungi link ini untuk pahami istilah media sosial lainnya: NoLimit Indonesia Metric Glossary

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website