Maraknya jasa media monitoring Indonesia adalah salah satu alasan mengapa tren ini lambat laun semakin besar. Tren yang semakin besar ini semakin sering digunakan pemanfaatannya oleh pelaku bisnis dari banyak industri. Retail, manufaktur, agensi, hingga pemerintah — memungkinkan untuk menggunakan tools ini. Mungkin sekarang benak Anda mulai bertanya: apakah perusahaan saya membutuhkan tools ini juga?

Baiklah, setelah Anda sudah memahami apa itu media monitoring dari rangkaian artikel kami sebelumnya, kini waktunya bagi kami mengedukasi Anda tentang tahap selanjutnya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Baca artikel media monitoring lainnya disini

Mungkin sebelumnya, setelah mengetahui apa itu media monitoring, muncul pertanyaan-pertanyaan lain di benak Anda: Seperti apa bentuk nyata dari media monitoring? Apa yang harus saya siapkan untuk mulai mengimplementasikan media monitoring? Apakah media monitoring akan benar-benar efektif untuk perusahaan saya? Adakah hal pendukung lain yang harus saya siapkan jika saya ingin menggunakan media monitoring?

Ya, sebelum Anda benar-benar memutuskan akan menggunakan media monitoring untuk bisnis Anda, ada hal-hal yang harus Anda pahami dan pertimbangkan. Poin-poin ini akan membantu Anda memastikan media monitoring ini menjadi efektif bagi bisnis Anda.

Kini variasi jasa media monitoring di Indonesia sudah banyak tersebar. Anda dapat memilih dengan bebas penyedia jasa media monitoring Indonesia yang Anda rasa paling tepat untuk Anda.

Namun, sebelum Anda memilih penyedia jasa yang tepat, berikut poin-poin lanjutan yang Anda perlukan untuk pahami terlebih dahulu. Memahami poin-poin dibawah ini dapat menentukan keefektifan optimalisasi media monitoring Anda dan panduan Anda untuk menyeleksi penyedia jasa.

1. Tanyakan kembali: Apakah tujuan Anda? Apakah Media Monitoring Dapat Menjawab Tujuan Anda?

Data apa yang Anda butuhkan dan bisa Anda dapatkan melalui media monitoring?

Apa tujuan yang Anda tetapkan?

Apakah tujuan itu bisa didapatkan melalui media monitoring?

Berikut adalah tujuan dan data yang dapat media monitoring berikan pada Anda:

Untuk melakukan market research

Data yang dibutuhkan: sentimen atas produk Anda, sentimen atas produk kompetitor, data market-gap (produk yang diinginkan konsumen tetapi belum ada), hingga tren yang sedang muncul di industri Anda saat ini

Untuk memantau campaign

Data yang dibutuhkan: sentimen atas brand & campaign Anda secara real-time, mendapatkan analisis berkala atas kinerja campaign dan posisi brand Anda

Untuk memantau brand positioning

Data yang dibutuhkan: sentimen atas brand Anda, sentimen atas brand kompetitor, engangement atas brand Anda, engangement atas brand kompetitor dari berbagai media sosial yang dapat dilihat secara berkala dan dianalisis posisinya dari waktu ke waktu

Untuk memilih influencer yang tepat

Data yang dibutuhkan: engangement influencer dari berbagai media sosial, sentiment atas influencer dari berbagai media sosial

Untuk manajemen isu dan krisis

Data yang dibutuhkan: laporan isu media sosial secara real-time, sentimen yang ada di media sosial secara real-time

Untuk evaluasi kinerja marketing online

Data yang dibutuhkan: engangement, traffic dari seluruh media sosial

Jika rangkaian diatas cocok dengan apa yang Anda fikir untuk butuhkan saat ini, mari kita berlanjut ke poin selanjutnya. Perusahaan Anda memang benar membutuhkan jasa media monitoring.

2. Pahami Alokasi Budget Anda

Pada dasarnya, begitu banyak variasi penyedia jasa media monitoring Indonesia yang tersedia. Yaitu yang free, yang berbayar dan yang premium. Masing-masingnya akan memberikan tingkat detail yang berbeda.

Tips agar Anda memahami trik alokasi budget untuk tools ini: sesuaikan dengan tujuan Anda. Saat Anda memilih opsi yang ada, jangan ragu untuk mencoba free trial dan bertanya sebanyak-banyaknya mengenai sumber data, cara mencari sumber data, hingga reportingnya. Pilih penyedia jasa media monitoring Indonesia yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Apakah Anda Memiliki Kebutuhan Pendukung?

Kebutuhan pendukung yang dimaksudkan adalah pekerjaan tambahan yang harus Anda lakukan karena adanya media monitoring di perusahaan Anda.

Penyedia jasa media monitoring, pada dasarnya, menjual produk software. Ya, software ini yang dapat membantu Anda memonitor media sosial dan online yang ada. Pertanyaan selanjutnya: Apakah Anda sebagai owner/marketing manager dapat mengelolanya sendiri?

Jika tidak, apakah Anda memiliki tim data analyst dalam perusahaan Anda?

Jika tidak, apakah Anda memiliki budget yang cukup untuk menghire data analyst?

Ya, itu pertanyaan yang harus Anda pastikan melalui poin ini. Tapi tenang saja, penyedia jasa media monitoring sudah memperhitungkan hal ini.

Banyak penyedia jasa media monitoring yang menyediakan layanan reporting juga, yang didalamnya sudah termasuk jasa analisis data. Anda dapat dengan mudah meminta data apa saja yang ingin bisnis Anda monitor.

4. Pahami Kompetisi Dari Penyedia Jasa Media Monitoring Indonesia yang Ada

Seperti yang telah kami katakana sebelumnya: Jangan ragu untuk lakukan free trial. Melalui free-trial, Anda akan dapat membandingkan kelebihan kompetisi dari penyedia jasa media monitoring yang ada.

Pilih penyedia jasa media monitoring Indonesia dengan reputasi yang positif. Tanya referensi sebanyak-banyaknya. Gali pula sebanyak-banyaknya mengenai existing clientnya, mengenai produk-produknya.

Memilih partner yang kompeten amat diperlukan untuk memastikan kegiatan media monitoring Anda berjalan lancar dengan waktu yang Anda inginkan.

5. Berapa Lama Anda Membutuhkan Jasa Tersebut?

Tiap tujuan pasti memerlukan waktu yang berbeda. Waktu akan mempengaruhi pengoptimalan pemilihan partner media monitoring Anda. Tiap penyedia jasa media monitoring Indonesia akan memiliki variasi kontrak berbeda. Pilih waktu kontrak yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengoptimilsasi manfaat dan budget Anda.

Setelah Anda dapat memahami, meyakini, dan bisa menjawab lima poin tersebut, maka Anda akan siap memulai pemilihan penyedia jasa yang tepat.

Sudah siapkah Anda terjun ke kursi terbaik untuk melihat pasar Anda?

“You can never go wrong by investing in communities and the human beings within them.” – Pam Moore. (@pammktgnut)
https://eclincher.com/blog/43-of-the-best-social-media-quotes/ 

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website