Mengoptimasi media sosial merupakan hal yang wajib Anda lakukan sebagai pelaku bisnis di era ini. Salah satunya dengan mengoptimasi Twitter. Instagram dapat unggul dengan jumlah audiencenya, sementara Facebook unggul dengan layanan ads managernya, tapi Twitter mempunyai keunggulan sendiri yang mungkin kebanyakan pelaku bisnis belum ketahui.

Sampai 2019, pengguna Twitter sendiri telah mencapai 500 juta orang. Menurut data dari Kominfo sendiri, pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang dari total 500 pengguna global.

Memiliki fitur yang mendorong penggunanya untuk menulis apapun, membuat Twitter menjadi media sosial dengan daya penyebaran informasi tercepat. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari Twitter. Dengan data dari 63 juta orang yang terkumpul secara real-time, Twitter dapat mengumpulkan informasi, isu, percakapan dan tren dari pengguna di seluruh dunia yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan bisnis Anda. Dengan mengoptimasi Twitter Anda, Anda bisa memasukkan brand Anda ke sebuah pusat pembicaraan tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

1. Dengarkan Mereka Lewat Twitter

Twitter membantu Anda mengemukakan opini Anda, dan tentunya membantu Anda mendengar apa yang 500 orang lainnya katakan. Inilah kelebihan Twitter yang tidak dimiliki media sosial lain. Twitter dapat menjadi tempat terkini dimana setiap orang dapat ikut serta berdiskusi tentang berita baru melalui hastag dan keyword. Twitter adalah komunitas.

Informasi, opini, kata kunci terkumpul dalam satu platform yang membuat Anda dapat mencari topik yang Anda cari. Dari mulai topik tentang tren terkini, topik tentang brand Anda, topik tentang brand kompetitor, hingga isu masyarakat yang bisa berdampak pada brand Anda.

Dengan mengetikkan kata kunci yang Anda cari, Anda dengan otomatis bisa memonitor tren hingga opini tentang brand Anda. Bahkan jika Anda ingin berinvestasi lebih, Anda dapat menggaet partner jasa media monitoring yang membantu kegiatan monitor media sosial Anda, termasuk Twitter.

2. Twitter Sebagai Pusat Engangement: Dekatkan Brand Anda Dengan Audience!

Tampilkan Persona Brand Anda

Saat Anda memutuskan menggunakan Twitter sebagai tools media sosial untuk brand Anda, Anda harus memastikan peran brand Anda dalam suatu komunitas Twitter. Ya, ingat lagi: Twitter adalah media sosial yang fokus pada pusat informasi dari seluruh pengguna di dunia, yang terbentuk dari opini dan pikiran sekelompok orang yang terbentuk menjadi komunitas.

Ini tipsnya: Hadir di Twitter dengan bahasa dan template kaku tidak akan membantu brand Anda dengan cepat.

Perhatikan dari hal detail pertama, yaitu bagaimana Anda menceritakan brand Anda lewat halaman profil. Perhatikan tiga hal penting: Foto profil, header, dan bio.

Buat audience dapat memahami apa itu brand Anda dan bagaimana brand Anda bermanfaat bagi mereka lewat satu halaman tersebut. Berilah mereka sedikit teaser tentang bagaimana laman akun brand Anda membantu mereka, lalu unggah konten yang secara konsisten menggambarkan pesona brand Anda.

Twitter adalah pusat informasi dan komunitas yang bergerak karena informasi, maka itu menjadi brand yang menyuguhkan informasi relevan dan memberikan manfaat akan membantu Anda menekan audience bergerak menuju halaman Anda.

Rencanakan Konten Harian Anda

Sejak algoritma twitter berubah pada Februari 2018, Dan Knowlton, Digital Marketing Influencer dari UK, menceritakan pengalamannya melalui blog https://www.socialmediaexaminer.com/twitter-marketing-creative-ways-connect-audience-dan-knowlton/. Di Februari 2018 ini, Twitter menetapkan algoritma baru dimana pengguna Twitter akan melihat kumpulan tweets yang terkait dengan ketertarikan/interest mereka. Karena hal ini, Dan menganalisis bahwa setiap tweet yang bersifat memasarkan produk tidak akan berhasil.

Daripada template kaku, audience Twitter akan lebih tergerak dengan tweet-tweet interaksi.

“You can’t like three tweets per week, retweet stuff, and add a brief comment now and then. Instead, you need to read, watch, or listen to a person’s content; understand who they are; and interact with them in a way that reflects this understanding. Genuine engagement takes time, but if you focus on the right people, it’s worthwhile.” – Dan Knowlton.

Namun, sesuaikan kembali perencanaan konten Anda dengan persona yang anda tampilkan. Apakah Anda akan memposisikan akun Twitter Anda sebagai pusat customer service, pusat berita, atau fokus meningkatkan engangement. Pastikan tweets Anda bermanfaat dan bisa diserap target pasar Anda dengan bahasa yang fleksibel dan nyaman dibaca setiap harinya.

Contoh Tweet bersifat Engangement

Contoh Tweets Bersifat Breaking News

Contoh Tweets Bersifat Customer Service

3. Tingkatkan Click-Rate Ke Platform Lain

Satu hal menakjubkan yang bisa Anda optimasi lewat Twitter adalah bagaimana Twitter dapat menjadi jalan masuk audience Anda untuk berjalan ke platform lainnya dari brand Anda. Sebagai pusat informasi, memaksimalkan link melalui Twitter dapat membentuk boost tambahan pada platform lainnya (blog, website, Instagram, whatsapp group).

Gunakan headline terbaik dan pastikan link yang Anda berikan memberikan manfaat bagi audience Anda. Menambahkan visual yang menarik juga adalah langkah tepat dalam mengoptimalkan Twitter Anda. Gambar adalah konten terbesar kedua yang menggerakan audience untuk membeli produk, menurut penelitian dari Geometry Global tahun 2017.

Itu dia tiga cara optimasi Twitter yang dapat membantu bisnis Anda lebih sukses. Siap mempraktekkannya dan membuat brand Anda terkenal di Twitter? Coba sekarang.

You will either step forward into growth or you will step back into safety” – Abraham Maslow.

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website