Social Media Listening Tools, begitu sebutannya. Social Media Listening Tools adalah sebuah tools untuk memonitor segala aktivitas yang ada di media sosial dan membantu Anda untuk kegiatan yang paling dasar dari sebuah bisnis, yaitu riset pasar.

Riset pasar adalah kegiatan untuk mengetahui karakteristik, volume, jenis pasar yang cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Kegiatan ini perlu Anda lakukan dalam membangun cikal bakal bisnis Anda.

Mengapa Perlu?

Pada ilmu pemasaran dan pengembangan bisnis, idealnya produk yang baik adalah hasil dari masalah yang ada di masyarakat. Produk yang dapat menjadi solusi dari masalah yang dimiliki masyarakat akan memunculkan bisnis yang dapat bertahan untuk jangka panjang.

Salah satu contohnya adalah Go-jek. Go-jek berasal dari ide mengenai betapa banyak orang yang membutuhkan opsi transportasi yang mudah dan praktis. Nadiem Makarim sebagai pendiri Go-jek menemukan fenomena ini di masyarakat dan meluncurkan ide ojek panggilan berbasis online yang dapat menjadi solusi bagi setiap orang.

Maka itu, meriset pasar sebelum produk Anda diluncurkan pada umumnya disarankan oleh para ahli bisnis. Mari kita berangkat dari hal-hal apa saja yang bisa Anda ketahui dari riset pasar:

Mengetahui apa yang dibutuhkan pasar Anda

Hal ini bisa didapat dari keluhan masyarakat, masalah yang ditemukan di beberapa industri, hingga ketertarikan pasar.

Mengetahui karakteristik pasar Anda

Telaah karakteristik pasar yang berpotensi membutuhkan produk Anda dapat memandu Anda dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Mengetahui siapa dan bagaimana posisi produk Anda dibanding kompetitor sejenis

Anda perlu mengetahui posisi Anda di pasar tersebut untuk mengetahui diferensiasi yang perlu Anda munculkan.

Lalu bagaimana Social Media Listening Tools Membantu Riset Pasar Anda?

Social Media Listening Tools dapat membantu Anda melaksanakan 4 poin dari riset pasar tadi. Mengacu pada fungsi dasar Social Media Listening Tools, lewat tools ini Anda dapat “menguping” semua yang terunggah di media sosial.

Menjelajah “Masuk” Ke Dalam Pikiran Pasar Anda

Di media sosial, menuliskan pikiran, bahkan keinginan adalah hal yang sudah lumrah. Social Media Listening Tools dapat mengakses reaksi pasar atas suatu produk melalui keyword dan hashtag.

Contoh, jika Anda ingin memproduksi produk tas. Dengan Social Media Listening Tools, Anda dapat mencari keyword “puas dengan tas”, “tas bagus”, “tas berkualitas” dan keyword lainnya yang memungkinkan untuk dibicarakan di masyarakat.

Dari hasil pencarian tersebut, Anda dapat menganalisis, model tas seperti apa yang sedang disukai sekarang ini? Anda juga bisa menyempitkan pencarian dengan target yang lebih spesifik (“tas wanita”, “tas wanita ke kantor”, “tas wanita untuk kerja”) sesuai dengan pasar yang Anda tuju.

Anda juga dapat menelaah celah dari komplain-komplain yang hadir di media sosial. Anda bisa mengetikkan nama produk sebagai keyword dan menelaah produk apa yang dicari, produk apa yang disukai, produk yang sudah ada dan mengakibatkan kepuasan dari konsumen, hingga produk yang tidak ada peminatnya.

Dari data yang dapat ditampilkan Social Media Analytics Tools tersebut, Anda dapat menciptakan produk yang belum ada, yang mungkin menjadi solusi dari keinginan pasar, dan menghindari memproduksi produk yang tidak disukai pasar.

Menganalisis Karakter Dari Pasar Anda

Lewat Social Media Listening Tools, Anda dapat memahami karakter pasar Anda dari apa yang mereka tulis, opini yang mereka katakan, hingga keluhan yang mereka suarakan di media sosial.

Anda dapat menganalisis bagaimana konsumen Anda yang mempunyai ketertarikan pada produk yang sama berinteraksi. Anda bisa melihat apa yang mempengaruhi mereka dalam pemutusan pembelian. Contohnya, apakah harga, model produk, promosi, atau kegunaan.

Selain itu Anda dapat melihat kecenderungan karakteristik pasar. Didominasi umur berapakah pasar Anda, jenis pekerjaannya apa, demografisnya seperti apa, hingga berlokasi dimana saja. Hal ini dapat membantu Anda dalam merencakan kegiatan pemasaran nantinya.

Proyeksi Posisi Anda dan Kompetitor

Social Media Listening Tools juga dapat menjadi kekuatan Anda untuk mengetahui siapa kompetitor utama Anda dan dimana posisi Anda dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, tools ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi seara detail dari kekuatan keyword dan media sosial yang terhubung begitu erat. Bagaimana respon pasar terhadap produk kompetitor, komplain seperti apa yang diberikan, dan bagaimana kompetitor merespon hal-hal tersebut.

Anda dapat mencari celah dan mengaplikasikannya di finalisasi produk Anda.

Tiga hal tersebut merupakan sebagian besar yang menjadi fungsi utama dari Social Media Listening Tools yang dapat membantu Anda meriset pasar Anda. Tentunya, masih banyak yang bisa Anda gali dari tools tersebut saat Anda meriset pasar. Anda bisa meminta bantuan juga pada perusahaan lokal yang menawarkan jasa Social Media Listening Tools untuk bantuan analisa yang lebih akurat.

Seperti kutipan Dan Zarella, “Marketing without market research is like driving with your eyes closed”. Mulailah riset pasar Anda dan kuasai pasar Anda dengan Social Media Listening Tools untuk bisnis yang Anda impikan.

Baca juga:
Pentingnya Social Media Listening Tools Bagi Perusahaan

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website