Untuk Anda praktisi digital marketing, pernahkah Anda mendengar Social Media Analytics Tools?Jika belum, artikel ini dapat membantu Anda mendapat gambaran mengenai tools tersebut. Social Media Analytics Tools adalah salah satu digital marketing tools yang dapat membantu pekerjaan Anda untuk termonitor dengan baik.

Digital marketing, begitu mereka menyebutnya, adalah bidang pekerjaan yang jumlah praktisinya dengan cepat meningkat beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan karena pengaruh pergeseran sikap pembelian konsumen yang berpindah ke platform online. Hal ini dilihat sebagai suatu potensi pasar yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis.

Namun, perpindahan yang cepat ini tidak selalu baik, terutama di sisi penjual atau dalam hal ini pelaku bisnis. Tantangan dinamika pasar yang cepat mengharuskan improvisasi yang cepat pula. Termasuk dalam keahlian dan pemahaman digital marketing.

Meski penguasaan digital marketing mudah dikuasai, masih ada beberapa perusahaan yang belum paham betul bagaimana cara kerja digital marketing. Hal ini kembali lagi ke alasan mengapa bisnis online menggiurkan, yaitu: cepat. Pesan, iklan, promosi yang kita berikan dapat cepat sampai ke target pasar atau konsumen, akan menghasilkan penjualan yang cepat pula dibandingkan dengan toko offline.

Kecepatan ini juga menjadi tantangan bagi setiap pelaku digital marketing untuk efektifitas kegiatan marketing online mereka. Para pelaku digital marketing sering tergiur dengan potensi besar dari kecepatan tersebut, namun tak sedikitnya menemukan bahwa kegiatan marketing online mereka tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perusahaan.

Pesan, iklan, promosi yang dilakukan ternyata tidak menghasilkan nilai konversi pada perusahaan. Hal itu bisa disebabkan banyak hal, seperti jenis konten yang disukai, karakteristik pasar di media online, hingga pemilihan waktu yang kurang tepat.

Oleh karena itu, hadirlah Social Media Analytics Tools, sebuah tools yang dapat membantu praktisi digital marketing dalam menganalisis aktivitas di media sosial. Melalui tools ini, praktisi digital marketing dapat mengetahui kondisi yang ada di lapangan, atau dalam hal ini media online.

Rencanakan dan Monitor Kegiatan Marketing Online Anda

Social Media Analytics Tools dapat menyajikan berbagai macam jenis data, mulai dari karakteristik konsumen, topik atau konten yang disukai, hingga waktu-waktu yang efektif. Data ini akan membantu praktisi digital marketing untuk mengatur strategi setelah melihat kondisi pasar yang ada di media online. Mengetahui situasi lapangan dalam menentukan strategi itu penting, seperti kata Isnan Arif Suryono, praktisi digital marketing di artikel terbitannya di TechinAsia.

Data yang dihasilkan dapat dievaluasi di kemudian hari melalui Social Media Analytics Tools. Praktisi digital marketing yang memahami betul tools ini dapat dibilang memiliki garis “start” yang baik. Selain mengevaluasi kinerja dari kegiatan marketing online yang dilakukan, lewat tools ini Anda dapat menemukan topik yang sedang hangat di masyarakat.

Praktisi digital marketing yang memahami dengan baik hal ini dapat mencari topik-topik atau konten-konten yang sedang disukai oleh pasar, dan mencari relevansi dalam topik itu untuk menjual produknya.  Dengan itu, perusahaan dapat melangkah satu langkah lebih cepat dibanding kompetitor yang kurang paham mengenai tools ini.

Antara Produk Lokal dan Luar, Mana yang Lebih Direkomendasikan?

Banyak digital marketers bertanya, Social Media Analytics Tools seperti apa yang harus dipilih? Tentunya, sekarang sudah banyak Social Media Analytics Tools berbasis internasional yang dapat Anda gunakan secara gratis ataupun berbayar di Google.

Namun, ada opsi lain untuk Anda yang menginginkan hasil optimal. Kini Social Media Analytics Tools sudah ditawarkan perusahaan-perusahaan teknologi di Indonesia. Tools buatan lokal dapat membantu Anda mendapatkan analisa yang lebih spesifik.

Dengan produk lokal, sistem akan lebih familiar dengan kata-kata yang sering diucapkan orang Indonesia. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal pasar yang Anda hadapi. Pun hal ini akan membantu Anda untuk menjadi unggulan di industri Anda.

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website