Ada kabar baik untuk para praktisi bisnis yang mengkhawatirkan posisi Brand Awareness produknya. Dengan berkembangnya teknologi informasi, jasa Social Media Monitoring di Indonesia hadir untuk membantu evaluasi Brand Awareness Anda.

Evaluasi Brand Awareness adalah salah satu hal yang harus Anda ingat dalam perjalanan bisnis Anda. Dengan pengelolaan Brand Awareness yang baik, merek (brand) dapat diingat dengan otomatis di benak konsumen Anda saat sedang mempertimbangkan kebutuhan mereka. Kondisi ini disebut dengan Top of Mind Awareness (TOMA).

Dilansir dari jokosusilo.com, pencapaian top of mind sebuah brand produk berkaitan dengan kemampuan membangun hubungan yang kuat dengan konsumen. Aqua, Oreo, Sanyo, Indomie adalah beberapa brand Indonesia yang sudah memiliki top of mind yang kuat pada versi saveasbrand.com.

Hubungan kuat seperti apa yang dimaksudkan?

Mari posisikan diri Anda sebagai konsumen. Saat Anda mencari sebuah produk yang Anda butuhkan, Anda bisa saja datang ke toko dan mencari informasi mengenai produk tersebut sebelum bisa membelinya.

Namun, mana yang Anda lebih suka? Mencari informasi sendiri, mendatangi toko dan memilih-milih sebelum membeli, atau produk tersebut tiba-tiba dihadirkan di depan Anda, dan tanpa disangka produk tersebut sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Bukan hanya secara umum, namun secara detail. Dari rasa, bentuk, suhu, hingga harga. Mana yang lebih berkesan untuk Anda? Apakah Anda akan lebih ingat dengan jenis penjualan produk yang kedua?

Setelah Anda membelinya, Anda kembali diundang untuk kemudahan transaksi, promo harga, dan sebagainya. Hal itu membuat Anda terus teringat pada produk tersebut.

Begitulah analoginya. Hubungan yang kuat adalah saat apa yang diharapkan konsumen tepat dengan yang Anda berikan, yang terjadi secara berulang-ulang, sehingga pada akhirnya brand awareness konsumen tercipta dan konsumen berhasil menaruh produk Anda sebagai top of mind di benak mereka.

Seberapa besar Anda mengetahui kebutuhan konsumen Anda?

Dari analogi sebelumnya, kita dapat mengetahui bahwa mengenal konsumen Anda dengan baik adalah langkah awal untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan konsumen. Jika Anda memposisikan diri lagi sebagai pelaku bisnis atau penjual, kini tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar mengetahui apa yang konsumen Anda butuhkan? Apakah Anda tahu ekspekstasi harga yang benar-benar tepat bagi konsumen Anda? Apakah Anda tahu rasa, kemudahan, kepraktisan apa yang konsumen Anda harapkan dari produk Anda?

Jika terasa sulit, coba lakukan analisa pada kompetitor Anda. Bagaimana hubungan kompetitor Anda dengan konsumen mereka? Apakah kompetitor Anda mengetahui lebih tentang konsumen Anda lebih dari yang Anda ketahui? Hal-hal inilah yang dapat Anda ketahui melalui social media monitoring.

Mengapa Social Media Monitoring?

Tidak seperti zaman dahulu dimana cara-cara konvensional marketing lah yang dilakukan, yang tentunya tidak memakan waktu instan, zaman sekarang sudah banyak tools yang dapat membantu para pelaku bisnis bisa mengetahui karakteristik konsumennya. Salah satu yang termudah adalah media yang Anda gunakan setiap harinya, yaitu media sosial.

Menurut data riset WeareSocial dan Hootsuite, setiap harinya rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu selama 8,3 jam sehari di internet dan menghabiskan waktu menggunakan media sosial melalui perangkat apa pun: 3,26 jam. Kebiasaan ini membuat karakteristik konsumen dapat mudah diteliti oleh aktivitasnya di media sosial. Hal ini juga yang dapat menguntungkan pelaku bisnis dalam merekam karakteristik konsumen.

Karakteristik konsumen tersebut dapat direkam dengan mudah melalui jasa baru yang disebut social media monitoring, yaitu metode analisa yang dapat menganalisis respon yang terbentuk di media sosial. Jasa social media monitoring di Indonesia sebenarnya sudah tidak asing, sudah banyak perusahaan yang menawarkan jasa ini untuk membantu Anda menganalisis karakteristik pasar Anda.

Perusahaan yang menawarkan jasa ini memiliki kemampuan untuk menganalisis sentimen positif atau negatif yang dianalisa melalui mesin pembaca big data. Selain itu, social media monitoring yang ada di Indonesia juga bukan hanya bisa menganalisis karakteristik pasar Anda, namun juga aktivitas kompetitor hingga share of voices brand Anda, atau seberapa banyak konsumen yang membicarakan brand Anda.

Kini, perkembangan jasa social media monitoring di Indonesia sudah cukup berkembang pesat. Anda dapat mencari informasi mengenai perusahaan-perusahaan yang memberikan jasa social media monitoring di Indonesia dengan mudah. Jasa social media monitoring sebagai tools analisis merupakan cara efektif yang dapat Anda pilih sebagai permulaan untuk mengevaluasi brand awareness Anda.

About the author

Alika Mahroza Alya
SEO Content Writer & Marketing Associate at | alika.mahroza@nolimit.id | Website