Seiring dengan perkembangan tren cashless society, perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Digital Payment kini semakin gencar dalam mempromosikan produk mereka. Sebut saja seperti OVO, Go-Pay, LinkAja, DANA dan juga Doku, kini terus-menerus mempromosikan layanan dan juga produk yang mereka miliki.

Promo menjadi salah satu faktor cepatnya perkembangan Digital Payment di Indonesia. NoLimit, melalui laporan analisisnya mengemukakan bahwa jumlah pembicaraan terkait Brand dan produk Digital Payment, khususnya di media sosial, selalu meningkat dari setiap bulannya, di mana faktor terbesarnya adalah karena program promo yang ditawarkan.

Dilansir dari laporan NoLimit Indsight, pembicaraan terkait Digital Payment di bulan Juli meningkat 9,07% dengan jumlah 243.484 pembicaraan. Jumlah pembicaranya pun turut meningkat yaitu 19,34%, dengan 101.896 jumlah pembicara di media sosial.

Hal ini pun diikuti dengan semakin baiknya nilai sentimen yang dibicarakan ke pada industri Digital Payment, di mana nilai sentimen di bulan Juni adalah -4,45% berubah menjadi +31,64% di bulan Juli.

Apabila dilihat secara lebih mendalam, tren pembicaraan terkait Digital Payment di bulan Juli ini didominasi oleh pembicaraan terkait saldo pada produk dari masing-masing Brand. Dari 5 isu yang paling banyak dibicarakan terkait saldo, 4 diantaranya adalah isu dengan sentimen negatif.

Dua isu negatif pertama adalah kendala ketika melakukan top up saldo dan saldo yang tetap terpotong ketika gagal transaksi. Sedangkan isu yang ketiga memiliki sentimen positif, di mana pembicaraannya terkait Cashback yang didapatkan pengguna ketika melakukan top up saldo. Lalu, dua isu negatif terakhir adalah keluhan terkait prosedur refund yang lama dan OVO Points yang sering hilang secara tiba-tiba.

Laporan analisis yang didapatkan dari alat Social Media Monitoring ini pun menunjukan bahwa berdasarkan tren pembicaraan di media sosial, Merchant yang paling sering dibicarakan terkait Digital Payment ini adalah Merchant di sektor Internet dan Telekomunikasi. Pembicaraan terkait penggunaan produk Digital Payment di sektor Internet dan Telekomunikasi mendominasi dengan persentase 64%, diikuti oleh Ecommerce 15%, Transportasi 11%, dan Makanan dan Minuman 6% Tiga isu yang paling banyak dibicarakan terkait Merchant Internet dan Telekomunikasi datang dari provider XL dengan kendala membeli pulsa melalui OVO, Telkomsel dengan kendala membeli pulsa melalui LinkAja dan Indihome dengan kemudahan pembayaran melalui LinkAja.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"