Hanya sedikit perusahaan yang memahami bahwa sosial media listening tools itu sangat penting. Bukan hanya untuk menganalisis sentimen positif ataupun negatif tetapi juga untuk mengetahui tren terbaru, unggahan terbaru dari selebritis hingga mendapatkan ide-ide dari konten yang sedang viral di media sosial.

Beberapa profesional dalam dunia digital marketing bahkan menggunakan social media listening tool untuk menunjang pekerjaan mereka. Salah satunya adalah untuk mengawasi dan memonitor platform media sosial yang mereka gunakan selama 24 jam dalam tujuh hari non stop.

Jadi, perusahaan besar yang memiliki perhatian khusus terhadap nama brandnya, sangat membutuhkan alat ini untuk menjaga reputasinya di media sosial. Sekali buruk di media sosial, audiens mungkin akan cepat lupa tapi tetap saja meninggalkan cela.

Apa Itu Social Media Listening Tools?

Singkatnya, social media listening tools sebenarnya membantu perusahaan dalam mengawasi brandnya di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. 

Harapannya agar perusahaan bisa lebih responsif dalam menanggapi apresiasi atau bahkan keluhan yang diungkapkan oleh konsumen di media sosial. Dengan begitu, perusahaan bisa lebih mudah mengawasi apa sebenarnya percakapan yang terjadi di antara audiens tentang brand mereka.

Social media listening tools bisa memonitor beberapa hal di dalam media sosial seperti topik yang sedang tren, kata kunci yang banyak digunakan, strategi kompetitif yang disertai dengan data-data yang mendalam.

Ada dua hal yang perlu disadari tentang manfaat social media listening tools. Pertama, fungsinya sebagai pengawas media sosial agar tetap bisa memonitor saat brand dibincangkan serta isi perbincangan warganet di dunia maya, terlepas apakah mereka konsumen atau bukan.

Kedua, social media listening tool juga berfungsi sebagai alat yang menganalisa percakapan tersebut apakah lebi banyak sentimen negatif, positif atau justru netral. Dengan demikian, perusahaan bisa menanggapi dengan langkah yang tepat saat terjadi krisis.

Poin penting lainnya bahwa alat ini bisa membantu meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Waktu respon yang paling cepat adalah hal yang saat ini dibutuhkan oleh konsumen.

Perusahaan juga harus paham bahwa ada beberapa social media listening tools terbaik baik itu produk dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu kelebihan produk dalam negeri adalah memahami adat dan budaya setempat sehingga bisa menghindari salah tafsir dan salah menganalisa topik yang sedang dibahas oleh audiens. 

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"