Sebuah perusahaan salah dalam menafsirkan unggahan seorang pengguna jasanya di sosial media. Terlebih muncul kebijakan yang justru menjadi bumerang bagi perusahaan. Andai saja perusahaan tersebut menggunakan social media analytics tools, tentu mereka akan mampu menentukan apa yang harus dilakukan dalam menanggapi sentimen yang terbentuk di media sosial.

Lalu apa sebenarnya yang bisa dilakukan social media analytics tools dan apa manfaatnya bagi sebuah perusahaan? Mari kita bahas dalam poin-poin berikut ini:

Membantu Menelusuri Performa Sebuah Kampanye

Social media analytics tools diperlukan sebuah perusahaan konvensional maupun perusahaan teknologi digital dalam mensukseskan sebuah kampanye di media sosial yang dijalankan.

Fungsi social media analytics tool membantu perusahaan untuk menelusuri dan menentukan performa kampanye digital marketing di media sosial.

Secara sederhana, social media analytics tools akan membantu perusahaan mengidentifikasi apakah kampanye media sosial bisa menghasilkan impresi yang positif terhadap produk atau kampanye yang sedang dijalankan di media sosial atau malah sebaliknya.

Membantu Divisi Marketing

Selain itu, social media analytics tool juga membantu divisi lain seperti divisi sales atau penjualan dan customer service atau layanan pelanggan.

Dalam menjalankan kampanye di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan twitter, perusahaan bisa mengetahui apakah ada kampanye yang bisa menghasilkan penjualan atau tidak.

Selain itu, penelusuran juga bisa diketahui ke mana saja alur audience berjalan dari media sosial. Apakah ke halaman penjualan, pendaftaran atau ke halaman promo sehingga bisa dianalisis secara efektif mana yang paling baik sesuai dengan target atau tujuan yang ingin dicapai.

Membantu Menganalisis Sentimen Audience

Inilah yang menentukan apakah nama sebuah perusahaan akan terbangun dengan baik atau malah sebaliknya. Perusahaan bisa mendapatkan insight tentang komplain ataupun ulasan yang dilakukan oleh audiens di media sosial.

Social media analytics tool akan memberikan gambaran sentimen yang terjadi di media sosial sehingga perusahaan bisa menentukan respon yang tepat.

Bagi perusahaan tentu akan sangat sulit dalam menganalisis bahasa yang muncul dari audiens di media sosial. Sehingga alat ini akan membantu perusahaan menganalisis bahasa-bahasa yang muncul, polanya, bahkan trafficnya sehingga perusahaan bisa menentukan langkah yang tepat.


About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"