Kasus cyber bullying yang terjadi di media sosial kini semakin merajalela. Hampir di seluruh jenis media sosial, komentar-komentar yang mengintimidasi akan selalu kita temukan, terlebih lagi pada postingan yang dibuat oleh para selebritis atau influencer.

Tirto sempat merangkum salah satu kasus bully, khususnya di media sosial, yang terjadi pada anak dari artis dan presenter Ussy Sulistiawaty. Anak dari Ussy ternyata pernah mendapatkan perilaku bullying di media sosial karena bentuk tubuhnya (body shaming), dan juga perihal busana yang ia gunakan, di mana beberapa masyarakat menganggapnya tidak cocok untuk digunakan di usianya.

Merespon semakin maraknya kasus bullying di media sosial, dan juga banyaknya asupan report yang dikirimkan masyarakat, Instagram mulai merespon untuk meminimalisir kasus ini.

Filter Komentar

Pada tangga; 1 Mei 2018 lalu, Instagram secara resmi memperkenalkan fitur filter komentar. Menurut Kevin Systrom, CEO dari Instagram, fitur ini memang sengaja dimunculkan sebagai aksi dalam melindungi penggunanya dari komentar yang bersifat bully atau intimidasi.

3 Fitur Instagram Mencegah Cyber Bullying yang Harus Kamu Ketahui
Source: Instagram

Pada fitur komentar ini, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

  • Kita bisa memfilter siapa saja yang bisa berkomentar di dalam post yang kita buat.
  • Kita bisa mem-block siapa saja yang tidak bisa berkomentar di dalam post yang kita buat.
  • Fitur Hide Offensive Comments akan menyembunyikan setiap komentar yang terindikasi sebagai komentar intimidasi. Data ini akan selalu di-update dengan laporan masyarakat terkait kata-kata yang terindikasi sebagai bully (Melalui fitur Report)
  • Fitur Manual Filter memperbolehkan pengguna untuk melarang beberapa jenis kata untuk di munculkan di kolom komentar.

New Automated Warning

Baru-baru ini, sekitar tanggal 8 Juli 2019, Instagram kembali menunjukan konsistensinya untuk melawan Online Bullying. Adam Mossering, Head of Instagram, melalui blog Instagram-Press memaparkan bahwa akan ada satu fitur Instagram terbaru yang bisa membantu menurunkan jumlah Online Bullying di dunia digital.

3 Fitur Instagram Mencegah Cyber Bullying yang Harus Kamu Ketahui
Source: Instagram

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, Instagram kini akan memberikan notifikasi atau peringatan secara langsung ketika pengguna akan memberikan komentar yang dinilai mengintimidasi. Masih seperti penjelasan di poin sebelumnya, mesin dari Instagram ini membaca sebuah kata menjadi kata yang ofensif berdasarkan hasil Report yang dikirimkan oleh pengguna.

Mengambil contoh di atas, ketika kita sudah berhasil berkomentar dengan kalimat yang mengintimidasi, pihak Instagram akan memastikan sekali lagi apakah pengguna yakin untuk berkomentar dengan kalimat tersebut.

“Intervensi ini memberikan pengguna kesempatan untuk merefleksikan dan membatalkan komentar mereka, dan mencegah pembuat konten menerima komentar yang bersifat bullying. Dari pengujian awal fitur ini, kami telah menemukan bahwa hal ini mendorong beberapa orang untuk membatalkan komentar mereka dan membagikan sesuatu yang tidak begitu mengintimidasi begitu mereka memiliki kesempatan untuk berefleksi.”

Instagram

Restricted Mode

Selain kedua hal tersebut, Intagram pun kini sedang mencoba fitur terbaru lainnya yang disebut Restricted Mode. Menurut pihak Instagram, mereka menerima banyak masukan dari komunitas di mana korban dari pihak bullying terkada tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka tidak bisa melaporkan intimidasi tersebut karena beberapa dari mereka takut akan konsekuensi di dunia nyata.

Menurut laporan yang dimiliki Instagram, beberapa komentar bullying bahkan datang dari orang-orang terdekat, di mana apabila korban melakukan aksi perlawanan bisa berdampak buruk pada pergaulan si korban di dunia nyata.

3 Fitur Instagram Mencegah Cyber Bullying yang Harus Kamu Ketahui
Source: Instagram

Fitur Restricted Mode ini memberikan keleluasaan ke pada pengguna untuk mem-block komentar dari User tertentu. Berkaca dengan keluhan yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur ini tidak akan memberikan notifikasi ke pada yang memberikan komentar. Pemberi komentar masih bisa melihat isi komentar tersebut, tetapi pengguna secara otomatis tidak akan melihat isi komentar dari orang tersebut.

Ketiga hal tersebut merupakan upaya nyata yang kini sedang diupayakan oleh pihak Instagram, khususnya untuk memerangi maraknya kasus Cyber Bullying / Online Bullying. Dengan begitu, harapannya adalah dunia digital ini bisa digunakan dengan lebih baik, dan juga lebih sehat dari maraknya komentar yang bersifat intimidasi.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"