Media Monitoring merupakan topik yang sedang ramai dibicarakan saat ini. Di dua artikel sebelumnya kami juga sudah membahas tentang Media Monitoring seperti fungsi dan manfaat untuk kebutuhan bisnis hingga individual. Pada kesempatan ini kami akan kembali membahas, di mana fokus kali akan akan lebih ke meningkatkan bisnis dengan metode media monitoring.

Manusia mengenal media sebagai alat komunikasi yang memiliki berbagai bentuk. Media yang sudah akrab dengan kehidupan kita sehari-hari adalah koran, majalah, poster dan spanduk dalam bentuk cetak. Sementara dalam bentuk siaran ada televisi dan radio. Kemudian seiring perkembangan zaman, kini kita mengenal istilah media online dan media sosial di mana alat komunikasi termodifikasi menjadi berbasis internet.

Di luar fungsi utamanya sebagai alat komunikasi dan berbagi informasi, media juga memegang peran penting dalam dunia bisnis. Pada dasarnya, kegiatan bisnis adalah sebuah jaringan komunikasi antara penjual dengan pembeli, pembeli dengan pembeli lainnya, serta penjual dengan sesama penjual lainnya. Keberadaan media di tengah kegiatan bisnis memudahkan interaksi antar pelaku di dalamnya. Para penjual dan pembeli bisa dengan mudah berkomunikasi baik secara langsung maupun tak langsung.

Berarti, media juga bisa menjadi jalan untuk meningkatkan performa bisnis Anda. Semakin mudah interaksi yang terjadi antar penjual dan pembeli, maka semakin baik pula keberlangsungan bisnis Anda. Bagaimana agar peningkatan ini bisa terwujud? Anda perlu mengenal lebih jauh soal media monitoring.

Secara singkat, media monitoring dapat diartikan sebagai kegiatan memantau aktivitas masyarakat dan para pengguna media sosial. Berikut adalah empat langkah jitu meningkatkan performa bisnis Anda dengan melakukan media monitoring:

Memantau reputasi bisnis Anda

Ambil contoh kini Anda sedang menjalankan bisnis kue kering. Tentu Anda bukanlah satu-satunya penjual kue kering di Indonesia. Mengikuti perkembangan zaman, semua pedagang kue kering ini tidak mungkin lagi mengandalkan promosi via koran, majalah atau siaran radio. Semuanya bergerak ke ranah internet dan media sosial, termasuk Anda.

Artinya di platform-platform media sosial yang ada, Anda akan bersaing dengan penjual kue kering lainnya. Lalu bagaimana cara Anda mengetahui reputasi dagangan Anda di antara banyaknya penjual kue kering sejenis? Media monitoring jawabannya.

Media monitoring dilakukan secara spesifik terhadap data-data yang ingin Anda ketahui. Apalagi monitoring terhadap aktivitas di internet dan media sosial bisa mengandalkan kata kunci, tagar, tag dan mention. Dari pengamatan ini Anda bisa tahu seberapa sering merek dagang kue kering Anda disebut oleh pengguna media sosial ketimbang merek lain. Anda juga bisa melacak komentar dan testimoni orang-orang terhadap produk Anda. Lebih serunya lagi Anda pun bisa melacak reputasi dan respon terhadap merek kue kering lain, sehingga Anda tahu kondisi kompetitor.

Menggaet target menjadi konsumen

Jika Anda menjalankan bisnis kue kering, tentu target Anda adalah orang-orang yang ingin membeli kue. Sementara itu dari 100 juta lebih pengguna media sosial, orang-orang yang ingin membeli kue tersebar secara acak. Bagaimana caranya agar Anda mudah menemui satu per satu pengguna media sosial yang sedang mencari info soal kue kering?

Melakukan media monitoring juga bisa membuat Anda mudah menemukan target. Anda perlu masuk ke kata kunci yang berkaitan seperti “kue kering”, “kue Lebaran”, “nastar” dan lain-lain. Pantauan media monitoring akan menyajikan semua percakapan pengguna media sosial yang melibatkan kata kunci seputar kue kering. Pekerjaan Anda jadi lebih mudah, tinggal ikut nimbrung di salah satu percakapan dan menawarkan dagangan Anda. Atau, bergabung dalam deretan kata kunci tersebut lewat unggahan dari akun media sosial bisnis Anda.

Aktivitas pemantauan ini dilakukan dengan bantuan media monitoring tools. Ada banyak perusahaan penyedia jasa media monitoring tools yang bisa Anda pilih di Indonesia. Salah satunya adalah NoLimit Indonesia, perusahaan teknologi ini memiliki produk NoLimit Care dan NoLimit Dashboard yang akan membantu memantau aktivitas bisnis Anda di internet serta media sosial. NoLimit menyajikan hasil yang bersifat real time, jadi Anda akan selalu mendapat update terbaru yang lengkap dan akurat.

Memahami konsumen dengan lebih baik

Setelah berhasil mengelompokkan konsumen dari ratusan juta pengguna internet, tentu jadi lebih mudah bagi Anda untuk memahami mereka. Anda bisa mempersempit area pantauan sehingga lebih fokus pada target dan konsumen. Memantau respon mereka terhadap produk dan memahami keinginan mereka seputar kualitas kue.

Misalnya ada komentar soal komposisi selai nanas dalam nastar yang terlalu sedikit, atau adonan sagu keju yang terlalu manis. Beberapa komentar dan masukan ini sangat penting bagi Anda. Bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas dan menyusun strategi bisnis yang baru.

Mencari brand ambassador

Tak kalah penting dari melakukan media monitoring adalah untuk menemukan partner iklan yang cocok dengan brand Anda. Kini peran influencer dan selebriti media sosial sangat besar untuk menunjang aktivitas periklanan di internet. Mereka memberi pengaruh dan punya tempat penting di tengah masyarakat. Barang apa yang mereka iklankan, direview dan digunakan seperti menjadi acuan bagi penggemarnya untuk mengikuti.

Media monitoring akan membantu menemukan tokoh yang tepat untuk mempromosikan kue kering. Tidak mungkin Anda memilih atlet atau politisi. Anda mungkin bisa mempertimbangkan para pegiat kuliner, chef atau selebiriti wanita yang suka membagikan unggahan tentang makanan.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"