Baru-baru ini, media jurnalisme data Tirto, ramai dibicarakan di media sosial. Buktinya adalah dengan adanya Hashtag yang muncul di permukaan Trending Topic, yaitu #TirtoButuhDuit. Lalu ada masalah apa Tirto hingga bisa dipojokan dengan Hashtag tersebut.

Seperti biasa, setiap diadakannya debat Pilpres, Tirto tak pernah absen untuk melakukan cek dan ricek data dengan Live Tweet yang mereka lakukan di media sosial Twitter. Tim media sosial Tirto akan merespon dan mengecek setiap data yang dilontarkan oleh masing-masing paslon di debat Pilpres tersebut.

Seperti yang kita ketahui, media sosial Twitter sendiri kini menjadi medan tempur para pendukung masing-masing paslon Pilpres 2019. Tentu saja, satu hal kecil yang menyinggung salah satu paslon harus siap dengan konsekuensinya, yaitu penyerangan secara digital di mana ujungnya akan membuahkan Trending Topic dengan Hashtag yang memojokan salah satu pihak. Sebut saja seperti kasus CEO Bukalapak yang menyinggung salah satu paslon, dan akhirnya membuahkan Trending Topic #UninstallBukalapak. Hal ini pun pernah terjadi ke beberapa perusahaan teknologi lainnya, seperti #UninstallGojek dan #UninstallTraveloka.

Hal serupa pun terjadi pada Tirto, di mana salah satu Meme yang dibuat oleh Tirto menyinggung salah satu kontestan debat Cawapres pada 17 Maret 2019 lalu. Isu meme Tirto ini terjadi ketika admin Tirto memotong kalimat yang diserukan Cawapres 01 dan membuat kekeliruan makna ke pada warganet di media sosial.

Lalu bagaimana respon dan persepsi warganet terhadap isu tersebut?

Pemantauan Kasus Tirto di Media Sosial

Dengan menggunakan NoLimit Dashboard, salah satu produk Social Media Monitoring dari NoLimit, kami turut memantau bagaimana perkembangan isu meme Tirto ini di media sosial. Kami mencoba memantau Hashtag #TirtoButuhDuit dan Keyword Tirto di media sosial Twitter, dari 17 – 18 Maret 2019.

Hasilnya, kami menemukan ada 347 Tweet yang tersebar dengan menggunakan Hashtag #TirtoButuhDuit dan 3.927 Tweet yang menggunakan kata kunci ‘Tirto’.

Di dalam sebuah isu, akan selalu ada Top Talker atau akun yang paling banyak membicarakan isu tersebut di media sosial. Akun dengan username @Neng_Geulis_ merupakan Top Talker dari isu ini di mana dirinya membuat Tweet sebanyak 19 kali. Diikuti oleh akun @cymxio dengan 18 Tweet dan @digembokASLI dengan 17 Tweet. Berikut salah satu contoh Tweet yang dibuat oleh Top Talker dari isu ini.

Tidak hanya sampai situ, akun-akun besar lainnya pun turut membahas isu yang menimpa Tirto ini, baik itu dari portal berita online ataupun Influencer-influencer di media sosial Twitter. Beberapa portal berita yang turut memberitakan isu ini adalah @VIVAcoid, @liputan6dotcom dan @okezonenews. Berikut salah satu contoh Tweet yang dibuat.

Lalu beberapa Influencers yang turut membahas isu ini adalah Fadjroel Rachman yang merupakan Preskom dari PT. ADHI KARYA Tbk, Indra J Piliang yang merupakan politisi dari Golkar dan Gofar Hilman yang merupakan penyiar radio dan Youtuber. Berikut beberapa Tweet yang mereka buat.

Berbicara mengenai Trending Topic, tentu saja hal ini bisa terjadi karena adanya Tweet dengan konten yang viral dan memiliki Retweet dan Favorite yang sangat besar. Di sini, kami pun menemukan 3 Top Talk atau konten yang memiliki Engagement tertinggi dengan konten yang juga membicarakan tentang Tirto.

Cara termudah untuk melihat persepsi masyarakat terhadap isu yang sedang sedang ramai saat ini adalah dengan melihat persepsi dari konten Top Talk di isu tersebut. Melihat hasil pemantauan di atas, 2 dari 3 konten dengan Engagement tertinggi terkait isu yang menimpa Tirto ini memiliki persepsi yang positif, yaitu dengan konten pujian terhadap Tirto dan konten pembelaan atas tudingan isu yang menimpa Tirto. Sedangkan satu konten lainnya memiliki persepsi yang negatif, yaitu dengan wujud kekecewaan atas pemotongan kalimat yang dibuat oleh tim konten Tirto.

Di samping itu semua, dalam menanggapi isu meme Tirto, pihak Tirto sendiri sudah mengakui kesalahan yang mereka perbuat, bahkan tim konten dari Tirto membuat satu artikel khusus yang didedikasikan untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf ke pada seluruh pihak yang tersinggung. Berikut Tweet yang dilampirkan oleh Tirto.

Menganalisis isu di media sosial memang terlihat mudah, seperti contohnya hanya dengan melihat persepsi yang ada pada kalimat di kolom Trending Topic. Padahal, ada banyak hal yang bisa kita lihat lebih dalam dengan mencari tahu secara pasti bagaimana persepsi warga net kepada salah satu pihak yang terkena isu tersebut. Sulit untuk dilakukan? Tentu saja! Oleh karena itu, NoLimit, Social Media Monitoring Indonesia, hadir untuk membantu teman-teman semua dalam memantau dan menganalisis apapun itu yang ada di media sosial, sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"