Nurhadi dan Aldo – Siapa yang tidak kenal kedua tokoh fenomenal ini? Ketika kita sibuk mencari pro dan kontra dari masing-masing pasangan capres dan cawapres, Nurhadi dan Aldo, yang juga dikenal dengan nama pasangan Dildo ini, hadir untuk menyegarkan suasana politik kita.

Dengan campaign #McQueenYaQueen, pasangan Dildo ini hadir sebagai calon presiden dan wakil presiden dengan nomor urut 10. Koalisi pendukungnya pun cukup kuat dan fenomenal. Koalisi ini dikenal dengan istilah Tronjal-Tronjol Maha Asyik.

Dengan segala konten politiknya yang menghibur, pasangan Dildo ini cukup mewarnai pergantian tahun menjadi lebih ceria. Adu argumen antara paslon pun sempat teredam dengan viralnya visi dan misi yang diajukan oleh paslon fiktif ini.

Di balik itu semua, sebenarnya siapa Nurhadi dan Aldo ini?

AWAL KEMUNCULAN PASANGAN DILDO

Akun Twitter @nurhadi_aldo ini pertama kali dibuat di akhir bulan Desember. Deskripsi yang dibuatnya pun cukup nyentrik dan berani, yaitu:

“Akun Resmi Relawan Nurhadi – Aldo Bersama Nurhadi – Aldo Menuju Indonesia Tronjal Tronjol Maha Asyik email : dildoforindonesia@gmail.com #NurhadiAldo”

Tweet pertama yang dibuat oleh pasangan Dildo ini berupa foto yang dijadikan gambar profil dari akun tersebut. Tweet tersebut dibuat pada tanggal 26 Desember 2018.

Tweet-nya yang mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat Twitter adalah ketika Nurhadi-Aldo membagikan foto editan dirinya yang sedang berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo.

MENGENAL LEBIH DALAM SOSOK NURHADI-ALDO

Dibalik sosok bijaksana dengan kutipan-kutipan yang memotivasi di media sosial, sosok Nurhadi sendiri sebenarnya merupakan seseorang yang bekerja sebagai tukang pijat di Pasar Brayung, Kecamatan Bejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di balik profesi tersebut, Nurhadi sendiri sebenarnya sudah cukup paham dalam menggunakan media sosial dengan baik dan benar. Nurhadi bahkan sudah membuat akun Facebook Fan Page yang diberi nama Komunitas Angka 10.

Dengan bermodalkan jumlah pengikut yang sudah puluhan ribu, Nurhadi menjadi sosok yang cukup dikagumi di media sosial, salah satunya adalah oleh pemuda yang bernama Edwin dari Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sosok pasangan Dildo ini lahir dari imajinasi Edwin yang mengaku kerap terhibur oleh konten-konten yang dibagikan oleh Nurhadi di Facebook Fan Page-nya. Atas seizin Nurhadi, pasangan Dildo ini pun lahir sebagai pasangan calon Presiden Republik Indonesia (fiktif) nomor urut 10.

Sedangkan sosok Aldo, yang merupakan Calon Wakil Presiden dari Nurhadi, adalah murni tokoh fiksi. Menurut Edwin, tokoh Aldo merupakan gabungan dari foto seorang pejabat ternama di Indonesia dengan tokoh yang ditemukannya di Google secara acak.

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PASANGAN DILDO

Cuitan di atas merupakan Top Post Made atau konten yang mendapatkan interaksi tertinggi di banding konten lainnya.

Kehadiran akun ini di jagat media sosial disambut dengan sangat antusias. Salah satu buktinya adalah tagar yang dibuatnya, #McQueenYaQueen, berhasil menjadi Trending Topic Twitter pada hari Sabtu kemarin, 5 Januari 2019.

Pada kesempatan ini, kami mencoba untuk mencari tahu siapa saja orang-orang yang tertarik dengan konten-konten dari @nurhadi_aldo ini, atau yang biasa kami sebut dengan Top Engaged User.

Jerinx SID (@JRX_SID), Drummer dari Superman Is Dead, merupakan Top Engaged User dari akun pasangan Dildo ini. Selain itu, ada pula komentar dari @pradanabayurp dan juga komentar dari akun resmi Asumsi (@asumsico).

Kehadiran pasangan Dildo ini pun menarik perhatian beberapa Influencer di media sosial Twitter. Jerinx SID kembali terekspos menjadi Top Influencer yang turut membagikan konten tentang @nurhadi_aldo. Selain Jerinx, Influencer lainnya yang turut membicarakan pasangan Dildo ini adalah Zarry Hendrik (@zarryhendrik). Munculnya konten-konten menarik yang dibuat oleh akun @nurhadi_aldo ini membuat penulis dan SelebTweet ini merasa tersaingi di media sosial.

Lalu, Top Influencer yang terakhir adalah Maman Suherman (@kangmaman). Jurnalis senior ini pun turut tertarik dengan kutipan-kutipan yang disuguhkan oleh pasangan Nurhadi dan Aldo ini. Mantan pemimpin redaksi di Kelompok Kompas Media ini menggunakan #QuotesNurhadi untuk menyindir kondisi politik saat ini yang kerap “menggoreng” isu dan menyebarkan hoax di media sosial.

Dalam jangka waktu 29 Desember 2018 sampai 5 Januari 2019, kami memantau ada 8,363 Tweet yang tertarik dengan pasangan Nurhadi Aldo ini. Harapannya tentu dengan kehadiran pasangan fiktif ini bisa mencairkan suasana politik yang kini sedang panas-panasnya. Dengan begitu, pemilihan Presiden nanti, bisa berjalan dengan lebih ceria, damai, tentram dan tentu saja menjadi pemilu yang bersih dan juga sehat.

 

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id |

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"