Kebebasan dalam menggunakan media sosial saat ini mengakibatkan banyaknya isu yang muncul, terlebih lagi di dunia bisnis, baik itu yang berawal dari komentar konsumen, permasalahan di Customer Service ataupun isu yang dibuat oleh kompetitor. Kita harus lebih peduli lagi dengan isu-isu tersebut dengan tujuan untuk tetap menjaga reputasi Brand yang sedang kita jalani.

Dua minggu yang lalu, kami sudah pernah membahas terkait mengapa menjaga reputasi Brand secara online sangat penting, ditambah dengan detil proses bagaimana cara mengelola reputasi tersebut. Di sini, kita tidak akan terlalu fokus kepada reputasi Brand itu sendiri, melainkan bagaimana caranya mengetahui dan menganalisis isu yang beredar di sekitar kita. Metode ini tidak hanya penting dilakukan oleh sebuah Brand saja, organisasi, pemerintahan, tokoh masyarakat, bahkan partai politik khususnya sangat perlu untuk melakukan metode issue tracking atau memantau dan menganalisis isu.

Apa Itu Issue Tracking?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Issue Tracking adalah sebuah metode yang dilakukan untuk lebih peduli dengan isu-isu yang ada disekitar sebuah Brand, organisasi ataupun individu. Isu tersebut tidak melulu harus isu negatif, tetapi kita pun perlu mengetahui isu-isu positif yang ada di sekitar kita.

Di media sosial sendiri, isu pada sebuah Brand bisa muncul dari beberapa alur. Alur pertama adalah segala jenis komentar, masukan dan review yang diberikan oleh konsumen secara langsung kepada akun media sosial Brand tersebut. Alur seperti ini lebih mudah untuk dipantau karena kita akan mendapatkan notifikasi secara langsung ketika ada konsumen yang berkomentar.

Di sisi lain, adapula alur munculnya isu yang tidak bisa kita ketahui secara langsung. Anggaplah Brand yang kita bicarakan adalah Brand kuliner yang menjual martabak. Secara kasat mata, kita akan kesulitan untuk mengetahui hal apa saja yang dibicarakan oleh masyarakat tentang martabak secara umum. Kita tidak tahu apa martabak favorit masyarakat dan hal apa yang tidak disukai masyarakat dari makanan martabak pada umumnya. Apalagi, budaya pengguna media sosial saat ini yang sering menggunakan cara no mention untuk berkomentar tentang sebuah produk tanpa me-mention media sosial dari Brand yang dibicarakan secara langsung.

Hal-hal seperti ini lah yang coba diselesaikan dengan metode Social Media Monitoring, khususnya untuk mencari isu-isu yang beredar di media sosial.

Apa Manfaat dari Menganalisis Isu?

Memerangi Hoax adalah salah satu manfaat dari memantau dan menganalisis isu yang beredar di media sosial. Seperti yang kita ketahui, kebebasan berpendapat dan kemudahan penggunaan media sosial membuat rentannya muncul isu-isu bohong atau yang biasa disebut dengan Hoax.

Sebuah Brand sangat dianjurkan untuk menjadi pihak pertama yang mengetahui berita Hoax di sekitar bisnis mereka. Dengan begitu, Brand pun bisa memberikan klarifikasi dengan cepat dan jelas sebelum berita Hoax tersebut beredar ke pengguna media sosial lainnya.

Manfaat lainnya adalah untuk kepentingan reputasi sebuah Brand. Pada artikel kami sebelumnya, Cara Efektif Membangun Reputasi Online dalam Bisnis, kami sudah membahas mengapa reputasi online ini sangat penting di era yang sudah serba digital seperti ini.

Selalu update dengan isu-isu yang ada di sekitar akan menguntungkan Brand dalam mengelola reputasi mereka. Sebuah Brand menjadi lebih tahu apa yang harus mereka berikan ke pada masyarakat dan juga apa yang harus mereka perbaiki berdasarkan komentar dan masukan dari masyarakat.

Metode Memantau Isu di Media Sosial

Secara logika, memantau isu di media sosial bukanlah perkara yang mudah. Permasalahan yang pertama adalah dari media sosialnya itu sendiri di mana saat ini sudah ada berbagai macam media sosial yang rutin digunakan oleh masyarakat Indonesia, seperti Facebook, Twitter, Instagram dan juga YouTube.

Selain itu, kesulitan lainnya adalah perihal prosesnya. Secara manual, kita harus rajin membaca dan memperhatikan setiap konten yang ada di media sosial. Kita haru mencari seluruh konten yang berhubungan dengan industri dari bisnis yang dijalankan saat ini. Hal ini tentu akan memakan waktu yang cukup lama, ditambah dengan proses yang sangat panjang.

NoLimit Dashboard menjadi solusi mudah dalam mencari dan menganalisis isu-isu yang ada di media sosial. NoLimit Dashboard bekerja dengan cara memantau dan menganalisis akun, tagar, terlebih lagi kata kunci yang ada di media sosial. Pemantauan kata kunci ini menjadi poin penting ketika kita ingin mengetahui isu-isu apa yang beredar di sekeliling industri kita.

NoLimit Dashboard - Memantau dan Menganalisis Isu di Media Sosial

NoLimit Dashboard – Memantau dan Menganalisis Isu di Media Sosial

Dengan bantuan NoLimit Dashboard, teman-teman bisa mengetahui komentar apa saja yang paling sering dibicarakan di media sosial terkait industri bisnis kalian. Bahkan, teman-teman bisa mengetahui potensial konsumen yang sering membicarakan produk yang kalian jual.

Masih dengan analogi yang sama, ketika kita menjual produk martabak, kita bisa mencari tahu dan menganalisis isu terkait apa saja yang banyak dibicarakan di media sosial. Dengan begitu kita akan tahu isu positif dan negatif, komentar, bahkan review terkait makanan martabak tersebut.

Sebagai Brand pertama yang mengetahui isu terkait jenis produk yang dijual, tentu Brand tersebut bisa berinovasi lebih awal dan menjadi Brand pelopor di industri bisnis kalian.

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"