Melanjutkan pembahasan di Social Media Monitoring 101, kali ini kami akan membahas tentang Campaign di media sosial. Bagi teman-teman yang belum membaca artikel terkait Social Media Monitoring lainnya, bisa dibaca di:

Artikel ini pun merupakan lanjutan dari beberapa artikel sebelumnya yang sudah pernah membahas tentang Campaign di media sosial.

Di dalam artikel tersebut ada pembahasan mengenai apa itu Social Media Campaign, lengkap beserta tujuannya. Selain itu, ada pula pembahasan mengenai Marketing Conversion Funnel di mana ada 4 fase yang ‘biasanya’ dilewati oleh konsumen, atau yang biasa disebut juga sebagai Customer Journey. Campaign di media sosial ini memiliki peran penting dalam memperlancar fase Customer Journey pada produk yang kalian jual.

Di artikel ini, kita akan lebih fokus pada alasan mengapa kita harus memantau dan menganalisis Campaign yang kita lakukan di media sosial.

Analisis Campaign di Media Sosial

Melakukan Campaign di media sosial sangatlah berbeda dengan melakukan Campaign secara langsung. Media sosial memiliki pasar yang jauh lebih general. Campaign yang kalian lakukan memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dilihat oleh non-target audiens, dan di sini lah salah satu alasan mengapa kita harus menganalisis campaign di media sosial.

Dalam campaign di media sosial, kita harus terus memperhatikan apakah orang-orang yang ter-engaged dengan campaign tersebut sudah sesuai dengan harapan kita atau belum. Biasanya, kesalahan terjadi ketika kita sudah merasa puas dengan hasil campaign yang memiliki nilai Reach dan Impression yang tinggi. Padahal poin terpenting dari sebuah Campaign adalah sesuai atau tidaknya orang yang melihat campaign yang kita buat dengan target market yang sudah kita teliti sebelumnya.

Selain itu, kita juga harus cari tahu apakah Campaign yang kita buat turut dibicarakan atau tidak oleh influencer di media sosial. Ketika Campaign yang kita buat sudah mulai dibicarakan secara positif oleh influencer di media sosial, di situ kita bisa mengatakan bahwa Campaign yang kita buat sudah berhasil dan menjadi viral secara positif.

Bahkan saat ini, ada metode marketing juga yang biasa disebut dengan Influencer Marketing. Metode ini dilakukan ketika sebuah perusahaan melakukan Campaign dan membutuhkan bantuan untuk meningkatkan Reach dari Campaign tersebut. Salah satu contoh yang paling baru adalah Shopee yang menggunakan salah satu grup vokal dari Korea; Blackpink.

Digunakannya Blackpink ini sendiri ditujukan untuk mengsukseskan Campaign menuju ulang tahun Shopee bulan Desember 2018 nanti. Penggunaan metode Influencer ini pun cukup terbukti di mana Campaign yang dilakukan Shopee di Twitter berada pada urutan 1 konten terbaik dibandingkan konten-konten E-Commerce lainnya.

NoLimit Indsight – Oktober 2018

Selain ketiga hal di atas, masih banyak hal yang harus kalian pantau dan analisis ketika melakukan Campaign di media sosial. Metrik-metrik pengukur lainnya adalah seperti Peak Time, Total Talk, Top Talk, Top Talker, Engaged User, Reach, Impression, dan performa dari masing-masing media sosial.  Cari tahu jenis-jenis dan pengertian dari metrik-metrik tersebut di sini.

Selain itu, ada satu metrik lagi yang harus kamu ukur yaitu analisis sentimen atau persepsi. Analisis sentimen ini nyaris tidak mungkin untuk dilakukan secara manual. Tujuannya adalah dengan mengetahui bagaimana persepsi dan respon masyarakat terhadap Campaign yang sedang kalian jalankan. Kalian diharuskan untuk mengetahui seberapa positif dan negatif persepsi masyarakat terhadap Campaign yang dijalankan, dan isu apa saja yang ada dari masing-masing sentimen tersebut.

NoLimit Dashboard

NoLimit Dashboard hadir untuk membantu teman-teman dalam menganalisis Campaign. Cukup dengan memasukan Hashtag atau kata kunci yang kalian gunakan sebagai Campaign di berbagai media sosial, kalian bisa mengetahui bagaimana hasil analisis dari Campaign tersebut.

Dengan bermodalkan hasil analisis ini, teman-teman seharusnya bisa mengevaluasi performa Campaign tersebut, dan tentu saja membuat Campaign yang jauh lebih baik di kemudian hari. Semoga kehadiran NoLimit Dashboard ini bisa membantu teman-teman semua dalam mengoptimalkan marketing, khususnya yang dijalankan di media sosial