Lagi dan lagi, kami selalu mengatakan bahwa media sosial adalah media yang sangat besar, di mana apabila kita gunakan dengan baik dan benar, akan memiliki dampak baik yang begitu besar. Sebelum kita mulai membahas apa itu #RaisaMeetSutopo yang kini sedang viral di media sosial, kami akan sedikit membahas salah satu contoh pengguna media sosial yang baik dan benar, Bapak Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Pemilik akun @Sutopo_PN ini cukup aktif di media sosial Twitter dengan membagikan info terkini terkait bencana atau perihal kemacetan di beberapa daerah di Indonesia. Sebagai seseorang yang sedang mengidap kanker paru stadium 4B, Bapak Sutopo masih terus aktif dan bersemangat dalam membagikan informasi bermanfaat dalam media sosialnya.

Uniknya, dari 12.7K Tweet yang sudah dia unggah, 95 diantaranya selalu menyelipkan nama Raisa di dalamnya (@raisa6690). Dengan imej yang baik di mata pengguna Twitter, maka muncul lah kampanye warganet dengan tagar #RaisaMeetSutopo. Hal ini ditujukan sebagai hadiah dari warga net kepada Bapak Sutopo yang terus berjuang melawan penyakitnya dan terus membagikan informasi-informasi positif dan bermanfaat di media sosialnya. Hal ini pun bertepatan dengan hari ulang tahun beliau pada 7 Oktober 2018 nanti.

Kampanye #RaisaMeetSutopo ini digagas oleh Coki Tobing, CEO dari Delivering Dreams (DARE). Pemilik akun @cktbng ini merupakan salah satu pengikut dari media sosialnya Bapak Sutopo. Setelah berhasil dengan Tweet viralnya tentang donasi kaki palsu gratis kepada korban bom di Surabaya beberapa waktu lalu, kini Coki pun kembali berhasil membuat #RaisaMeetSutopo menjadi viral di kalangan pengguna media sosial. Bahkan dalam hitungan 1 hari saja (2 Oktober 2018), kami menghitung ada 857 Tweet yang sudah beredar, dan masih terus berlanjut hingga saat ini.

Viralnya isu ini pun dibuktikan dengan turut campurnya beberapa media besar yang membahas #RasiaMeetSutopo, seperti Detikcom, Detikhot, Antaranews, Republikaonline dan CNN Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu, media sosial Indonesia pun kembali menunjukan kehebatannya. Hal ini terbukti ketika Raisa sendiri akhirnya merespon kampanye tersebut dan turut menggunakan tagar #RaisaMeetSutopo. Melalui akunnya, Raisa turut memuji hal yang sudah dilakukan oleh Bapak Sutopo pada media sosialnya.

Selain itu, beberapa Influencer lainnya pun turut menyuarakan kampanye ini agar bisa mewujudkan pertemuan antara Bapak Sutopo dengan Raisa Andriana. Seorang penulis dan pemerhati musik, Adib Hidayat, turut menyampaikan suara ini langsung kepada menejer dari sang idola. Sedangkan pemilik akun @ulinyusron, seorang jurnalis dan pegiat media sosial, turut mendoakan pertemuan tersebut bisa memberikan efek positif pada penyakit yang dialami Bapak Sutopo.

Cuitan viral lainnya adalah Tweet yang kembali dibuat oleh Coki Tobing, dan juga cuitan dari Imam Wiratmadja (@Outstandjing).

Hingga ada akhirnya, 3 Oktober 2018, Bapak Sutopo pun turut merespon isu viral mengenai dirinya tersebut.

Dalam hitungan jam saja, dukungan positif terhadap Bapak Sutopo yang sedang mengidap kanker paru ini saja bisa viral. Hal ini membuktikan dengan jelas bahwa apabila media sosial digunakan dengan baik dan benar, tentu bisa pula menimbulkan dampak yang positif kepada penggunanya. Semoga doa dan dukungan para warga net ini bisa turut membantu kesembuhan Bapak Sutopo, sehingga bisa terus membagikan informasi-informasi positif di media sosial, dan tentu saja menjadi panutan dalam menggunakan media sosial dengan baik dan benar.