Tahun ini merupakan tahunnya politik. Melalui NoLimit Indsight, kami turut memantau dan menganalisis isu-isu politik yang terjadi di media sosial Indonesia. Pada artikel ini, kami akan sedikit mengungkapkan laporan hasil analisis tim NoLimit terkait dunia politik selama bulan Agustus. Salah satu bab yang dibahas pada NoLimit Indsight kali ini adalah perihal persepsi masyarakat terkait partai politik di Indonesia, khususnya ketua umum dari masing-masing partai politik Indonesia.

Ada beberapa poin yang dibahas pada artikel ini, yaitu:

  • Jumlah pembicaraan dan analisis sentimen
  • Analisis sentimen berdasarkan kategori
  • Persepsi masyarakat dari masing-masing kategori
  • Persepsi masyarakat terkait masing-masing ketua umum partai politik.

Apabila kita bandingkan antara hasil analisis pada bulan Juli dengan bulan Agustus, jumlah pembicaraan terkait ketua umum dari masing-masing partai politik meningkat dengan sangat signifikan. Apabila dilihat dari jumlah pembicaraan, ada peningkatan yang mendekati 100%, dari 539,519 pembicaraan menjadi 1,074,924 pembicaraan. Salah satu faktor yang mendukung peningkatan ini adalah Prabowo, ketua umum dari Gerindra yang menjadi calon presiden Republik Indonesia di tahun yang akan datang.

Ada pula pembahasan terkait analisis sentimen berdasarkan beberapa kategori yang sudah disediakan, yaitu Kegiatan, Pernyataan, Kebijakan, Sosok dan Kasus. Kami pun merampung 5 isu yang paling banyak dibicarakan dari masing-masing kategori, lengkap beserta hasil analisisnya.

Lalu pada bagian terakhir adalah isu yang paling banyak dibicarakan dari masing-masing ketua umum. Urutan yang disuguhkan dihitung berdasarkan jumlah pembicara positif dikurangi dengan jumlah pembicara negatif, atau yang disebut juga dengan Talker’s Difference. Prabowo Subianto, ketua umum dari Gerindra menjadi ketua umum yang memiliki jumlah perbandingan tertinggi dengan +13.187.  Isu tertingginya adalah perihal dukungan untuk Prabowo dengan #2019GantiPresiden. Sedangkan di sisi lain, Susilo Bambang Yudhoyono, ketua umum dari Demokrat adalah ketua umum yang memiliki total Talker’s Difference terendah, dengan -13.457. Isu negatif tertingginya adalah ketika masyarakat banyak yang mengungkit pembangunan mangkrak kala SBY masih menjabat menjadi Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, pada laporan NoLimit Indsight terbaru, teman-teman bisa mendapatkan laporan hasil analisis lainnya seperti laporan terkait partai politik Indonesia sampai perbandingan persepsi masyarakat terkait dua calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan datang. Dapatkan laporan selengkapnya melalui link di bawah ini.