Tepat pada tanggal 25 April 2018, Avengers: Infinity War akhirnya rilis di Indonesia. Film Avenger ke-3 besutan Marvel ini merupakan salah satu film yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2018. Untuk film seri ke-3 ini, Avengers memilih Joe Russo dan Anthony Russo sebagai sutradara. Russo Brothers ini pun memang sudah lumayan lama bergabung dengan tim Marvel, di mana mereka menyutradarai beberapa film sebelumnya, seperti Captain America: The Winter Soldier dan Captain America: Civil War.

Terlihat dari poster yang dikeluarkan oleh Marvel, di sana kita bisa melihat gabungan dari beberapa karakter Marvel yang ákhirnya’ dipertemukan secara langsung di dalam satu film. Dengan mudah kami pun sebagai kaum awam bisa memastikan bahwa film ini akan menembus rekor penjualan pada 1 minggu  awal rilisnya film, terutama di Indonesia. Apakah Anda penggemar Iron Man? Captain America? Thor? Guardian of Galaxy? Spiderman? atau bahkan pengikut film series Agents of S.H.I.E.L.D? Dalam film Avengers: Infinity War ini kalian semua akan bersatu dengan satu tujuan yaitu untuk mengalahkan Thanos. Secara logika, jumlah penggemar dari setiap superhero Marvel disatukan pada satu film Avengers: Infinity War, tentu penjualan tiket akan melebihi film-film Marvel lainnya. Benar saja, bahkan menurut CNN Indonesia, sebelum tayang saja, film ini sudah memecahkan rekor prajual tiket, mengalahkan film Black Panther.

Dalam kesempatan ini, kami mencoba menganalisis bagaimana hadirnya film fenomal ini di mata para pecintanya, khususnya di Indonesia. Seperti yang sudah kami lakukan pada beberapa Trending Analysis sebelumnya, kami akan mencoba memantau dan mencari tahu fakta-fakta tentang bagaimana antusiasnya warganet, khususnya pada media sosial Twitter, dalam menyambut film Avengers: Infinity War ini. Dimulai dari komentar-komentar terhadap film tersebut, baik itu di saat pre-release atau pun post-release, jokes terhadap beberapa karakter, tanggapan dari influencer-influencer di media sosial Twitter, bahkan sampai urutan karakter siapa saja yang paling populer dan banyak dibicarakan di media sosial Indonesia.

Kami memilah dan memilih hasil analisis yang ditampilkan, sehingga bisa dipastikan tidak ada spoiler sedikitpun tentang Avengers: Infinity War

Kali ini kami mencoba memantau hashtag yang diusung langsung oleh Marvel, yaitu #InfinityWar. Kami memantau dan menganalisis hashtag tersebut pada media sosial Twitter khususnya di Indonesia, yaitu dimulai dari tanggal 24 April 2018 sampai dengan 28 April 2018. Pemantauan dan analisis ini dilakukan dengan menggunakan NoLimit Dashboard.

Dengan jangka waktu 5 hari saja, obrolan perihal film ini sudah mencapai 4,124 Talk. Lebih detilnya lagi, pada tanggal 24 April, yaitu H-1 rilisnya film tersebut di Indonesia, kami memantau terdapat 630 Talk. Lalu pada saat rilis film, yaitu 25 April 2018, kami memantau terdapat 1,508 Talk. Lalu, pada H+1 film rilis, yaitu 26 April 2018, kami memantau terdapat 935 Talk, 512 Talk pada tanggal 27 April dan 539 Talk pada 28 April 2018.

Kami pun memantau 3 pengguna media sosial Twitter yang paling aktif membicarakan #InfinityWar dibandingkan warganet lainnya, atau yang biasa kami sebut dengan Top Talker. Akun pertama adalah @JoyPixelId dengan 16 Tweets. JoyPixelID tersebut adalah media online yang berfokus pada dunia Pop Culture, di mana Film menjadi salah satu bahan utama mereka dalam membuat konten. Selain itu, ada pula akun @bumbllebee900 yang juga membuat 16 Tweets dan @fauzanfeb dengan jumlah 15 Tweets.

Selain itu, kami pun mencoba memantau beberapa komentar Influencer yang aktif di media sosial Twitter. Influencer ini kami tentukan dari pengguna media sosial Twitter, yang turut membicarakan #InfinityWar dengan jumlah followers terbanyak dibandingkan yang lainnya.

Ippho Santosa, seorang motivator dan penulis, menjadi Influencer pertama yang turut membahas film Avengers: Infinity War ini. Dengan akunnya @ipphoright, dirinya kini sudah memiliki 1,439,024 Followers. Sebagaimana mestinya seorang motivator bekerja, Ippho pun mencoba mengaitkan isu #InfinityWar ini dengan dunia bisnis yang sering ia bahas pada cuitan lainnya.

Influencer lainnya yang turut berkomentar terhadap #InfinityWar ini adalah musisi dan penulis, Fiersa Besari. Dengan akunnya @FiersaBesari, dirinya kini sudah memiliki followers sebanyak 689,973. Fiersa sendiri bahkan sangat antusias untuk segera menonton film ini, di mana dalam cuitannya di Twitter dirinya mengaku secara sengaja tidak mengambil job manggung demi Avengers #InfinityWar.

Top Influencer ke-3 adalah Beby Chaesara. Pemilik akun @bebyJKT48 ini merupakan salah satu anggotak kelompok vokal JKT48. Dengan jumlah followers sebanyak 575,901, Beby pun turut menyuarakan pendapatnya terhadap film ini. Selain Beby, ada pula influencer lainnya yang juga turut kami pantau membicarakan #InfinityWar, yaitu pemilik akun @PeterAliman dengan 317,077 Followers dan penulis yang juga merupakan SelebTweet, @daraprayoga_ dengan 283,663 Followers.

Di samping hadirnya para Influencer yang turut meramaikan dunia Twitter dengan komentar-komentar menariknya terhadap Avengers: Infinity War, kami pun memantau Tweets yang paling viral dan juga paling disukai di media sosial Twitter atau yang biasa kami sebut dengan Top Talk. Data ini disuguhkan berdasarkan Tweet yang memiliki jumlah Retweet paling banyak dan juga jumlah Like paling banyak.

Sampai dengan tanggal 28 April 2018, Tweet yang paling viral dibuat oleh seorang Standup Comedian asal Jakarta, yaitu @dianchristian_ dengan jumlah 901 Retweets. Seperti khasnya seorang Comedian, Dian sendiri membuat Tweet komedi yang diarahkan ke pada salah satu karakter pada film Avengers tersebut.

Adapun Tweet viral lainnya dibuat oleh seorang penulis yang juga merupakan SelebTweet, @ikramarki dengan 494 Retweets. Selain itu, Tweet yang dibuat langsung oleh @cinema21 menjadi Tweet paling viral ke-3 dengan jumlah 307 Retweets.

Untuk Tweet yang paling banyak disukai sendiri dibuat oleh beberapa Influencer yang sudah kita bahas sebelumnya, yaitu @FiersaBesari dengan jumlah 331 Likes dan @BebyJKT48 dengan jumlah 317 Likes. Sedangkan pada nomor urut tiga yaitu Tweet yang dibuat oleh @cinema21 dengan jumlah 307 Likes.

Pada bagian akhir ini, kami pun menemukan sebuah fakta menarik tentang bagaimana komentar warganet di Indonesia ke pada film tersebut. Dengan jumlah karakter protagonis yang cukup banyak, seperti Captain America, Iron Man, Thor dan yang lainnya, nyatanya Thanos lah yang menjadi karakter paling populer di media sosial Twitter. Bahkan, kami memantau perbedaan jumlah pembicaraan antara Thanos dengan Iron Man cukup signifikan, di mana Thanos dibicarakan sebanyak 351 kali, sedangkan Iron Man dibicarakan sebanyak 65 kali, diikuti oleh Captain America yang dibicarakan sebanyak 54 kali. Berikut urutan karakter pada film Avengers: Infinity War berdasarkan popularitasnya di media sosial Twitter.

  1. Thanos
  2. Iron Man
  3. Captain America
  4. Thor
  5. Dr. Strange
  6. Spiderman
  7. Black Panther
  8. Hulk
  9. Vision
  10. Start-Lord
  11. Black Widow
  12. Scarlet Witch
  13. Gamora
  14. Winter Soldier
  15. Groot
  16. Shuri
  17. Mantis
  18. Rocket
  19. Drax
  20. Nebula

Seperti yang kita lihat pada urutan popularitas karakter di atas, dengan mudah bisa kita simpulkan bahwa Thanos sebagai karakter antagonis utama memiliki peran yang sangat besar dalam film ini. Diikuti oleh Iron Man, Captain America, dan Dr. Strange, tentu kita pun bisa menarik sedikit asumsi bahwa mereka lah yang akan memiliki peran besar dalam film ini untuk bisa menghadang Thanos.

Semakin penasaran kan??

About the author

Gerry Ardian Alamsyah
Social Media and Content Marketing at | gerry@nolimit.id | Website

As a Content Marketing, I manage everything related to Content, whether it is on Social Media or even writing any documents for the company. "Don't need to listen to me, I speak more through writing"